TINGKAT KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP ONLINE CATALOG DI UNIVERSITAS KRISTEN PETRA

Wisnu Putri Airmas Jati, Taufiq Kurniawan, Martutik Martutik

Abstract


Kepuasan merupakan perasaan lega atau senang karena
kesesuaian atau kesamaan antara yang di inginkan dengan yang
diperoleh. Pembatasan pada istilah kepuasan adalah tingkatan
pada pemustaka merasa puas terhadap online catalog (dengan
mengakses). Dalam penelitian ini penilaian kepuasan
menggunakan model End-User Computing Satisfaction (EUCS).
Model ini memiliki lima indikator diantaranya, Isi (Content),
Keakuratan (Accuracy), Tampilan (Format), Kemudahan
Pengguna (Ease Of Use), dan Ketepatan Waktu (Timeliness).
Online catalog adalah Komputerisasi dari katalog yang dimana
dulu katalog hanya berbentuk lembaran kertas. Online catalog
merupakan salah satu contoh nyata dari sistem temu kembali,
dimana sistem kembali merupakan sistem yang dapat
menghubungkan antara pemustaka dengan informasi koleksi
yang dibutuhkannya. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini ialah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pemustaka
terhadap online catalog menunjukkan pada rentang hasil
persentase sebesar 86,59%. Sesuai dengan skala interval tingkat
kepuasan, rentang hasil tersebut memiliki kategori tingkat
kepuasan yang Tinggi.
Kata kunci: Kepuasan, Model EndUser Computing Satisfaction (EUCS), Online Catalog /OPAC, Sistem temu kembali

Full Text:

PDF

References


Dewa, Radin. 2016. Analisis Kepuasan Penggunaan Terhadap Portal Program Studi

Informatika menggunakan EUCS (End User Computting Satisfaction), (Online),

dari (http://if.binadarma.ac.id/sipi/jurnal/Jurnalskripsi%20sipi%20dewa%20dewa%2012142260.pdf), diakses 6 Oktober 2018.

Doll, William & Ghlamreza Torkzadeh. 1988. The Measurement of End-User Computing

Satisfactio., (online), (https://www.jstor.org/stable/pdf/248851), diakses 10

Oktober 2019.

Gravetter, Frederick. J & Larry B. Wallnau. 2014. Pengantar Statistik Sosial. Jakarta:

Salemba Humanika.

Rasman, Yoel Indra Kusuma. 2012. Gambaran Hubungan Unsur-Unsur End-User

Computing Satisfaction Terhadap Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Rumah

Sakit di Rumah Sakit Umum Daerah Depok Tahun 2012, (online),

(http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20318250-SYoel%20Indra%20Kusuma%20Rasman.pdf), diakses 18 April 2019.

Supriyatna, Adi. 2015. Analisis dan Evaluasi Kepuasan Pengguna Sistem Informasi

Perpustakaan dengan Menggunakan Pieces Framework. Jurnal Pilar Nusa

Mandiri XI (1), Dari

http://ejournal.nusamandiri.ac.id/ejurnal/index.php/pilar/article/view/1

/123.

Ulfah, Alfiani. 2016. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pemustaka Pemakai

Akhir Sistem Informasi Akuntansi. (online),

(http://eprints.ums.ac.id/42706/16/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf), diakses

Juli 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




BIBLIOTIKA indexed by:

CROSSREF DOAJ EBSCO Google Scholar Researchbib OneSearch PKP INDEX BASE-SEARCH SINTA RISTEKDIKTI OpenAIRE COPAC Libraries Search University of Oxford Portal Garuda

BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi
Prodi Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

ISSN : 2579-3802 (media online) - SK no. 0005.25793802/JI.3.1/SK.ISSN/2017.04 - 6 April 2017

Lisensi Creative Commons

BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License