Kritik Sosial dalam Teks Anekdot Karya Siswa Kelas X MA Bilingual Batu
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan muatan nilai sosial dan kritik sosial yang terdapat dalam teks anekdot karya siswa. Melalui teks anekdot ini dapat digunakan untuk melihat bagaimana nilai yang tergambar dalam kehidupan sosial dan bentuk kritikan yang disampaikan terhadap permasalahan sosial yang ada di masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian dokumen. Hasil penelitian ini ditemukan nilai-nilai sosial yang meliputi nilai kejujuran, kerja keras, kesabaran, kesopanan, keadilan, taat pada peraturan sosial, tanggung jawab, dan peduli kebersihan. Kemudian kritik sosial yang ditemukan, yaitu kritik sosial terhadap fenomena keagamaan, ekonomi, pendidikan, moral, kebudayaan, politik, dan keluarga.
Kata kunci: kritik sosial, teks anekdot, karya siswa
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, A dan Uhbiyati, N. (2001). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Aunillah, N.I. (2011). Panduan Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Laksana.
Azwar, S. (2015). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Charon, J.M. (1992). Sociology, A Conseptual Approach Third Edition. United States of Amerika: Alin & Bacon.
Djahiri, A.K dan Wahab, A.A. (1996). Dasar dan Konsep Pendidikan Moral. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktural Jenderal Pendidikan Tinggi .
Koentjoroningrat. (2002). Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: PT.Rineka Cipta.
Milles, M. B dan Huberman, A. Michael. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: Universitas Indonesia.
Nugroho, A.P. (2017). Kritik Moral dalam Teks Anekdot Karya Siswa Kelas X SMAN 1 Tumpang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.
Priyatni, E. dan Harsiati, T. (2014). Bahasa dan Sastra Indonesia SMA/MA Kelas X. Jakarta: Bumi Aksara.
Salam, B. (1997). Etika Sosial, Asas Moral dalam Kehidupan Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Samani, M dan Harianto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sanderson, K. S. (1993). Makro Sosiologi. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Soekanto, S. (1987). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Yasayan Penerbit Universitas Indonesia.
Soekanto, S. (2009). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Yasayan Penerbit Universitas Indonesia.
Sumaadmaja, N. (1980). Perspektif Studi Sosial. Bandung: Penerbit Angkasa.
Wibowo, A. (2013). Pendidikan Karakter Berbasis Sastra. Yogaykarta: Pustaka Belajar.
Zuriah, N. (2015). Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif Perubahan: Menggagas Platform Pendidikan Budi Pekerti Secara Konstektual dan Futuristik. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um007v2i22018p147
Refbacks
- There are currently no refbacks.
BASINDO indexed by:
BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)
ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017
BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License