PERSUASI DALAM IKLAN PRODUK DI TELEVISI
Abstract
Peneltian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bentuk diksi dalam iklan produk, (2) metode persuasi dalam iklan produk di televisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian ini berupa kata dan kalimat hasil transkrip dari tuturan narator dan bintang iklan pada iklan produk di televisi. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan teknik simak dan catat. Analisis data yang dilakukan meliputi proses pengambilan data, reduksi data yaitu identifikasi, pengodean, dan klasifikasi. Kemudian dilakukan penyajian data dalam bentuk teks naratif dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, bentuk diksi yang terdapat dalam iklan produk meliputi kata bermakna denotasi, kata bermakna konotasi, kata abstrak, kara konkret, kata umum, kata khusus, kata ilmiah, kata populer, kata asing, kata serapan, dan slang. Kedua, metode persuasi yang digunakan dalam iklan meliputi metode asosiasi, metode icing device, metode fear arousing, dan metode pay off idea.
Kata kunci: iklan televisi, diksi, metode persuasi.
Full Text:
PDFReferences
Agustrijanto. 2006. Copywrinting: Seni Mengasah Kreativitas dan Memahami Bahasa Iklan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hanurawan, Fattah. 2009. Pengantar Psikologi Sosial. Bandung: PT Remaja Rodakarya.
Kasiram, Moh. 2008. Metodologi Penelitian Kuantitatif-Kualitatif. UIN Malang Press.
Keraf, Gorys. 2003. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Malik, Dedy Djamaluddin dan Iriantara, Yosal. 1994. Komunikasi Pesuasif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.
Oem, Abdurrachman. 2001. Dasar-dasar Public Relations. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Putrayasa, Ida Bagus. 2014. Kalimat Efektif: diksi, struktur, dan logika. Bandung: PT Refika Aditama.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA
Suhandang, Kustadi. 2010. PEIKLANAN Manajemen, Kiat, dan Strategi. Bandung: Penerbit Nuansa.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sumartono. 2002. Terperangkap dalam Iklan. Bandung: CV Alfabeta.
Sunarjo. 1983. Komunikasi, Persuasi, dan Retorika. Yogyakarta: Liberty.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um007v4i22020p309-320
Refbacks
- There are currently no refbacks.
BASINDO indexed by:
BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya
Indonesian Language, Literature, and Learning Journal
Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia
Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)
ISSN : 2579-3799 (media online) - SK no. 0005.25793799/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017
BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License