PERAN OPEN ACCESS INSTITUSIONAL REPOSITORY (OAIR) DALAM MENGURANGI TINGKAT PLAGIARISME PADA KARYA ILMIAH MAHASISWA
Abstract
Untuk meminimalisir tingkat plagiarisme tersebut, pihak
pustakawan membuat institusional repository yang bersifat open
access artinya karya-karya ilmiah yang ada di institusional
repository tersebut dapat di akses oleh siapapun tanpa harus
melanggan terlebih dahulu. Institusional repository merupakan
sebuah platform yang berfungsi untuk menampung puluhan
bahkan ribuan artikel, jurnal, thesis, disertasi dan lain sebagainya
dalam bentuk digital. Selain untuk meminimalisir tingkat
plagiarisme, open access institusional repository (OAIR) juga
berfungsi untuk membantu memparkan hasil karya mahasiswa,
mendorong semangat mahasiswa untuk menghasilkan karyakarya yang berkualitas dan lain sebagainya. Dalam hal ini
pustakawan memiliki peran penting.
Kata kunci: Plagiarisme, Karya ilmiah, Institusional Repository Open access
Full Text:
PDFReferences
Alfida, A. (2015). Menakar program literasi informasi melalui karya ilmiah
mahasiswa. AL-MAKTABAH, 14(1). Retrieved from
http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/al-maktabah/article/view/2252
Andayani, U. (2017). Penggunaan software Turn It In untuk mendeteksi tindakan
plagiarisme. AL-MAKTABAH, 16(1). Retrieved from
http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/al-maktabah/article/view/8086
Anshori, D. S. (n.d.). KARYA TULIS ILMIAH, 13.
Fatmawati, E. (2013). GERAKAN OPEN ACCESS DALAM MENDUKUNG
KOMUNIKASI KEILMUAN. 15(2), 11.
Indarto, W. (2013). Analisis Karya Tulis (Skripsi) Tugas Akhir Mahasiswa Program
Studi Administrasi Pendidikan Periode 2008/2009 dan 2009/2010. Jurnal
Educhild : Pendidikan Dan Sosial, 1(1), 59–66.
Iskandar, M. (2009). PENENTUAN CIRI-CIRI PLAGIARISME DALAM MAKALAH
ILMIAH YANG MEREFERENSI SUMBER DALAM BAHASA ASING YANG
DITERJEMAHKAN. Bina Ekonomi, 13(1).
https://doi.org/10.26593/be.v13i1.707.%p
Kayaoğlu, M. N., Erbay, Ş., Flitner, C., & Saltaş, D. (2016). Examining students’
perceptions of plagiarism: A cross-cultural study at tertiary level. Journal of Further and Higher Education, 40(5), 682–705.
https://doi.org/10.1080/0309877X.2015.1014320
Koswara, A. N. M. (2018). PENGARUH KEMUDAHAAN AKSES INFORMASI
INTERNET MELALUI KONTEKS SOSIAL PELAJAR TERHADAP
KECENDERUNGAN TINDAKAN PLAGIARISME DALAM PENULISAN
KARYA TULIS DI KALANGAN PELAJAR. Masyarakat Telematika Dan
Informasi : Jurnal Penelitian Teknologi Informasi dan Komunikasi, 9(1), 51–60.
https://doi.org/10.17933/mti.v9i1.115
Mahardika, I. M. P. (2015). PENGEMBANGAN SISTEM OTOMASI PENGOLAHAN
KOLEKSI KARYA ILMIAH MAHASISWA BERBASIS WEB UNTUK
MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN (Studi Kasus :
Universitas Pendidikan Ganesha). JST (Jurnal Sains Dan Teknologi), 4(1).
https://doi.org/10.23887/jst-undiksha.v4i1.4932
(PDF) Persepsi Mahasiswa Terhadap Plagiat. (n.d.). Retrieved May 18, 2019, from
https://www.researchgate.net/publication/322098685_Persepsi_Mahasiswa_T
erhadap_Plagiat
Putra, R. Masri Sareb. 2011. Kiat Menghindari PLAGIARISME : How to Avoid
Plagiarism. Jakarta : PT Indeks.
Mustofa, M. (2018). PROMOSI PERPUSTAKAAN MELALUI INSTAGRAM. In
Distruptive Tecnology: Opportunities, Chalenges For Libraries and Librarians (pp.
–283). Universitas Surabaya. Retrieved from http://repository.isiska.ac.id/3015/
Saufa, A. F., & Hidayah, N. (2018). OPEN ACCESS DAN PERPUSTAKAAN
DIGITAL: Tantangan Perpustakaan dalam Mengelola Repository di Perguruan
Tinggi. Pustakaloka, 10(1), 113–123.
https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v10i1.1410
TYjuielika, L. T. (2009). OPEN ACCESS: MENYUBURKAN PLAGIARISME ?, 11, 4.
Wibowo, A. (2012). Mencegah dan Menanggulangi Plagiarisme di Dunia Pendidikan.
Kesmas: National Public Health Journal, 6(5), 195–200.
https://doi.org/10.21109/kesmas.v6i5.84
Windiana, L., & Arfa, M. (2016). PENGETAHUAN KONSEP LISENSI CREATIVE
COMMONS DAN OPEN ACCESS DI KALANGAN PENGELOLA SITUS EJOURNAL FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGORO. Jurnal Ilmu
Perpustakaan, 5(4), 201–210.
Zalnur, M. (2012). PLAGIARISME DI KALANGAN MAHASISWA DALAM
MEMBUAT TUGAS-TUGAS PERKULIAHAN PADA FAKULTAS TARBIYAH
IAIN IMAM BONJOL PADANG. Al-Ta lim Journal, 19(1), 55–65.
https://doi.org/10.15548/jt.v19i1.6
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um008v4i12020p121-129
Refbacks
- There are currently no refbacks.
BIBLIOTIKA indexed by:














BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi
Prodi Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
| Visitor Statistic