Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia pada Karangan Bebas Siswa Kelas V-VI SDN 2 Tamanrejo

Ayudya Suci Cahyanti, Atiqa Sabardila

Abstract


Ditulisnya artikel ini bertujuan untuk menjelaskan kesalahan berbahasa pada karangan siswa sekolah dasar kelas V-VI. Jenis penelitian ini mengunakan jenis penelitian dengan kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kata dan kalimat  berbentuk sebuah karangan cerita, sumber data penelitian ini yaitu sebuah karangan telah ditulis oleh beberapa siswa kelas V-VI Sekolah Dasar. Pengumpulan data ini dengan teknik catat. dan hasil dari penelitian ini adalah (1) kesalahan bidang fonologi meliputi kesalahan fonem, partikel dan pelafalan. (2) kesalahan bidang morfologi meliputi prefiks di-, ber-, penulisan kata depan, dan pleonasme. (3) kesalahan bidang sintaksis meliputi kalimat ambigu, tidak jelas, diksi, koherensi dan kata mubazir.


References


Ariningsih, N. E., Sumarwati, S., & Saddhono, K. (2012). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Karangan Eksposisi Siswa Sekolah Menengah Atas. BASASTRA, 1(1), 130-141.

Briceño, A., & Klein, A. F. 2018. “Running Records and First Grade English Learners: An Analysis of Language Related Errors”. Reading Psychology 12(2): 1-27.

Efi, E. Peningkatan Kemampuan Siswa Menulis Karangan Sederhana Melalui Media Gambar Seri Di Kelas IV SDN Ginunggung. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(10), 119664.

Markhamah, & Sabardila, A. 2014. Analisis Kesalahan dan Karakteristik Bentuk Pasif. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Oktaviani, F., Rohmadi, M., & Purwadi, P. (2018). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia pada Karangan Eksposisi Siswa Kelas X MIPA (Studi Kasus di SMA Negeri 4 Surakarta). BASASTRA, 6(1), 94-109.

Rusyana, Yus. 1986. Keterampilan Menulis. Jakarta : Universitas Terbuka.

Samsudin, A. (2012). Peningkatan Kemampuan Menulis Eksposisi Berita Dan Menulis Eksposisi Ilustrasi Siswa Kelas V Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Terpadu Membaca Dan Menulis. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 1-11.

Santosa, T., & Sabardila, A. (2018). Analisis kesalahan berbahasa pidato mahasiswa MPBI-UMS yang memerankan diri menjadi calon kepala daerah Kabupaten Blora. Jurnal Penelitian Humaniora, 19(2), 17-27.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Triastuti, W. (2018). Analisis kesalahan berbahasa pada karangan deskripsi siswa kelas vii a smp muhammadiyah piyungan tahun ajaran 2017/2018. Prodi Bahasa Dan Sastra Indonesia Universitas PGRI Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um007v6i22022p215-224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




BASINDO indexed by:

CROSSREF  SINTA RISTEKDIKTIEBSCO Google Scholar Researchbib OneSearch PKP INDEX BASE-SEARCH OpenAIRE COPAC Libraries Search University of Oxford Portal Garuda NELITI



BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017

Lisensi Creative Commons

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License