PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PERMULAAN MENGHADI ABAD 21
Abstract
Menulis permulaan merupakan salah satu faktor penting dalam menunjang keterberhasilan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dan beradaptasi dengan perkembangan yang semikin pesat, salah satunya yaitu perkembangan pengetahuan atau biasa dikenal dengan abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam pembelajaran menulis permulaan untuk menghadapi abad 21. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian bahwa guru memiliki peran untuk mengajarkan peserta didik menulis permulaan menggunakan metode dan media pembelajaran yang sesuai.
Full Text:
PDFReferences
Andayani, R., Pratiwi, Y., & Priyatni, E. T. (2017). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN BERMUATAN MOTIVASI BERPRESTASI UNTUK SISWA KELAS XI SMA. BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya, 1(1), 103–116. https://doi.org/10.17977/um007v1i12017p103
Milles, B. M dan Michael H. (2007). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press.
Latae, A, dkk. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Siswa Melalui Metode SAS Siswa Kelas 1 SDN Tondo Kecamatan Bungku Barat Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 2 No. 4 Hal. 199—213.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2017 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru.
Qodaroh. (2017). Peningkatan Ketrampilan Menullis Permulaan dengan Menggunakan Media Kartu Huruf pada Siswa Kelas I SD Negeri Gamer 02 Kota Pekalongan. Jurnal Cakrawala Pendas Vol. 3 No.2 Edisi Juli 2017. Hal. 72—81.
Rudy. (2011). Role ofst century teacher, http://rudy-unesa.blogspot.com/2011/02/peran-guru-abad-xxi.html Retrieved 22 August, 2018.
Saddhono, K dan St. Y. Samet. (2012). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia Teori dan Aplikasi. Bandung: Karya Putra Darwati Bandung.
Suhartini, dkk. (2015). Peningkatan Kemampuan Siswa Membaca dan Menulis Permulaan Melalui Metode SAS di Kelas 1 SD Inpres Sibalaya Utara Kecamatan Tanambulava Kabupaten Sigi. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 5 No. 8 ISSN 2354-614X Hal.160—183.
Suparno dan Yunus. (2008). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.
Trilling, B and Fadel, C. (2009).“21st Century Skills: Learning for Life in Our Times”, John Wiley & Sons, 978-0-47-055362-6.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um007v3i12019p038
Refbacks
- There are currently no refbacks.
BASINDO indexed by:

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)
ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017
BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License