Penerapan Aplikasi Senayan Library Management System (SLIMS) dalam Pengelolaan Bahan Pustaka di Perpustakaan Sekolah

Qurratu Aini

Abstract


Perkembangan akan teknologi informasi semakin pesat karena di dorong dengan kebutuhan informasi. Seluruh instansi melakukan perubahan dan pembaruan untuk menyamakan pergerakan informasi. Pendidikan dan perpustakaan merupakan bidang yang secara nyata melakukan perkembangan demi terpenuh nya kebutuhan informasi dalam masyarakat. Penerapan aplikasi Senayan Library Management System (SLIMS) pada pengelolaan koleksi bahan pustaka di perpustakaan menjadi salah satu perkembangan teknologi informasi karena dapat mempermudah segala urusan perpustakaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui temu  dan pengaruh aplikasi Senayan Library Management System (SLIMS) dalam pengelolahan koleksi bahan pustaka di perpustakaan sekolah SMA Negeri 44 Jakarta serta untuk mengetahui atau menjelaskan bagaimana penerapan aplikasi SLIMS dalam mengelola koleksi bahan pustaka serta bertujuan untuk menjawab apakah aplikasi SLIMS ini dapat mempermudahkan para pengguna dalam sistem temu kembali koleksi.


Keywords


SLIMS; Perpustakaan; Informasi.

Full Text:

PDF

References


Angelia, P. L. (2015, July 29). Pemanfaatan Senayan Library Information Management System (SLIMS) Di Perpustakaan Pusat Universitas Warmadewa. Diambil kembali dari Jurnal Ilmiah D3 Perpustakaan: https://ojs.unud.ac.id/index.php/d3perpus/article/download/14362/9871/

Deliva Musa, A. M. (2020). PENERAPAN APLIKASI SLiMS DALAM PENGOLAHAN BAHAN PUSTAKA DI UPT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS KHAIRUN TERNATE. Diambil kembali dari ACTA DIURNA KOMUNIKASI: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/31344/30022

Heri Abi Burachman. (2016). Hakim Optimalisasi Senayan Sebagai Perangkat Lunak Berbasis Open Source Untuk Perpustakaan Seni. Institut Seni Indonesia Yogyakarta.

Hidayat, F. (2011). Penerapan Software Senayan Library Sebagai Sistem Aplikasi Otomasi Perpustakaan di Perpustakaan Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Fakultas Adab dan Humaniora.

Sugiono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Surwarno, W. (2016). Organisasi Informasi Perpustakaan, pendekatan teori dan praktik. Jakarta: Rajawali Pers.

Widodo, O. C. (2017). Efektifitas Penggunaan Software Open Source (Slims) Pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Di Malang. Libri-Net 6, no. 1, 28-34.

Yunita O. Ganda, N. S. (2018). Penerapan Aplikasi Senayan Library Management System (SLiMS) Dalam Meningkatkan Layanan Pengguna Di Perpustakaan Unika De La Salle Manado. Acta Diurna Komunikasi 7, no. 3.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um008v6i12022p43-56

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BIBLIOTIKA indexed by:

                                       


BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi
Prodi Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

Lisensi Creative Commons

BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
| Visitor Statistic