KERAGAMAN PUISI ANAK DALAM ANTOLOGI UNTUK LITERASI-PUISI

Muakibatul Hasanah, Dewi Ariani, Rizka Amaliah, Yufita Ng

Abstract


Literasi sastra genre puisi memerlukan tersedianya antologi puisi anak yang memenuhi kriteria literer dan sesuai dengan perkembangan anak. Salah satu antologi yang dihasilkan dari penelitian yang memenuhi kebutuhan literasi-puisi untuk anak adalah Antologi Puisi Anak Tematik. Kajian ini bertujuan mendeskripsikan karakteristik puisi anak dilihat dari keragaman bentuk, isi, dan jenisnya. Untuk itu digunakan metode kajian kualitatif yang dipadu dengan analisis isi. Hasil kajian menunjukkan bahwa puisi yang terdokumentasikan dalam antologi untuk literasi puisi cukup beragam dilihat dari bentuk, isi, dan jenisnya. Keragaman jenis puisi anak yang dibedakan atas puisi berima, puisi deskripsi, puisi pendek, puisi humor, dan puisi ekspresi; keragaman isi puisi anak meliputi keragaman tema, pesan, dan nilai; dan keragaman bentuk meliputi keragaman bunyi, diksi, citraan, majas, sarana retorika, dan tipografi.

References


Amaliah, R., Gahazali A.S., Hasanah, M., 2015. Proposisi Puisi Karya Anak. Jurnal Pendidikan Humaniora.. Vol 3. No. 1: Halaman 60—69. Maret, 2015. Malang: PPs UM

Aminuddin. 2011. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Burt, Mary E. 2008. Poems Every Child Should Know. Chapel Hill: Yesterday’s Classics

Borg, Walter R., & Meredith. D. Gall 1983. Educational Research: An introduction (4ed). New York & London: Longman

Caroll, David W. 1986. Psychology of Language. California: Wadsworth

Diyyani, Robert. 2001. Literature: Reading Fiction, Poetry, and, Drama (Compact Edition). Singapore: McGRAW-HILL

Ellis, Rod. 1986. Understanding Second Language Acquisition. Oxford: Oxford University Press

Examples of Figuratif Language in Children’s Poetry and Rhymes, Tanpa Tahun. (Online), https://literarydevices.net/examples-of-figurative-language-in-childrens-poetry-and-rhymes/, diakses 2 April 2021.

Gardner, H. 2003. Reframe of Mind: The Theory of Multiple Intelligences. New York: Basic Books.

Hasanah, Muakibatul dan Siswanto, Wahyudi. 2013. Mengenal Proses Kreatif Sastrawan Indonesia. Malang: Lemlit UM

Hasanah, Muakibatul. 2012. Model Cerita Fiksi Kontemporer Anak-anak untuk Pengembangan Kemahirwacanaan Siswa SD. Litera. (1): 95-110.

Humor in Poetry Should be Taken Seriously. 2021. (Online), https://theconversation.com/humour-in-poetry-should-be-taken-seriously-154936, diakses 2 April 2021

Hutmacher, Fabian. 2021. What Our Most Important Sense. Front. Young Minds. 9:548120. doi: 10.3389/frym.2021.548120

Millard, Elaine. 1997. Differently Literate: Boys, Girls, and The Schooling of Literacy. London: RoutledgeFalmer, Taylor & Francis Inc

Mitchell, Diana. 2003. Children's Literature: An Invitation to the World. Boston: Pearson Education Inc.

Mulyono, Tri, Agus Nuryatin, Rustono, dan Suminto A. Sayuti. The Linguistic Features of Indonesian Children Poetry. International Journal of Humanities Studies. 1 (2). Halaman 228—236. Maret 2018. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma. (Online), DOI: https://doi.org/10.24071/ijhs.2018.010208, diakses 22 Maret 2021.

Najich, Muhammad Rifqy. 2019. Diksi dalam Puisi Kelas VIII SMP Negeri 3 Singosari. Basindo: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya. 3 (1). Halaman 94—105. https://journal2.um.ac.id/index.php/basindo/article/view/5451/4182.

Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Piaget, Jean. 2010. Psikologi Anak (The Psychology of The Child). Terjemahan Miftahul Jannah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Poetry. 2021. (Online), https://kids.britannica.com/kids/article/poetry/353645, diakses 2 April 2021

Raihana, Nana. 2016. Diksi dalam Pantun Anak. Jurnal Kiprah. 4 (1). Januari—Juni 2016. (Online), https://ojs.umrah.ac.id, diakses 22 Maret 2021.

Rossetti’s, Christina. 1955. Themes in Children’s Poetry. (Online), https://sandelchildrensliterature.omeka.net/exhibits/show/childrens-poetry/childrenspoetry-themes, diakses 2 April 2021

Sarumpaet, Riris K. Toha. 2010. Pedoman Penelitian Sastra Anak (Edisi Revisi). Jakarta: Obor

Smith, Nadine. 2017. Types of Poetry for Kids. (Online), https://penandthepad.com/creative-writing-ideas-teenagers-5295775.html, diakses 2 April 2021

Smith, Richard J. 1987. Using Poetry to Teach Reading and Language Arts. New York: Columbia University

Suyatno, Suyono; Sasmita, Joko Adi; dan Yetti, Erli .2007. Antologi Puisi Indonesia Modern Anak-anak. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Tompkins, Gail E. 1994. Teaching Writing: Poetry Writing. New York: Macmillan Publishing Company.

Ward, Natalie. Iser’s Aesthetic Response Theory Viewed In The Context of Collaborative Hyperfiction. (Online) (http://repository.upenn.edu/cgi/viewcontent.cgi?article=1049 &context=curej), diakses 27 April 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um007v8i22024p292-307

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




BASINDO indexed by:

CROSSREF  SINTA RISTEKDIKTIEBSCO Google Scholar Researchbib OneSearch PKP INDEX BASE-SEARCH OpenAIRE COPAC Libraries Search University of Oxford Portal Garuda NELITI



BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017

Lisensi Creative Commons

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License