Pengembangan Video Pembelajaran Membaca Teks Berita Bagi Siswa SMP Kelas VIII
Abstract
Abstrak: Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran membaca teks berita bagi siswa SMP kelas VIII sebagai salah satu alternatif pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Pengembangan media ini menggunakan model pengembangan Sadiman yang telah dimodifikasi menjadi sepuluh langkah. Hasil penelitian ini didapatkan dari hasil validasi ahli media, ahli materi, praktisi, dan siswa yang menunjukkan bahwa video pembelajarann ini layak diimplemetasikan dalam pembelajaran. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk video pembelajaran yang dikemas dalam DVD.
Kata Kunci: video pembelajaran, membaca, teks berita
Full Text:
PDFReferences
Ariani, N & Haryanto, D. 2010. Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Jakarta: Prestasi
Pustaka.
Darmawan, D. 2012. Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung:
Remaja Rosdakarya.
Daryanto. 2013. Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai
Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Sadiman, Arief S., dkk. 2010. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan
Pemanfaatannya. Jakarta: Raja Grafindo.
Syahri, M. 2011. Seluk Beluk Berita dan Feature. Malang: Pustaka Kaiswaran.
Warsita, B. 2011. Pendidikan Jarak Jauh. Bandung: Remaja Rosdakarya.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um007v4i22020p233-241
Refbacks
- There are currently no refbacks.
BASINDO indexed by:

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)
ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017
BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License