PENGEMBANGAN MODEL KEGIATAN MEMBACA UNTUK MENDUKUNG GERAKAN LITERASI SEKOLAH PADA JENJANG SMP

Lisa Novita Sari, Yuni Pratiwi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model kegiatan membaca yang dapat dimanfaatkan siswa SMP pada saat aktivitas literasi selama lima belas menit di kelas. Desain pengembangan model kegiatan membaca ini menggunakan modifikasi dari langkah-langkah pengembangan yang dikemukakan oleh Thiagarajan (1974) dengan hanya menggunakannya sampai tahap ketiga, sehingga pada penelitian ini terdiri dari tiga langkah, yakni define, design dan develop. Uji produk dilakukan dengan memberikan angket kepada subjek uji coba. Uji coba dilakukan kepada ahli literasi sekolah, ahli membaca, ahli praktisi atau guru bahasa Indonesia, dan 25 siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Malang. Produk yang dikembangkan adalah dua desain skenario model kegiatan membaca, yaitu (1) model literasi eksplorasi pengetahuan melalui dunia fiksi, dikhususkan untuk literasi teks novel, dan (2) model literasi berita berbasis kekritisan, dikhususkan untuk literasi teks berita. Desain kegiatan pada kedua model terdiri dari dua kegiatan utama, yaitu kegiatan membaca mandiri dan kegiatan lanjutan berupa latihan-latihan untuk melatih kemampuan membaca. Hasil uji coba dari ahli literasi sekolah menunjukkan persentase sebesar 82% (layak diimplementasikan), dari ahli membaca sebesar 89% (layak diimplementasikan), dari ahli praktisi atau guru bahasa Indonesia sebesar 100% (sangat layak diimplementasikan), dan dari siswa sebesar 83,16% (layak diimplementasikan). Dari hasil persentase tersebut menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan adalah valid/ layak.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

Rineka Cipta.

Buku Gerakan Literasi Sekolah. 2016. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. 2016. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan

Kebudayaan.

Dewayani, Sofie & Retnaningdyah, Pratiwi. 2017. Suara dari Marjin: Literasi sebagai

Praktik Sosial. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dewayanie, Sofie. 2017. Menghidupkan Literasi di Ruang Kelas. Yogyakarta: PT Kanisius.

Hayat, Bahrul & Yusuf, Suhendra. 2015. Benchmark Internasional Mutu Pendidikan.

Jakarta: Bumi Aksara.

Nurchasanah. 2015. Membaca: Teks Ilmiah dan Nonilmiah. Malang: Universitas Negeri

Malang.

Nurhadi. 2016. Teknik Membaca. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurhadi. 2016. Strategi Meningkatkan Daya Baca. Jakarta: Bumi Aksara.

Panduan Gerakan Literasi Sekolah di SMP. 2016. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan

Kebudayaan.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Tampubolon, DP. 1987. Kemampuan Membaca: Teknik Membaca Efektif dan Efisien.

Bandung: Angkasa Bandung.

Thiagarajan, S., Semmel, D.S & Semmel, M.I. 1974. Instructional Development for Training

Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training

Institute/Special Education, University of Minnesota.

Yunus, Abidin., Mulyati, Tita., dan Yunansah, Hana. 2018. Pembelajaran Literasi: Strategi

Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis.

Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um007v4i22020p299-308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




BASINDO indexed by:

CROSSREF  SINTA RISTEKDIKTIEBSCO Google Scholar Researchbib OneSearch PKP INDEX BASE-SEARCH OpenAIRE COPAC Libraries Search University of Oxford Portal Garuda NELITI



BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017

Lisensi Creative Commons

BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License