KEMAMPUAN MENGINTERPRETASI ISI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X MAN 1 GRESIK TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan struktur dan kebahasaan. Pertama aspek struktur yang mencangkup aspek deskripsi umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat. Kedua, kebahasaan umum yang mencangkup aspek frasa, klausa, kalimat simpleks, kalimat kompleks, konjungsi, dan kata kerja. Ketiga, kebahasaan khusus yang mencangkup aspek kalimat definisi, kalimat klasifikasi, dan kalimat rincian. Hasil penelitian kemampuan menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi siswa kelas X MAN 1 Gresik tahun pelajaran 2018/2019 berdasarkan aspek struktur, berdasarkan aspek struktur, 27 siswa (81,8%) mendapat kualifikasi amat baik dengan rincian 1 siswa (3,1%) mendapat kualifikasi baik, 2 siswa (6,1%) mendapat kualifikasi cukup, dan 3 siswa (9,1%) mendapat kualifikasi kurang. Berdasarkan aspek kebahasaan umum dengan rincian 19 siswa (57,5%) mendapat kualifikasi amat baik, 11 siswa (33,3%) mendapat kualifikasi Baik, 2 siswa (6,1%) mendapat kualifikasi cukup, dan 1 siswa (3,1%) mendapat kualifikasi kurang. Berdasarkan aspek kebahasaan khusus dengan rincian 24 siswa (72,7%) mendapat kualifikasi amat baik, 4 siswa (12,1%) mendapat kualifikasi baik, 3 siswa (9,1%) mendapat kualifikasi cukup, dan 2 siswa (6,1%) mendapat kualifikasi kurang.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rienke Cipta.
Koasih, E. dan Restuti. 2013. Mandiri: Bahasa Indonesia untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Erlangga.
Noor, Juliansyah. 2013. Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Nurchasanah. 2015. Membaca: Teks Ilmiah dan Nonilmiah. Malang: Universitas Negeri Malang.
Widjono. 2012. Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um007v4i22020p291-298
Refbacks
- There are currently no refbacks.
BASINDO indexed by:

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)
ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017
BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License