FAKTOR PENYEBAB ADANYA KENDALA BELAJAR YANG DIALAMI SISWA PEDESAAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA PADA MASA PANDEMI

Rinda Vera Mudyasari, Markhamah Markhamah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untukmengidentifikasi faktor penyebab adanya kendala belajar yang dialami siswa pedesaan sekolah menengah pertama. Metode deskriptif merupakan metode yang manggambarkan serta menjabarkan fenomena yang sedang terjadi dengan prosedur ilmiah. Pendekatan kualitatif digunakan untuk penelitian yang berupa kalimat atau narasi. Data dalam penelitian ini adalah kendala belajar yang dialami oleh siswa Sekolah Menengah Pertama di Pedesaan. Sumber data penelitian ini adalah siswa sekolah menengah pertama. Hasil penelitian ini menunjukan faktor kendala belajar yaitu faktor tempat tinggal, tidak jelasnya pemberian materi oleh guru, guru melakukan pekerjaan lain, ekonomi, kelalaian siswa mengisi paket data, harus mengurus keponakan yang masih kecil, faktor adiknya, dan orang tua memiliki dua pekerjaan dalam satu waktu.

References


Dong, Chuanmei Simin Cao, Hui Li. 2020. “Young children’s online learning during COVID-19 pandemic: Chinese parents’ beliefs and attitudes”. Elsavier : Children and Youth Services Review. 1-9.

https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105440

Hakim, Thursan. 2005. Belajar Secara Efektif. Jakarta. Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara. Hal 1 – 34.

https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=-cMn5UtUwjAC&oi=fnd&pg=PA1&dq=kesulitan+belajar&ots=AizPPaaDf8&sig=JA

Handayani Lina. 2020. “ Keuntungan, Kendala dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 : Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus”.JOURNAL INDUSTRIAL ENGINEERING & MANAGEMENT RESEARCH ( JIEMAR). 1(2) : 15 – 23.

https://doi.org/10.7777/jiemar.v1i2.36

Hardani, Dwi Oktawirawan. 2020. “ Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19”. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2) : 541-544.

http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932

Ismail. 2016. “ Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Aktif Di Sekolah. Jurnal Edukasi, 2(1) : 30 – 43.

Lestari Ayu. 2016. Kiat-kiat Cerdas Cendekiawan Muslim. Jakarta. PT Gramedia. ISBN: 978- 602-02-9174-1.

Parnawi Afi. 2019. Psikologi Pelajar. Sleman. Cv Budi Utama. Hal 1-165.

https://books.google.co.id/books?id=BA-fDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=buku+psikologi+kendala+belajar+siswa&hl=en&sa=X

Pingge Heronimus Delu, Muhammad Nur Wangid.2016.“Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Kota Tambolaka”. JPSD : Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. 2(1) : 146- 167.

https://www.neliti.com/publications/71489/faktor-yang-mempengaruhi-hasil-belajar-siswa-sekolah-dasar-di-kecamatan-kota-tam

Rohmadi, Muhammad, Yakub Nacucha. 2017. Dasar – dasar Penelitian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Surakarta. Pustaka Briliant. Hal. V – 252.

Sufian Abu, Anirudha Ghosh, Ali Safaa Sadiq, Florentin Smarandache. 2020. “A Survey onDeep Transfer Learning to Edge Computing for Mitigating the COVID-19 Pandemic”. Journal of Systems Architecture. 1-11.

https://doi.org/10.1016/j.sysarc.2020.101830




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um007v6i22022p187-200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




BASINDO indexed by:

CROSSREF  SINTA RISTEKDIKTIEBSCO Google Scholar Researchbib OneSearch PKP INDEX BASE-SEARCH OpenAIRE COPAC Libraries Search University of Oxford Portal Garuda NELITI



BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017

Lisensi Creative Commons

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License