PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP PERPUSTAKAAN KELILING DI PERPUSTAKAAN UMUM KABUPATEN KEDIRI

Abdullah Apriono, Ida Lestari, Dwi Sugianto

Abstract


Perpustakaan keliling merupakan sebuah kegiatan pemerataan informasi di daerah-daerah yang tidak terjangkau oleh perpustakaan umum. Pentingnya persepsi pemustaka terhadap perpustakaan keliling adalah untuk melihat sejauh mana persepsi pemustaka terhadap perpustakaan keliling dan kendala-kendalanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil Penelitian menunjukan bahwa dalam sub variabel layanan didapatkan nilai sebesar 86,16% yang dapat dikategorikan sangat baik, sub variabel pustakawan didapatkan nilai sebesar 86,06%  yang dapat dikategorikan sangat baik dan sub variabel koleksi didapatkan nilai sebesar 82,42%  yang dapat dikategorikan sangat baik. Kesimpulan menunjukan bahwa persepsi pemustaka terhadap layanan perpustakaan keliling dapat dikatakan sangat baik.

Kata Kunci: Persepsi Pemustaka, Layanan Perpustakaan, Perpustakaan Keliling


Full Text:

PDF

References


Arisman. (2012). Tinjauan terhadap layanan perpustakaan keliling pada perpustakaan umum gunung bungsu kabupaten tanah datar. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan dan Kearsipan, Volume I, No 1 (online). http://ejournal.unp.ac.id/index.php/iipk/article/view/653/567. Diakses 17 Januari 2019

Husna, N. N. (2013). Persepsi Pemustaka Terhadap Kualitas Layanan Perpustakaan Keliling pada Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Pustaka Keliling Adil di Ledok Tukangan Yogyakarta. Skripsi (online). http://digilib.uin-suka.ac.id/8458/. Diakses 10 Januari 2019

Irham Maulana, H. (2017). Persepsi Pemustaka Terhadap Layanan Perpustakaan Keliling Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Skripsi (online). http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/37982. Diakses 10 Januari 2019.

Peraturan Kepala Perpustakaan Nasional Indonesia No 24. 2017. Tentang Standar Kompetensi Jabatan Fungsional Pustakawan.

Purwani, I. (2014). Layanan Perpustakaan. Yogyakarta: Ombak.

Rahmah, Elva. (2018). Akses dan Layanan Perpustakaan Teori dan Aplikasi. Jakarta: Prenada Media.

Supriyanto. (2006). Aksentuasi Perpustakaan dan Pustakawan. Jakarta: Ikatan Pustakawan Indonesia.

Trisna. (2017). Persepsi Pemustaka Terhadap Keterampilan Komunikasi Pustakawan Layanan FRONT OFFICE di Perpustakaan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Universitas Negeri Malang. Skirpsi,

Undang-undang No 43. 2007. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan.

Yulia, Y. (2009). Pengembangan Koleksi. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um008v3i22019p143-152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






BIBLIOTIKA indexed by:

                                       


BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi
Prodi Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

Lisensi Creative Commons

BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
| Visitor Statistic