KOHESI DAN KOHERENSI BAHASA INDONESIA DALAM KARANGAN MAHASISWA JURUSAN ASEAN STUDIES UNIVERSITAS WALAILAK THAILAND TAHUN 2016

Diah Ayu Puspitasari, Gatut Susanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan piranti kohesi dan koherensi pada karangan mahasiswa ASEAN Studies Universitas Walailak. Data penelitian ini berupa piranti kohesi dan koherensi dalam karangan mahasiswa ASEAN Studies. Berdasarkan analisis data, diperoleh dua hasil penelitian. Pertama, mahasiswa ASEAN Studies menggunakan beragam piranti kohesi gramatikal dan leksikal. Kedua, mahasiswa ASEAN Studies membentuk koherensi dalam karangannya dengan menghadirkan piranti kohesi, serta memunculkan hubungan parataksis yang ditunjukkan dengan penataan gagasan secara subordinatif.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Bustanul. 2012. Alat Kohesi Wacana Bahasa Indonesia. Malang: Gunung Samudra.

Boček, Stepan Bc. 2016. Lexical Cohesion in Stephen King’s Short Stories. Tesis tidak diterbitkan. Ostrava: Universitasis Masyarikianae Brunensis.

Dardjowidjojo, Soenjono, Harimurti Kridalaksana, Anton M. Moeliono, Samsuri, Mangasa Silitonga, Bambang Kaswanti Purwo, W. H. C. M. Lalamentik, M. Ramlan, Sudaryanto, D. P. Tampubolon, Henry Guntur Tarigan. 1992. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Ebrahimpourtaher, Adel, dan Saeide Eissaei. 2013. Awareness of Lexical Cohesive Devices in Text and Reading Comprehension. International Journal of Educational Research and Technology, 4 (2): 63-65.

Halliday, M. A. K., dan Ruqaiya Hassan.1984. Cohesion in English. New York: Longman Inc.

Kentjono, Djoko, Frans Asisi Datang, Totok Suhardiyanto, Amalia Candrayani. 2010. Tata Bahasa Acuan Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing. Jakarta: Wedatama Widya Sastra.

Kurniawan, Khaerudin. 2008. Pemartabatan Bahasa Indonesia sebagai Jati Diri Bangsa. Widyaparwa: Jurnal Ilmiah Kebahasaan dan Kesastraan, 36 (1): 1-19.

Muslich, Masnur. 2010. Garis-garis Besar Tatabahasa Baku Bahasa Indonesia. Bandung: PT. Refika Aditama.

Nunan, D. 1993. Introducing Discourse Analysis. London: Penguim.

Palmer, Juan Carlos. 1999. Coherence and Cohesion in the English Language Classroom: the Use of Lexical Reiteration and Pronominalisation. RELC Journal, 30 (2): 61-82.

Rani, Abdul, Bustanul Arifin, Martutik. 2013. Analisis Wacana Tinjauan Deskriptif. Malang: Surya Pena Gemilang.

Suswati, Susi, Eva Tuckyta Sari Sudjatna, dan Sutiono Mahdi. 2014. Additive Conjunction Choice in English Children Short Stories: a Syntactic and Semantic Analysis. International Journal of Language Learning and Applied Linguistics World, 5 (4): 11-21.

Waenawe, Wandah. 2013. Keefektifan Metode Diskusi Kelompok dan Bermain Peran dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Indonesia Mahasiswa Thammasat University, Thailand. Tesis tidak diterbitkan. Yogyakarta: Program Pasca Sarjana UNY.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um007v1i22017p008

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




BASINDO indexed by:

CROSSREF  SINTA RISTEKDIKTIEBSCO Google Scholar Researchbib OneSearch PKP INDEX BASE-SEARCH OpenAIRE COPAC Libraries Search University of Oxford Portal Garuda NELITI



BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017

Lisensi Creative Commons

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License