PERAN OPEN ACCESS INSTITUSIONAL REPOSITORY (OAIR) DALAM MENGURANGI TINGKAT PLAGIARISME PADA KARYA ILMIAH MAHASISWA

Fatimahtus Zahroh Nur Wahyudin

Abstract


Saat ini, tingkat plagiarisme di Negara Indonesia semakin tinggi.
Untuk meminimalisir tingkat plagiarisme tersebut, pihak
pustakawan membuat institusional repository yang bersifat open
access artinya karya-karya ilmiah yang ada di institusional
repository tersebut dapat di akses oleh siapapun tanpa harus
melanggan terlebih dahulu. Institusional repository merupakan
sebuah platform yang berfungsi untuk menampung puluhan
bahkan ribuan artikel, jurnal, thesis, disertasi dan lain sebagainya
dalam bentuk digital. Selain untuk meminimalisir tingkat
plagiarisme, open access institusional repository (OAIR) juga
berfungsi untuk membantu memparkan hasil karya mahasiswa,
mendorong semangat mahasiswa untuk menghasilkan karyakarya yang berkualitas dan lain sebagainya. Dalam hal ini
pustakawan memiliki peran penting.
Kata kunci: Plagiarisme, Karya ilmiah, Institusional Repository Open access

Full Text:

PDF

References


Alfida, A. (2015). Menakar program literasi informasi melalui karya ilmiah

mahasiswa. AL-MAKTABAH, 14(1). Retrieved from

http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/al-maktabah/article/view/2252

Andayani, U. (2017). Penggunaan software Turn It In untuk mendeteksi tindakan

plagiarisme. AL-MAKTABAH, 16(1). Retrieved from

http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/al-maktabah/article/view/8086

Anshori, D. S. (n.d.). KARYA TULIS ILMIAH, 13.

Fatmawati, E. (2013). GERAKAN OPEN ACCESS DALAM MENDUKUNG

KOMUNIKASI KEILMUAN. 15(2), 11.

Indarto, W. (2013). Analisis Karya Tulis (Skripsi) Tugas Akhir Mahasiswa Program

Studi Administrasi Pendidikan Periode 2008/2009 dan 2009/2010. Jurnal

Educhild : Pendidikan Dan Sosial, 1(1), 59–66.

Iskandar, M. (2009). PENENTUAN CIRI-CIRI PLAGIARISME DALAM MAKALAH

ILMIAH YANG MEREFERENSI SUMBER DALAM BAHASA ASING YANG

DITERJEMAHKAN. Bina Ekonomi, 13(1).

https://doi.org/10.26593/be.v13i1.707.%p

Kayaoğlu, M. N., Erbay, Ş., Flitner, C., & Saltaş, D. (2016). Examining students’

perceptions of plagiarism: A cross-cultural study at tertiary level. Journal of Further and Higher Education, 40(5), 682–705.

https://doi.org/10.1080/0309877X.2015.1014320

Koswara, A. N. M. (2018). PENGARUH KEMUDAHAAN AKSES INFORMASI

INTERNET MELALUI KONTEKS SOSIAL PELAJAR TERHADAP

KECENDERUNGAN TINDAKAN PLAGIARISME DALAM PENULISAN

KARYA TULIS DI KALANGAN PELAJAR. Masyarakat Telematika Dan

Informasi : Jurnal Penelitian Teknologi Informasi dan Komunikasi, 9(1), 51–60.

https://doi.org/10.17933/mti.v9i1.115

Mahardika, I. M. P. (2015). PENGEMBANGAN SISTEM OTOMASI PENGOLAHAN

KOLEKSI KARYA ILMIAH MAHASISWA BERBASIS WEB UNTUK

MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN PERPUSTAKAAN (Studi Kasus :

Universitas Pendidikan Ganesha). JST (Jurnal Sains Dan Teknologi), 4(1).

https://doi.org/10.23887/jst-undiksha.v4i1.4932

(PDF) Persepsi Mahasiswa Terhadap Plagiat. (n.d.). Retrieved May 18, 2019, from

https://www.researchgate.net/publication/322098685_Persepsi_Mahasiswa_T

erhadap_Plagiat

Putra, R. Masri Sareb. 2011. Kiat Menghindari PLAGIARISME : How to Avoid

Plagiarism. Jakarta : PT Indeks.

Mustofa, M. (2018). PROMOSI PERPUSTAKAAN MELALUI INSTAGRAM. In

Distruptive Tecnology: Opportunities, Chalenges For Libraries and Librarians (pp.

–283). Universitas Surabaya. Retrieved from http://repository.isiska.ac.id/3015/

Saufa, A. F., & Hidayah, N. (2018). OPEN ACCESS DAN PERPUSTAKAAN

DIGITAL: Tantangan Perpustakaan dalam Mengelola Repository di Perguruan

Tinggi. Pustakaloka, 10(1), 113–123.

https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v10i1.1410

TYjuielika, L. T. (2009). OPEN ACCESS: MENYUBURKAN PLAGIARISME ?, 11, 4.

Wibowo, A. (2012). Mencegah dan Menanggulangi Plagiarisme di Dunia Pendidikan.

Kesmas: National Public Health Journal, 6(5), 195–200.

https://doi.org/10.21109/kesmas.v6i5.84

Windiana, L., & Arfa, M. (2016). PENGETAHUAN KONSEP LISENSI CREATIVE

COMMONS DAN OPEN ACCESS DI KALANGAN PENGELOLA SITUS EJOURNAL FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS DIPONEGORO. Jurnal Ilmu

Perpustakaan, 5(4), 201–210.

Zalnur, M. (2012). PLAGIARISME DI KALANGAN MAHASISWA DALAM

MEMBUAT TUGAS-TUGAS PERKULIAHAN PADA FAKULTAS TARBIYAH

IAIN IMAM BONJOL PADANG. Al-Ta lim Journal, 19(1), 55–65.

https://doi.org/10.15548/jt.v19i1.6




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um008v4i12020p121-129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






BIBLIOTIKA indexed by:

                                       


BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi
Prodi Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

Lisensi Creative Commons

BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
| Visitor Statistic