SEMINAR SEBAGAI SARANA PENINGKATAN LITERASI DIGITAL BAGI MAHASISWA UNTUK INDONESIA BERKEMAJUAN

Santi Sartika

Abstract


ABSTRAK: Mahasiswa cenderung sering melakukan literasi dengan digital atau literasi digital. Munculnya literasi digital menambah daftar baru kegiatan yang dilakukan untuk terciptanya sebuah literasi. Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) bekerja sama dengan LLPA dan Universitas Ahmad Dahlan mengadakan Seminar Nasional Literasi Digital, dalam rangka mengantisipasi tersebarnya berita hoaks. Makalah ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik observasi dan dokumentasi. Penulis berharap dengan adanya makalah ini, dapat meningkatkan nilai literasi, ketelitian dalam mengolah suatu berita, dan menangulanginya.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

A'yuni, Q. Q. 2015. Literasi Digital Remaja Di Kota Surabaya: Studi Deskriptif Tentang Tingkat Kompetensi Literasi Digital Pada Remaja Smp, Sma Dan Mahasiswa Di Kota Surabaya. Doctoral dissertation, Universitas Airlangga.

Data Reportal. Digital 2021: Indonesia. Diakses pada tanggal 02 November 2021 pukul 15.17 WIB. Dari https://datareportal.com/

Dinata, K. B. 2021. Analisis Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa. Edukasi: Jurnal Pendidikan. 19(1), 105-119, dalam Hague, S., & Payton, S. (2011). Digital literacy across the curriculum. Curriculum & Leadership Journal, 9(10), 1-10.

Universitas Ahmad Dahlan. Seminar Literasi Digital. Dari : https://www.youtube.com/watch?v=yWeKKGknA-E

Melissa, E. 2010. Budaya Digital Dan Perubahan Konsumsi Media Masyarakat. EduTown BSDCity Tangerang, Universitas Swiss German.

Perwita, D. 2021. Literasi media digital mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman. EQUILIBRIUM: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Pembelajarannya, 9(1), 8-13.

Sekretariat TIM GLN Kemdikbud. 2017. Literasi Digital (Gerakan Literasi Nasional). Jakarta: hlm. 8.

Sujana, A., & Rachmatin, D. 2019. Literasi digital abad 21 bagi mahasiswa PGSD: Apa, mengapa, dan bagaimana. Current Research in Education: Conference Series Journal, 1(1), 003-013

Sujana, A., & Rachmatin, D. 2019. Literasi digital abad 21 bagi mahasiswa PGSD: apa, mengapa, dan bagaimana. In Current Research in Education: Conference Series Journal (Vol. 1, No. 1, pp. 003-013).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um007v6i22022p376-384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




BASINDO indexed by:

CROSSREF  SINTA RISTEKDIKTIEBSCO Google Scholar Researchbib OneSearch PKP INDEX BASE-SEARCH OpenAIRE COPAC Libraries Search University of Oxford Portal Garuda NELITI



BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017

Lisensi Creative Commons

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License