MODEL PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DRAMA MENGGUNAKAN MEDIA TEKS CERPEN SISWA KELAS VIII
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Andriyani, Luh Putu Onny. (2017). Pembelajaran Menulis Teks Berita Melalui Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Di Kelas VIII
E SMP Negeri 4 Kubu Tambahan. E-journal Jurusan Pendidikan Bahasa dan
Sastra Indonesia, Undiksha, Volume 7, Nomor 2, Hlm. 1-10.
Atmazaki. (2013). Mengungkap Masa Depan: Inovasi Pembelajaran Bahasa
Indonesia dalam Konteks Pengembangan Karakter Cerdas. Makalah. Padang:
UNP.
Burhan, Muh. Ariful. (2017). Pembelajaran Menulis Naskah Drama Dengan
Pendekatan Kontekstual Teknik Learning Community Pada Siswa Kelas XI
Tanwiryah Kalisari Baureno Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pentas:
Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 3, Nomor 1,
Hlm. 36-43.
Delfanida. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Dengan Menggunakan Media Audiovisual Siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Pekanbaru
Tahun Pembelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Tambusai, Volume 2,
Nomor 4, Hlm. 521-532.
Fauzi, H, D. (2007). Bagaimana Menulis Naskah Drama. Bandung: Amrico.
Hesty, Vony Purnama Sari. (2015). Peningkatan Kemampuan Menulis Naskah
Drama Menggunakan Model Group Investigation Siswa Kelas VIII SMP Negeri
Jawai. E-journa,. Hlm. 1-16. Diunduh pada 10 April 2019.
Kemal, 1. (2013). Peningkatan Kemampuan Menganalisis Unsur Instrinsik Teks
Drama dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share. Jurnal
Pendidikan, Volume 1, Nomor 1, Hlm. 47-60.
Kosasih, E. (2017). Bahasa Indonesia: Buku Siswa SMP/MTs Kelas VIII. Jakarta:
Kemendikbud.
Maesaroh, Imas. (2014). Peningkatan Pembelajaran Menulis Naskah Drama
Menggunakan Media Film Pendek Pada Siswa Kelas XI IPA SMA
Muhammadyah 1 Lumayang Tahun 2013/2014. Jurnal Nosi, Volume 2,
Nomor 7, Hlm. 627-635.
Permanasari, Dian. (2017). Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII
SMP Negeri 1 Sumbar Jaya Lampung Barat. Jurnal Persona, Volume , Nomor
, Hlm. 156-162.
Rahmadhani, Meri. (2018). Pengaruh Penggunaan Teknik Copy The Master
Terhadap Keterampilan Menulis Teks Drama Satu Babak Siswa Kelas VIII
SMA Negeri 11 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,
Volume 7, Nomor 3, Hlm. 170-177.
Rahman, Ahmad Syaeful. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Naskah Drama
Dengan Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) (Penelitian
Tindakan Kelas VIII MTs (X) Kota Bogor). Jurnal Literasi Volume 7, Nomor 1,
Hlm. 32-40.
Rahmaniah, Titin. (2016). Penerapan Teknik PQ4R Berbantuan Media Cerpen untuk
Meningkatkan Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas XI IPB2 SMA
Negeri 2 Gerokgak. E-Jurnal JPBSI, Undiksha, Volume 4, Nomor 2, Hlm. 1-11.
Rifa’i, Muhamad. (2018). Wayang Kardus Sebagai Media Pembelajaran Mengorversi
Naskah Drama untuk SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, dan
Pengajarannya, Volume 3, Nomor 1, Hlm. 34-44.
Sari, Riri Ratna. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
Jigsaw Terhadap Kemampuan Menulis Teks Drama Siswa Kelas XI SMA N 1
Gunung Talang. Jurnal Ilmiah STKIP PGRI Sumbar. Diunduh pada 10 April
Schereurs, Jeanne. (2014). A Shift Teacher Centered to Learner Centered Approach.
iJEP: International of Journal. Volume 4 Nomor 3 Hlm. 36-41.
Slamet, St. Y.. (2007). Dasar-Dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di
Sekolah Dasar. Surakarta: LPP UNS dan UPT.
Suparman. (2018). Keefektifan Model Picture and Picture dalam Menulis Naskah
Drama Siswa Kelas VIII SMPN 2 Bua Ponrang Kabupaten Luwu. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra PBSI FKIP Universitas Cokroaminoto
Palopo, Volume 4, Nomor 2.
Suryani, E, Asri Y dan Ratna, E. (2017). Pengaruh Penggunaan Teknik Pemodelan
Terhadap Keterampilan Menulis Naskah Drama Satu Babak Siswa Kelas VIII
SMP Negeri 11 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia,
Volume 6, Nomor 1.
Wulandari, Sri. (2013). Kemampuan Menulis Naskah Drama Dengan Menggunakan
Teknik Pemodelan Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Pariaman. E-journal.
Diunduh pada 10 April 2019.
Yurnelis. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama Melalui
Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Siswa Kelas VIII RSBI-1 SMP N 12
Padang. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran, Volume 1, Nomor 2, Hlm. 27-
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um007v4i22020p169-177
Refbacks
- There are currently no refbacks.
BASINDO indexed by:

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)
ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017
BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License