ALEGORI DALAM LIRIK LAGU BERMAKNA RELIGIUSITAS GUNA MENINGKATKAN PEMAHAMAN

Dwi Faradylla Nur Khasanah, Rima Listiawati, Khofifah Nur Khasanah, Titik Sudiatmi

Abstract


Penggunaan gaya bahasa dalam sebuah karya sastra khususnya lagu bertujuan untuk meningkatkan efek estetika atau keindahan sehingga memberikan kesan menarik perhatian seseorang untuk membaca atau mendengarkan. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna lagu religi melalui penggunaan gaya bahasa alegoris. Deskriptif kualitatif digunakan sebagai metode penelitian ini. Objek lagu ketiga yang digunakan dalam penelitian ini diambil melalui media YouTube pada tahun 2024, antara lain lagu Saujana berjudul “Sepohon Kayu”, lagu Chrisye “Ketika Tangan dan Kaki Berkata”, dan lagu Fatin Shidqia berjudul “Oh Tuhan”. Data tersebut digunakan untuk mengetahui makna religiusitas dalam lirik lagu. Peneliti menggunakan teknik dokumen dalam mengumpulkan bahan penelitian yang tentunya valid. Selain itu peneliti juga menggunakan teknik menyimak, teknik mencatat, dan teknik analisis data. Setelah dilakukan penelitian, penelitian ini menunjukkan penggunaan gaya bahasa alegoris dalam lagu-lagu tersebut dan membuktikan pemahaman makna religiusitas di dalamnya. Melalui penelitian ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik dan menjadi alat yang ampuh untuk menyampaikan pesan-pesan spiritual atau religi dalam lagu yang bermakna religiusitas.


References


Astuti, S. P. (2023). Gaya bahasa dalam lirik lagu album “Soneta Volume 15” karya Rhoma Irama. NUSA: Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra, 18(2), 73–84. https://doi.org/https:// doi.org/10.14710/nusa.18.2.%p

Dhondt, R. (2020). Tierra quemada by Óscar Collazos as an allegory of displacement in Colombia. Catedral Tomada, 8(15), 1–34. https://doi.org/10.5195/ct/2020.487

Fathonah, S. (2023). Penggunaan gaya bahasa pada kolom opini dalam surat kabar harian radar tarakan. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(2), 1221–1228. https:// doi.org/10.37905/aksara.9.2.1221-1228.2023

Handika, Elfitra, L., & Habibah, S. (2022). Gaya bahasa dalam kumpulan cerpen Setubuh Seribu Mawar karya Yanusa Nugroho. Student Online Journal SOJ, 3(1), 113–125.

Handono, P. Y. (2018). Gaya bahasa komentar dalam akun instagram “Mimi Peri Rapunchelle.” Linguista, 2(2), 97–105. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/ linguista

Maulida, N. J., Intiana, S. R. H., & Khairussibyan, Muh. (2022). Analisis gaya bahasa novel Badai Matahari Andalusia karya Hary El-Parsia. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2261–2269. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4.948

Permana, Z. D. (2022). Analisis majas dan citraan pada puisi “Priangan” karya Saini KM dengan pendekatan pragmatik. Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa, 1(3), 17–29.

Prayoga, R. A., Hawa, M., & Setiyono, J. (2022). Analisis gaya bahasa pada novel Pulang-Pergi karya Tere Liye serta hubungannya dengan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Jubah Raja (Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran), 1(1), 143–168.

Putri, F. A., Nasution, K. Z., Lubis, S. H., & Lubis, F. (2023). Analisis penggunaan majas yang terkandung dalam cerpen berjudul “Patah dan Rasa yang Berdarah” karya Niam Khurotul Asma. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3(2). https://ejournal.upr.ac.id/index.php/enggang/article/view/9143%0A

Rahmawati, H. K. (2016). Kegiatan religiusitas masyarakat Marginal di Argopuro. Community Development: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 1(2), 35–52. https://doi.org/http:// dx.doi.org/10.21043/cdjpmi.v1i2.2584

Santoso, D. A. A., & Miranti, I. (2023). Gaya bahasa dan makna pada lagu Christina Aguilera dalam album Back to Basics. Prosiding Konferensi Berbahasa Indonesia Universitas Indraprasta PGRI, 262–276. https://doi.org/10.30998/kibar.27-10-2022.6321

Saragih, R., Tinambunan, T. B., Annisa, & Deliana, M. K. (2022). Analisis penggunaan majas perbandingan pada puisi siswa kelas X SMA Al-Hidayah Medan tahun ajaran 2022/2023. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 314–318.

Sari, M. K., & Mahdijaya. (2022). Gaya bahasa perbandingan dalam kumpulan puisi Air Mata Kopi karya Gol A Gong. Lateralisasi, 10(01), 112–121. http://jurnal.umb.ac.id/ index.php/lateralisasi

Septiani, D., Najmi, K., Rahmadhita, Nursa’adah, S., & Ma’rifah Syarifah Nurul. (2022). Analisis metafora pada lirik lagu “Hati-Hati di Jalan” karya Tulus. Cinematology: Journal Anthology of Film and Television Studies, 2(2), 22–31.

Sugiyono. 2013. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suhendar, B. T., & Khasanah, U. (2020). Majas dalam Haiku karya Matsuo Basho. Mezurashii, 2(2), 77–92. https://doi.org/10.30996/mezurashii.v2i2.4600

Tanasyah, Y., & Simanungkalit, L. N. (2020). Parables as an effective learning model for the process of learning in christian education. QUAERENS, 2(1), 30–43. https://doi.org/ 10.46362/quaerens.v2i1.18

Winduwati, S. (2018). Representasi seks bebas pada lirik lagu dangdut (analisis semiotika Saussure pada lirik lagu “Cinta Satu Malam”). Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(2). https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i2.1023

Yuniswara, E. O., & Hartini, N. (2022). Lyric analysis intervention: overcoming cognitive rumination of late adolescent females with song lyrics from BTS. INSAN Jurnal Psikologi Dan Kesehatan Mental, 7(1), 68–97. https://doi.org/10.20473/jpkm.v7i12022.68-97




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um007v8i12024p129-141

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




BASINDO indexed by:

CROSSREF  SINTA RISTEKDIKTIEBSCO Google Scholar Researchbib OneSearch PKP INDEX BASE-SEARCH OpenAIRE COPAC Libraries Search University of Oxford Portal Garuda NELITI



BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017

Lisensi Creative Commons

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License