TINDAK TUTUR LOKUSI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII DALAM KANAL YOUTUBE SRI YANTI NISA

Nurul Laili Octavia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk tindak tutur lokusi pada video pembelajaran bahasa Indonesia kelas VIII di dalam kanal YouTube Sri Yanti Nisa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan pragmatik. Data yang digunakan berupa tuturan yang berkaitan dengan lokusi. Teknik observasi yang digunakan ialah metode pengumpulan data. Penelitian ini terfokus pada objek penelitian yaitu menganalisis tindak tutur lokusi, mengutip data, dan dibuat simpulan dari data tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 7 data dari tindak tutur lokusi bersifat memberitahukan, 1 data tindak tutur lokusi bersifat menjelaskan, 23 data tindak tutur lokusi bersifat menanyakan, 7 data tindak tutur lokusi bersifat mengajak, serta 3 data tindak tutur lokusi bersifat mengingatkan.


References


Agusriyanda, V. R. & Fitriani, S. S. (2020). Analisis Tindak Tutur dalam Waktunya Indonesia Bercanda di NET TV. Master Bahasa, 8(1), 420-428.

Agustina, R., & Simarmata, M. Y. (2022). Tindak Tutur Lokusi dalam Novel Tentang Kamu Karya Tere Liye. Jurnal Sastra Indonesia, 11(2), 110–114. Diakases melalui https://doi.org/10.15294/jsi.v11i2.58546

Aini, E. N., & Utomo, A. P. Y. (2021). Analisis Tindak Tutur Lokusi Dalam Video “Jangan Lelah Belajar_B.J. Habibie” pada Saluran YouTube Sang Inspirasi. Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia Unpam, 1(2). 11–20. Diakses melalui https://doi.org/10.32493/sns.v1i2.10809.

Anggraini, N. (2020). Bentuk Tindak Tutur Lokusi dan Ilokusi Pedagang dan Pembeli di Pasar Sekip Ujung, Palembang. BIDAR, 10(1).

Apriastuti. (2017). Bentuk, Fungsi Dan Jenis Tindak Tutur Dalam Komunikasi Siswa di Kelas IX Unggulan SMP PGRI 3 Denpasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 42-43.

Aziz, A. & Nasution, S. (2022). Analisis Diksi pada Pidato Pelaku Usaha Nasional dengan Kajian Pragmatik. Medan: Prosiding Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Dharmawangsa.

Chaer, A. & Agustina, L. (2014). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Damayanti, V. A., dkk. (2022). Analisis Tindak Tutur Lokusi pada Video Pembelajaran di Daftar Putar “Bahasa” dari Channel Pahamify. Semarang: Jurnal Sinestesia, 12(2). Diakses melalui https://sinestesia.pustaka.my.id/index.php/journal/article/view/241.

Kridalaksana, H. (2008). Kamus Linguistik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Murdiyanto, E. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Teori dan Aplikasi Disertai Contoh Proposal). Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UPN ”Veteran” Yogyakarta Press.

Siddiq, M. (2019). Tindak Tutur dan Pemerolehan Pragmatik Pada Anak Usia Dini. Jurnal Kredo, 268-290.

Sri Yanti Nisa. (2021). Video Praktik Pembelajaran Bahasa Indonesia Mteri Puisi. Youtube. Diakses melalui https://youtu.be/yrj0E5JkRI0?si=_H84jyYLmS7PZ2s-.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um007v8i12024p81-96

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




BASINDO indexed by:

CROSSREF  SINTA RISTEKDIKTIEBSCO Google Scholar Researchbib OneSearch PKP INDEX BASE-SEARCH OpenAIRE COPAC Libraries Search University of Oxford Portal Garuda NELITI



BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017

Lisensi Creative Commons

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License