PENGARUH STRES KARENA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI TERHADAP PRODUKTIVITAS MAHASISWA

Aisyah Asharini Nur Fadilah, Iis Badriah, Wieneke Dinar Pratiwi

Abstract


Adanya perubahan sistem pembelajaran muncul sejak ditemukannya COVID-19 sebagai virus yang menular cepat melalui kontak fisik, sejak Maret 2020 pemerintah menegaskan seluruh kegiatan dilangsungkan secara daring (online). Dimulainya pembelajaran daring dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi menimbulkan banyak masalah, baik secara finansial, materi, waktu, bahkan kesehatan mental pada pelajar. Adanya gangguan psikososial pada mahasiswa dapat mendistorsi aktivitas sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kondisi psikologis mahasiswa selama metode daring dan dampaknya pada produktivitas dalam belajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan melibatkan 16 mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang sebagai informan untuk data. Peneliti mendapatkan hasil bahwa 16 informan berada di frekuensi tertinggi dalam merasakan adanya gejala stres serta pengaruh stres dalam menjalani pembelajaran semasa pandemi.


References


Barseli, Mufadhal, et al. (2018). Hubungan Stres Akademik Siswa dengan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Indonesia Volume, (4)1.

Beheshtifar, M., Hoseinifar, H., dan Moghadam, M. N. (2011). Effect procrastination on work-related stress. European Journal of Economics, Finance and Administrative Sciences.

Fiore, Neil A. (2006). The New Habit: A Strategic Program for Overcoming Procrastination and Enjoying Guilt-Free Play. New York: Penguin Group.

Gaol, Nasib Tua Lumban. (2016). Teori Stres: Stimulus, respons, dan Transaksional. Buletin Psikologi Volume, 24(1).

Hasanah, Uswatun, et al. (2020). Gambaran Psikologis Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(3).

Kartika, C. D. (2015). “Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dengan Stress Akademik Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta”. Skripsi. Fakultas Psikologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Kurebayashi, Leonice F. S, et al. (2012). Correlations between stress and anxiety levels in nursing students. Journal of Nursing Education and Practice, 2(3)

Lazarus, Richard S., Folkman, S. (1984). Stress, appraisal, and coping. New York: Springer Publishing

Musradinur. (2016). Stres dan Cara Mengatasinya dalam Perspektif Psikologi. Jurnal Edukasi Volume, 2(2).

Mustakim. (2020). Efektifitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi COVID-19 Pada Pelajaran Matematika. Jurnal of Islamic Education Volume, 2(1).

Stallman, H. M. (2010). Psychological distress in university students: A comparison with general population data. Australian Psychologist, 45(4).

Susilo, Adityo, et al. (2020). Coronavirus Diseas 2019: Tinjauan literatur terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1)

Yamamoto, K, et al. (2009). The relationship between premenstrual symptoms, menstrual pain, irregural menstrual cycles, and psychosocial stress among Japanese college students. Japanese Physiol Anthropol, 28.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um007v6i12022p1-12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




BASINDO indexed by:

CROSSREF  SINTA RISTEKDIKTIEBSCO Google Scholar Researchbib OneSearch PKP INDEX BASE-SEARCH OpenAIRE COPAC Libraries Search University of Oxford Portal Garuda NELITI



BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017

Lisensi Creative Commons

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License