KUALITAS SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER I MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XII

Gustiana Putri, Endah Tri Priyatni, Titik Harsiati

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan  kualitas soal ujian akhir semester  I  Mata  Pelajaran  Bahasa  Indonesia  kelas  XII  dari  segi  validitas  isi, validitas konstruk, dan  ketepatan berdasarkan kaidah penulisan soal pilihan ganda. Penelitian ini menggunakan  pendekatan  evaluatif. Data penelitian  berupa kisi-kisi soal dan soal ujian akhir semester  I Mata Pelajaran  Bahasa Indonesia  kelas XII. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa soal ujian akhir semester I Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas  XII  memiliki   kualitas   lumayan   tinggi  dari  segi  validitas   isi,  validitas konstruk, dan  ketepatan berdasarkan kaidah penulisan soal pilihan ganda.

Full Text:

PDF

References


Ainin, M. (2006). Evaluasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Misyikat.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Penelitan dan Pengembangan. (2007). Panduan Penulisan Soal Pilihan Ganda. Jakarta: Depdiknas.

Basuki, I.A. (2010). Penilaian Keterampilan Berbahasa Indonesia. Malang: Universitas Negeri Malang.

Dikti. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013

Tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran. Jakarta: Kemendikbud.

Dikti. (2015). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 53 tahun 2015 tentang Panduan Penilaian untuk

Sekolah Menengah Atas dan Sederajat. Jakarta: Kemendikbud.

Djiwandono, S. (2008). Tes Bahasa: Pegangan Bagi Pengajar Bahasa.Jakarta: PT Indeks.

Djiwandono, S. (1996). Tes Bahasa dalam Pengajaran. Bandung: Penerbit ITB.

Fahruzzaman, H. (2013). Validitas Isi dan Konstruk Soal-Soal Ujian Nasional SMP Mata Pelajaran Bahasa

Indonesia Tahun Ajaran 2011/2012 tahun 2013. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Sastra

Universitas Negeri Malang.

Harsiati, T. (2011). Penilaian Dalam Pembelajaran: Aplikasi pada Pembelajaran Membaca dan Menulis.

Malang: UM PRESS.

Sudjana, N. (2004). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukardi. (2014). Evaluasi: Program Pendidikan dan Kepelatihan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutomo. (1984). Teknik Penilaian Pendidikan. Bina Ilmu: Jakarta.

Supranata, S. (2005). Analisis, Validitas, Reliabilitas, dan Interpretasi Hasil Tes. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya Offset.

Wahyuni, S. dan Ibrahim. A.S. (2012). Asesmen Pembelajaran Bahasa. Bandung: Refika Aditama.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um007v2i12018p048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




BASINDO indexed by:

CROSSREF  SINTA RISTEKDIKTIEBSCO Google Scholar Researchbib OneSearch PKP INDEX BASE-SEARCH OpenAIRE COPAC Libraries Search University of Oxford Portal Garuda NELITI



BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017

Lisensi Creative Commons

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License