MODEL PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DRAMA MENGGUNAKAN MEDIA TEKS CERPEN SISWA KELAS VIII

Lili Lili Ratnasari, Syahrul Ramadhan

Abstract


Various learning models and media can improve students' skills in writing drama texts. This study aims to describe the application of learning models to writing drama texts with short story media and to describe the ability to write student drama texts using short story text media. This research uses descriptive quantitative research design. The results showed that in general the learning model using short story text media was effectively used for learning to write drama texts.

Full Text:

PDF

References


Andriyani, Luh Putu Onny. (2017). Pembelajaran Menulis Teks Berita Melalui Model

Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Di Kelas VIII

E SMP Negeri 4 Kubu Tambahan. E-journal Jurusan Pendidikan Bahasa dan

Sastra Indonesia, Undiksha, Volume 7, Nomor 2, Hlm. 1-10.

Atmazaki. (2013). Mengungkap Masa Depan: Inovasi Pembelajaran Bahasa

Indonesia dalam Konteks Pengembangan Karakter Cerdas. Makalah. Padang:

UNP.

Burhan, Muh. Ariful. (2017). Pembelajaran Menulis Naskah Drama Dengan

Pendekatan Kontekstual Teknik Learning Community Pada Siswa Kelas XI

Tanwiryah Kalisari Baureno Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pentas:

Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 3, Nomor 1,

Hlm. 36-43.

Delfanida. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Dengan Menggunakan Media Audiovisual Siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Pekanbaru

Tahun Pembelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Tambusai, Volume 2,

Nomor 4, Hlm. 521-532.

Fauzi, H, D. (2007). Bagaimana Menulis Naskah Drama. Bandung: Amrico.

Hesty, Vony Purnama Sari. (2015). Peningkatan Kemampuan Menulis Naskah

Drama Menggunakan Model Group Investigation Siswa Kelas VIII SMP Negeri

Jawai. E-journa,. Hlm. 1-16. Diunduh pada 10 April 2019.

Kemal, 1. (2013). Peningkatan Kemampuan Menganalisis Unsur Instrinsik Teks

Drama dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share. Jurnal

Pendidikan, Volume 1, Nomor 1, Hlm. 47-60.

Kosasih, E. (2017). Bahasa Indonesia: Buku Siswa SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta:

Kemendikbud.

Maesaroh, Imas. (2014). Peningkatan Pembelajaran Menulis Naskah Drama

Menggunakan Media Film Pendek Pada Siswa Kelas XI IPA SMA

Muhammadyah 1 Lumayang Tahun 2013/2014. Jurnal Nosi, Volume 2,

Nomor 7, Hlm. 627-635.

Permanasari, Dian. (2017). Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII

SMP Negeri 1 Sumbar Jaya Lampung Barat. Jurnal Persona, Volume , Nomor

, Hlm. 156-162.

Rahmadhani, Meri. (2018). Pengaruh Penggunaan Teknik Copy The Master

Terhadap Keterampilan Menulis Teks Drama Satu Babak Siswa Kelas VIII

SMA Negeri 11 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,

Volume 7, Nomor 3, Hlm. 170-177.

Rahman, Ahmad Syaeful. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Naskah Drama

Dengan Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) (Penelitian

Tindakan Kelas VIII MTs (X) Kota Bogor). Jurnal Literasi Volume 7, Nomor 1,

Hlm. 32-40.

Rahmaniah, Titin. (2016). Penerapan Teknik PQ4R Berbantuan Media Cerpen untuk

Meningkatkan Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas XI IPB2 SMA

Negeri 2 Gerokgak. E-Jurnal JPBSI, Undiksha, Volume 4, Nomor 2, Hlm. 1-11.

Rifa’i, Muhamad. (2018). Wayang Kardus Sebagai Media Pembelajaran Mengorversi

Naskah Drama untuk SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan

Pengajarannya, Volume 3, Nomor 1, Hlm. 34-44.

Sari, Riri Ratna. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe

Jigsaw Terhadap Kemampuan Menulis Teks Drama Siswa Kelas XI SMA N 1

Gunung Talang. Jurnal Ilmiah STKIP PGRI Sumbar. Diunduh pada 10 April

Schereurs, Jeanne. (2014). A Shift Teacher Centered to Learner Centered Approach.

iJEP: International of Journal. Volume 4 Nomor 3 Hlm. 36-41.

Slamet, St. Y.. (2007). Dasar-Dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di

Sekolah Dasar. Surakarta: LPP UNS dan UPT.

Suparman. (2018). Keefektifan Model Picture and Picture dalam Menulis Naskah

Drama Siswa Kelas VIII SMPN 2 Bua Ponrang Kabupaten Luwu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra PBSI FKIP Universitas Cokroaminoto

Palopo, Volume 4, Nomor 2.

Suryani, E, Asri Y dan Ratna, E. (2017). Pengaruh Penggunaan Teknik Pemodelan

Terhadap Keterampilan Menulis Naskah Drama Satu Babak Siswa Kelas VIII

SMP Negeri 11 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,

Volume 6, Nomor 1.

Wulandari, Sri. (2013). Kemampuan Menulis Naskah Drama Dengan Menggunakan

Teknik Pemodelan Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Pariaman. E-journal.

Diunduh pada 10 April 2019.

Yurnelis. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Melalui

Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Siswa Kelas VIII RSBI-1 SMP N 12

Padang. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran, Volume 1, Nomor 2, Hlm. 27-




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um007v4i22020p169-177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




BASINDO indexed by:

CROSSREF  SINTA RISTEKDIKTIEBSCO Google Scholar Researchbib OneSearch PKP INDEX BASE-SEARCH OpenAIRE COPAC Libraries Search University of Oxford Portal Garuda NELITI



BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017

Lisensi Creative Commons

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License