PENGARUH USER EDUCATION TERHADAP PROMOSI KOLEKSI SUMBER RUJUKAN UMUM DI PERPUSTAKAAN IAIN TULUNGAGUNG

Annisa Nur Rahmawati, Cici ghoniyah, Dyah Sitoresmi Fitri Azisi, Khoirul Mas Hudha

Abstract


Perpustakaan perguruan tinggi merupakan perpustakaan yang terdapat pada perguruan tinggi, badan bawahannya, maupun lembaga yang berafiliasi dengan perguruan tinggi, dengan tujuan utama membantu perguruan tinggi yang bersangkutan mencapai tujuannya, yang dikenal dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi (pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat). Salah satu cara agar perpustakaan dikenal oleh masyarakat adalah dengan melakukan user education. User education tidak hanya digunakan untuk mempromosikan perpustakaan, namun juga untuk mempromosikan koleksi sumber rujukan yang ada di sana sehingga pengguna dapat memanfaatkan koleksi dengan maksimal. Perpustakaan IAIN Tulungagung menggunakan bentuk promosi koleksi sumber rujukan umum dengan cara user education. Peneliti menemukan fenomena mengenai pemakai yang belum memahami tentang adanya koleksi sumber rujukan umum yang ada di Perpustakaan IAIN Tulungagug meskipun telah dilaksanakan user education oleh pihak perpustakaan. Dari temuan ini, peneliti ingin mengkaji pengaruh user education terhadap promosi sumber rujukan umum yangada di Perpustakaan IAIN Tulungagung. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dari penelitian ini peneliti menemukan bahwa user education yang dilakukan oleh perpustakaan kurang berpengaruh bagi para pemakai perpustakaan, karena setelah mengikuti kegiataan tersebut para pemakai kurang efektif dalam memanfaatkan koleksi sumber rujukan yang ada. Seharusnya pustakawan dapat mengatur jadwal kegiatan user education dengan maksimal, dan menampilkan kegiatan-kegiatan promosi sumber refrensi yang dapat menarik antusias dari kalangan mahasiswa sebagai pemakai perpusakaan IAIN Tulungagung.

Kata Kunci: User Education, Koleksi Sumber Rujukan, Perpustakaan, dan Promosi


Full Text:

PDF

References


Afriana, C. R. (2016). Korelasi Promosi dan Pemanfaatan Koleksi Terbitan Berseri terhadap Kunjungan Pemustaka di UPT Perpustakaan Universitas Syiah Kuala. Skripsi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam Banda Aceh.

Almah, H. (2014). Urgensi Pendidikan Pemakai (User Education) bagi Pemustaka di Perpustakaan Perguruan Tinggi Agama Islam: Sebuah Konsep Penerapan Kampus Peradaban di UIN Alauddin Makassar. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Kearsipan Khizanah Al-Hikmah. Vol. 2 No. 1. Halaman 80-89.

Antanipal, A. (2014). Strategi Promosi Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Kunjung di Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Barru. Skripsi UIN Alauddin Makassar.

Aurora, V. (2016). Efektivitas Pendidikan Pengguna (User Education) Perpustakaan pada Kalangan Mahasiswa Baru Universitas Airlangga Angkatan 2016/2017. Paper Universitas Airlangga Surabaya.

Danial, E. (2009). Metode Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Pendidikan Kewarganegaraan.

Ganggi, R. I. P. (2017). Pendidikan Pemakai di Perpustakaan sebagai Upaya Pembentukan yang Literasi Informasi. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Kearsipan Khizanah Al-Hikmah. Vol. 5 No. 1. Halaman 121-128.

Hidayat, N. (2015). Strategi Promosi Layanan Perpustakaan Utsman Bin Affan Universitas Muslim Indonesia Makassar. Skripsi UIN Alauddin Makassar.

Lasa, Hs. (2002). Sumber-sumber Rujukan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

_______. (2009). Kamus Kepustakawanan Indonesia. Yogyakarta: Pustaka Blok Publisher.

Mangkuprawira, S. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Gramedia Indonesia.

Nugrahini, N. (2013). Layanan Referensi dan Promosi Layanan Referensi. UPT Perpustakaan Universitas Negeri Malang.

Pratiwi, N. S. H. (2009). Kegiatan Promosi di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tugas Akhir Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Qalyubi, S., dkk. (2007). Dasar-dasar Ilmu Perpustakaan dan Informasi. Yogyakarta: Jurusan Ilmu Perpustakaan dan Informasi.

Ramdani. (2010). Pemanfaatan Koleksi Referensi sebagai Sumber Daya Perpustakaan dalam Jasa Layanan Informasi: Studi Kasus pada Perpustakaan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia. Skripsi Universitas Syarif Hidayatullah Jakarta.

Rauf, F. R. M. (2016). Strategi Promosi Perpustakaan dalam Meningkatkan Minat Baca di Perpustakaan Daerah Kabupaten Barru. Skripsi UIN Alauddin Makassar.

Rice, J. (1981). Teaching Library Use: A Guide for Library Instruction. London: Greenwoodpress.

Saragih. (2017). Tindakan Penyalahgunaan Koleksi: Studi Kasus di Perpustakaan Universitas Sumatera Utara. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.

Soedibyo, N. (1987). Pengelolaan Perpustakaan. Bandung: Alumni.

Sugiono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sulistyo-Basuki. (2004). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Utama.

Umar, H. (2004). Riset Sumber Daya Manusia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Yusuf, M. P. (2007). Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um008v3i22019p131-142

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






BIBLIOTIKA indexed by:

                                       


BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi
Prodi Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

Lisensi Creative Commons

BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
| Visitor Statistic