WACANA ARGUMENTASI DALAM UTAS KARANTINA WILAYAH DI MEDIA SOSIAL TWITTER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) struktur wacana dalam utas karantina wilayah media sosial Twitter pada bulan Maret 2020, dan (2) metode argumentasi dalam utas karantina wilayah media sosial Twitter pada bulan Maret 2020. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif berbasis analisis teks. Sumber data penelitian ini berupa wacana argumentasi dalam unggahan utas akun pengguna media sosial Twitter bertopik karantina wilayah pada tanggal 14 Maret 2020–31 Maret 2020. Struktur argumentasi di media sosial, antara lain pembuka atau pendahuluan, tubuh argumen, dan penutup (closing) argumen. Argumen dalam media sosial Twitter disampaikan menggunakan beberapa metode pemaparan data, antara lain pendefinisian topik, pemaparan sebab-akibat, sirkumstansi atau keadaan, persamaan, perbandingan, pertentangan, serta pengutipan.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alyusi, S. D. (2016). Media Sosial: Interaksi, Identitas dan Modal Sosial. Jakarta: Penerbit Kencana.
Fischer, E., & Reuber, A. R. (2011). Social interaction via new social media: (How) can interactions on Twitter affect effectual thinking and behavior? Journal of Business Venturing, 26(1), 1–18. DOI: 10.1016/j.jbusvent.2010.09.002.
Kent, M. L. (2013). Using Social Media Dialogically: Public Relations Role in Reviving Democracy. Public Relations Review, 39(4), 337–345. DOI: 10.1016/j.pubrev.2013.07.024
Keraf, G. (2007). Argumentasi dan Narasi: Komposisi Lanjutan III (16 ed.). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
_______. (2010). Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa (10 ed.). Ende: Penerbit Nusa Indah.
McGraw, T. (2020). Spending 2020 Together on Twitter. Twitter Blog. (Online). (https://blog.twitter.com/en_us/topics/insights/2020/spending-2020-together-on-twitter.html) diakses 6 April 2021.
Setiati, S., & Azwar, M. K. (2020). COVID-19 and Indonesia. Acta Medica Indonesiana, 52(1), 84–89. Dari https://www.researchgate.net/profile/Muhammad_Azwar3/publication/340645813_COVID-19_and_Indonesia/links/5e96ba6a92851c2f52a2ef2e/COVID-19-and-Indonesia.pdf.
Stewart, A. (2020). What’s trending during coronavirus pandemic ? A definitive guide to the most used hashtags. (Online). (https://www.thenationalnews.com/arts-culture/what-s-trending-during-coronavirus-pandemic-a-definitive-guide-to-the-most-used-hashtags-1.996208) diakses 6 April 2021.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um007v6i12022p154-173
Refbacks
- There are currently no refbacks.
BASINDO indexed by:

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)
ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017
BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License