KECENDERUNGAN PENOKOHAN DAN PENGALURAN CERPEN KARYA MAHASISWA UM DALAM MAJALAH KOMUNIKASI TAHUN TERBIT 2011-2017

Mimin Ernawati, Heri Suwignyo, Roekhan Roekhan

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kecenderungan penokohan dan pengaluran cerpen karya mahasiswa UM. Pendekatan kualitatif deskriptif dengan instrumen utama peneliti sendiri dan instrumen pembantu berupa tabel pedoman analisis. Temuan  penelitian  adalah: (1)  cerpen  dengan teknik penokohan secara langsung; (2) cerpen dengan teknik penokohan secara tidak langsung; (3) cerpen dengan teknik penokohan campuran; (4) cerpen dengan struktur alur lengkap dan cerpen dengan struktur alur tidak lengkap; (5) cerpen dengan alur progresif dan cerpen dengan alur sorot balik; (6) cerpen dengan alur tunggal dan cerpen dengan alur paralel; (7) cerpen dengan alur padat dan cerpen dengan alur longgar; dan (8) cerpen dengan alur peruntungan, cerpen dengan alur tokohan, dan cerpen dengan alur pemikiran.

Full Text:

PDF

References


Andayani, R., Pratiwi, Y., & Priyatni, E. T. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Menulis Cerpen

Bermuatan Motivasi Berprestasi Untuk Siswa Kelas Xi Sma. BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra

Indonesia, Dan Pembelajarannya, 1(1), 103–116.

Aminuddin, 2010. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dermawan, T. 1996. Apresiasi Prosa Fiksi. Malang: UM Press.

Dewi, D. A. C. 2013. Karakteristik Cerpen pada Lomba Menulis Cerpen Siswa SMA se-Kota Malang. Skripsi

tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.

Kosasih, D. 2010. Kosmologi Sistem Nama Diri (antroponim) Masyarakat Sunda. Makalah disajikan pada

Seminar Internasional “Hari Bahasa Ibu”, (Online), diakses 19 April 2016.

Kurniawan, H. & Sutardi. 2012. Penulisan Sastra Kreatif. Yogyakarta: Graha

Ilmu.

Minderop, A. 2011. Metode Karakterisasi Telaah Fiksi. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Moeleong, Lexy J. 2014. Metodologi Penelitian KualitatifEdisi Revisi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nazir, M. 2005. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia. Nurgiyantoro, B. 2010. Teori Pengkajian Fiksi.

Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurhadi. 2012. Menulis 20 Ragam Tulisan. Malang: Universitas Negeri Malang. Sayuti, A.S. 2000. Berkenalan

dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta: Gama Media.

Shollikhah, K.F. 2012. Kecenderungan Unsur Fiksional Cerita Pendek Anak 2000-an. Skripsi tidak

diterbitkan. Malang: Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.

Siswanto, W. 2008. Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Grasindo.

Siswanto, W. (Muakibatul & Djoko, Ed.). 2014. Cara Menulis Cerita. Malang: Aditya Media.

Sumardjo, J. 2004. Seluk Beluk dan Petunjuk Menulis Cerita Pendek. Bandung: Pustaka Latifah.

Suroto. 1989. Apresiasi Sastra Indonesia untuk SMU. Jakarta: Erlangga.

Tarigan, H.G. 1984. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.

Wiyatmi. 2006. Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: Pustaka.

Yusuf, S. 2001. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um007v2i12018p029

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




BASINDO indexed by:

CROSSREF  SINTA RISTEKDIKTIEBSCO Google Scholar Researchbib OneSearch PKP INDEX BASE-SEARCH OpenAIRE COPAC Libraries Search University of Oxford Portal Garuda NELITI



BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017

Lisensi Creative Commons

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License