DIKSI DALAM PUISI KELAS VIII SMP NEGERI 3 SINGOSARI

Muhammad Rifqy Najich

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) diksi berdasarkan makna, (2) diksi berdasarkan imaji, dan (3) persepsi dalam puisi karya siswa SMPN 3 Singosari kelas VIII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kajian teks atau dokumen. Data dalam penelitian ini berupa puisi karya siswa kelas VIII G SMPN 3 Singosari Malang. Hasil penelitian menunjukkan (1) diksi berdasarkan makna yang paling menonjol adalah diksi yang bersifat denotatif. Diksi yang bersifat konotatif juga ada, tetapi tidak dominan. (2) imaji di dalam diksi yang paling menonjol adalah imaji taktil. Imaji visual banyak ditemukan dalam penelitian ini. Imaji auditif tidak begitu tampak dalam penelitian ini. (3) persepsi manusia sebagai dasar pemilihan diksi yang paling banyak adalah  persepsi manusia.

Kata kunci: menulis puisi, diksi, imaji, dan persepsi.

 

ABSTRACK: This study aims to describe (1) diction based on meaning,         (2) diction based on images, and (3) perceptions in poetry by students of grade VIII SMPN 3 Singosari. This study uses a qualitative approach with a kind of text or document study research. The data in this study is a poem by the class VIII G of Singosari Malang 3 Junior High School. The results showed (1) the diction based on the most prominent meaning was denotative diction. There are also connotative, but not dominant, dictionaries. (2) the image in the most prominent diction is a tactile image. Visual images are found in this study. Auditive images are not so visible in this study. (3) human perception as the basis for selecting the most diction is human perception.

Keywords: writing poetry, diction, images and perceptions

Full Text:

PDF

References


Andayani, R., Pratiwi, Y., & Priyatni, E. T. (2017). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN BERMUATAN MOTIVASI BERPRESTASI UNTUK SISWA KELAS XI SMA. BASINDO: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 1(1), 103–116. https://doi.org/10.17977/um007v1i12017p103

Badrun, A. (1989). Teori Puisi. Jakarta: P2LPTK Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Barnawi dan Mohammad A. (2012). Etika dan Profesi Kependidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Chaer, A. (2013). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Esten, M. (1990). Sastra Indonesia dan Tradisi sub Kulture. Bandung: Angkasa Bandung.

Leavitt, V. F. (1999). Psikologi Manajemen. Jakarta: Erlangga.

Mappiare, A. (1982). Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional.

Moleong, J. L. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung:PT Remaja Rosdakarya Offset.

Nurudin. (2010). Sistem Komunikasi Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers.

Siswanto. (2008). Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Grasindo.

Siswanto. (2013). Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Grasindo.

Situmorang, B. P. (1981). Puisi: Teori Apresiasi Bentuk dan Struktur. Flores: Nusa Indah.

Sudjana, N. (2001). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Surana. (2001). Pengantar Sastra Indonesia. Surakarta: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Somad, A. A. (2010). Mengenal Berbagai Karya Sastra. Bekasi: Adhi Aksara Abadi Indonesia.

Suyitno, I. (2015). Analisis Wacana Budaya: Refleksi Budaya Etnik dalam Kosakata Wacana. Malang: IKIP Malang.

Tarigan. (1989). Pengajaran Kompetensi Bahasa. Jakarta: Depdikbud.

Tarigan. (2013). Menulis sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Agkasa.

Waluyo, H. J. (1987). Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Teeuw. (1984). Sastra dan Ilmu Sastra. Jakarta: Dunia Pustaka Jaya.

Walgito, B. (1990). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Wahab, A. (1998). Isu Linguistik: Pengajaran Bahasa dan Sastra. Surabaya: Airlangga University Press.

Waluyo, H. J. (1987). Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Waridah, E. (2008). EYD dan Seputar Kebahasa-Indonesiaan. Jakarta: Kawan Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um007v3i12019p094

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




BASINDO indexed by:

CROSSREF  SINTA RISTEKDIKTIEBSCO Google Scholar Researchbib OneSearch PKP INDEX BASE-SEARCH OpenAIRE COPAC Libraries Search University of Oxford Portal Garuda NELITI



BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017

Lisensi Creative Commons

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License