Representasi Gender dalam Buku Ajar BIPA "Sahabatku Indonesia" Tingkat Mahir
Abstract
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan representasi gender dalam buku ajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) berdasarkan (1) visibilitas gender dan (2) peran gender. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian bersifat analitis-deskriptif dengan teknik dokumentasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa nama orang, identitas khas gender, dan kalimat yang mengandung unsur peran gender dalam dua buku ajar BIPA Sahabatku Indonesia tingkat mahir (C1 dan C2). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tabel analisis data. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa representasi gender dalam buku ajar BIPA Sahabatku Indonesia tingkat mahir tidak seimbang.
Kata Kunci: representasi gender, buku ajar, BIPA
ABSTRACT
This research aims to describe gender representation in the BIPA textbook Sahabatku Indonesia for proficient level (C1 and C2) based on the aspects of (1) gender visibility and (2) gender roles. Based on those aspects, the most visible and most dominant gender in particular roles can be found. The approach used in this research is qualitative with the research being analytical and descriptive with documentation techniques. The data used in this research will be of people's names, gender-specific identities, and sentences containing the gender roles in the two BIPA books Sahabatku Indonesia for proficient level (C1 and C2). Instrument used for the collection of data will be a data analysis table. Analysing data in this research will reduce data, present data, and summarise or verify aforementioned data. Based on shown results, it can be summarised that gender representation in the BIPA textbook Sahabatku Indonesia for proficient level is not balanced.
Keywords: gender representation, textbooks, BIPA
Full Text:
PDFReferences
Alieva, N.F. (1991). Bahasa Indonesia: Deskripsi dan Teori. Yogyakarta: Kanisius.
Balter, L. (2000). Parenthood in America: A-M. Santa Barbara: ABC-CLIO.
Barry III, H. dan Harper, A. S. 2005. “The Majority of Female First Names Ended in A or E Throughout the Twentieth Century”, dalam Janice W. Lee (Ed), Gender Roles (hlm. 117-144). New York : Nova Biomedical Books.
Fakih, M. (2006). Analisis Gender & Transformasi Sosial. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Hamidah, S. C. (2015). Ideologi Gender dalam Buku Teks Bahasa Indonesia. Disertasi Tidak Diterbitkan. Malang: Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.
Hamidah, S. C. (2017). THE REPRESENTATION OF GENDER IDEOLOGY IN INDONESIAN TEXTBOOKS. ISLLAC: Journal of Intensive Studies on Language, Literature, Art, and Culture, 1(1), 201–223. https://doi.org/10.17977/um006v1i12017p201
Litosseliti, L. (2014). Gender and Language Theory and Practice. New York: Routledge.
Mursidah. (2013). Pendidikan Berbasis Kesetaraan dan Keadilan Gender. Muwazah, 5(2), 168—175.
Parera, J. D.(1994). Morfologi Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Purnomo, A. (2012). Teori Peran Laki-laki dan Perempuan, (Online), (http://download.portalgaruda.org/article.php?article=115317&val=5284), diakses pada 3 Februari 2018.
Rokhmansyah, A. (2016). Pengantar Gender dan Feminisme: Pemahaman Awal Kritik Sastra Feminisme. Yogyakarta: Garudhawaca.
Stockdale, D.A. (2006). Gender Representation in an EFL Textbook, (Online). Diakses dari https://www.birmingham.ac.uk/Documents/college-artslaw/cels/essays/sociolinguistics/DAStockdale-Sociolinguistics.pdf
Yang, C. (2010). Translation of English and Chinese Adressing Term form the Cultural Aspect. Journal of Language Teaching and Research, 1(5), hal. 738-742.
Zahro, A., Santoso, A, Dawud. dan Widodo Hs. (2017). Expression of Language in Constructing Physical Femininity Written in Indonesian Teen Lit. EPH - International Journal of Humanities and Social Science, 2(2), hlm. 14-22. Dari https://ephjournal.com/index.php/hss/article/download/115/102/
Zandern, J. W. V. (1984). Social Psychology: Third Edition. New York: Random House.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um007v3i12019p023
Refbacks
- There are currently no refbacks.
BASINDO indexed by:

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)
ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017
BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License