IMPLEMENTASI KOLABORATIF EVALUASI MODEL BLACK BOX DENGAN MEDIA AUDIO-VISUAL DALAM EVALUASI KETRAMPILAN MENYIMAK
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil dari penerepan evaluasi model black box yang mengggunakan media audio-visual dalam penyampaian materinya ketika diterapkan pada evaluasi ketrampilan menyimak. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan media audio-visual dalam evaluasi ketrampilan menyimak sangat bervariasi ketika diterapkan dengan evaluasi model black box yang mengharuskan adanya post test dan pre test. Penggunaan Media audio-visual mempengaruhi hasil dalam evaluasi ketika menggunakan model black box.
ABSTRACT
This study aims to see the results of the evaluation of the black-box model that uses audio-visual media in delivering the material when applied to the evaluation of listening skills. The research method uses descriptive qualitative research methods. The results of the study indicate that the effect of audio-visual media in the evaluation of skills varies widely when applied to the black box model which requires post and pre-test. The use of audio-visual media affects the results in the evaluation when using the black-box model.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
DAFTAR PUSTAKA
Arief, A. (2020). Kapita Selekta Metodologi Penelitian. Pasuruan: CV.Penerbit Qiara.
Widyaningrum, H. K. (2015). Penggunaan Media Audio Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Dongeng Anak Pada Siswa kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran Unipma, Vol.5 No. 02.
Latip, A. (2018). Evaluasi Pembelajaran di SD dan MI Perencanaan dan Pelaksanaan Hasil Belajar Autentik . Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurhayani, I. (2011). Pengaruh Penggunaan Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 54-59.
Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sulawesi Selatan: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.
Simarmata, T. L. (2020). Media dan Multimedia Pembelajaran Teori dan Praktik . Jakarta: Yayasan kita Menulis.
Suhendra, A. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran SD/MI. Jakarta: Prenada Media Group.
Sumiharsono, R. (2017). Media Pembelajaran . Jember: CV Pustaka Abadi.
Triyadi, S. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Audio-visual untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Sisa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan UNSIKA, 231-236.
Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenamedia Group.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um007v6i12022p41-52
Refbacks
- There are currently no refbacks.
BASINDO indexed by:

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)
ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017
BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License