MODEL PEMBELAJARAN CIPRO (CITIZEN PROSEDUR) SEBAGAI ALTERNATIF PENGAJARAN TEKS PROSEDUR DALAM MATAPELAJARAN BAHASA INDONESIA

Emy Rizta Kusuma

Abstract


Model pembelajaran merupakan salah satu unsur terpenting dalam suatu kegiatan pembelajaran. Dengan pengunaan model pembelajaran yang tepat, peserta didik tidak hanya berhasil dalam memahami materi yang diajarkan, tetapi minat belajar mereka juga secara tidak langsung akan meningkat. Jika minat belajar pserta didik meningkat, tentunya juga akan terwujudkan situasi belajar yang menyenangkan. CIPRO atau Citizen Prosedur merupakan salah satu model pembelajaran yang dikembangkan dari metode Partisiatori. Metode Partisiatori merupakan metode pembelajaran yang melatih peserta untuk berpikir mandiri, sedangkan model CIPRO yang dikembangkan melatih peserta didik untuk berpikir mandiri dan percaya diri terhadap kemampuan yang dimilikinya. Dari hasil penelitian yang dilakukan, model ini berhasil meningkatkan minat belajar peserta didik pada pengajaran teks prosedur. Selain itu, model ini juga mampu meningkatkan pemahaman peserta didik terkait pengajaran teks prosedur.

Full Text:

PDF

References


Ajiboye J. O., Ajitoni S. O. (2008). Effects of full and quasi-participatory learning strategies on Nigerian

senior secondary students’ environmental knowledge: Implication for classroom practice.

International Journal of Environmental and Science Education, 3, 58-66. (Online) http://www.Google

Scholar.com, diakses tanggal 25 April 2017.

Indrawati dan Setiawan, W. (2009). Modul Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Jakarta:

PPPPTKIPA.

Kulsum, U. (2011). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasir PAIKEM (Sebuah Paradigma Baru

Pendidikan di Indonesia). Surabaya: Gena Pratama Pustaka.

Shinta, Y. D., Chamalah, E., & Arsanti, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah dan

Media Video Animasi Peristiwa Sosial Bermuatan Pendidikan Multikultural untuk Meningkatkan

Keterampilan Menyusun Teks Eksplanasi. BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan

Pembelajarannya, 1(2), 59–71.

Priyatni, E.T. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Slavin, R.E. (2010). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Soekamto, T. dan Winataputra, U.S. (1995). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Suyono & Hariyanto. (2012). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja

Rosdakarya

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um007v2i12018p044

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




BASINDO indexed by:

CROSSREF  SINTA RISTEKDIKTIEBSCO Google Scholar Researchbib OneSearch PKP INDEX BASE-SEARCH OpenAIRE COPAC Libraries Search University of Oxford Portal Garuda NELITI



BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017

Lisensi Creative Commons

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License