PEMANFAATAN ENSIKLOPEDIA SEBAGAI PENAMBAH PENGETAHUAN PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN DAEARAH KABUPATEN WONOSOBO

Sri Dewanti, Bachrul Ilmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan eksiklopedia oleh pemustaka di Perpustakaan Umum Daerah Kabupaten Wonosobo. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dari studi literatur dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa koleksi yang sering dicari oleh pemustaka di layanan referensi perpustakaan Daerah Kabupaten Wonosobo adalah jurnal penelitian, referensi sejarah/data lokal. Pemustaka yang datang kelayanan referensi mayoritas adalah mahasiswa. Tetapi tidak terlalu banyak pemustaka yang memanfaatkan ensiklopedia.

Keywords


References service, Encyclopedia benefits.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Anam, M. K. (2016). Pengembangan Ensiklopedia Sebagai Penunjang Pembelajaran Keterampilan Membaca Pemahaman Bahasa Arab Bagi Siswa Kelas VII MTs di Kabupaten Grobogan. Skripsi, Fakultas Bahasa Dan Seni Universitas Negeri Semarang.

Binti Nuryanti., E. E. (2019). Analisis Pemanfaatan Ensiklopedia di Perpustakaan IAIN Tulungagung. Shaut Al-Maktabah : Jurnal Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi, 11(1), 99-110. Retrieved from https://www.rjfahuinib.org/index.php/shaut/article/download/123/156/780

Bunanjar, R. (2019). Persepsi Pemustaka Terhadap Promosi di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Palembang Ditinjau Dari Konsep AIDA (Attention, Interest, Desire, Action). Skripsi, Fakultas Adab dan Humaniora, UIN Raden Fatah: Palembang.

Devi, R. S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Ensiklopedia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPS Siswa Kelas V SD Negeri 05 Beji Pemalang. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang: Semarang. Retrieved from https://lib.unnes.ac.id/40382/1/1401416038.pdf

Edwin Nurdiansyah, E. E. (2021). Pengembangan Ensiklopedia Idntitas Nasional Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Civic Hukum, 6(2), 112-123. Retrieved from https://ejournal.umm.ac.id/index.php/jurnalcivichukum/article/download/14612/10132/58878

Fatimah. (2018). Perpustakaan, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan. Jurnal Imam Bonjol: Kajian Ilmu Informasi dan Perpustakaan, 2(1).

Hammam Bagusni, I. I. (2018). Persepsi Pustakawan Terhadap Perannya Pada Layanan Referensi: Studi Kasus Di Perpustakaan Hukum Daniel S. Lev. Bibliotech : Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 3(2), 73-90. Retrieved from https://academicjournal.yarsi.ac.id/index.php/bibliotech/article/view/393/579

Handayani, S. (2020). Pengembangan Ensiklopedia Sebagai Media Pembelajaran. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Bandar Lampung.

Kalsum, U. (2016). Referensi Sebagai Layanan, Referensi Sebagai Tempat: Sebuah Tinjauan Terhadap Layanan Referensi di Perpustakaan Perguruan Tinggi. Journal Iqra', 10(1).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Petunjuk Teknis Penyusunan Ensiklopedia.

Marsela Winda, R. M. (2020). Pengembangan Ensiklopedia Peralatan Labolatorium Kimia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(4), 1-8.

Purbosari, P. M. (2016). Pembelajaran Berbasis Proyek Membuat Ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Untuk Meningkatkan Academic Skill Pada Mahasiswa. Cendakiawan: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 231-238.

Raihana, R. (2017). Layanan Referensi Perpustakaan Perguruan Tinggi : Studi Kasus di Institut Pertanian Bogor. Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia.

Rosa, A. D. (2017). Pemanfaatan Koleksi Referensi di Perpustakaan Fakultas Kedokteran dan IlmuKesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Swandi. (2018). Peran Pustakawan di Layanan Referensi. Universitas Sumatera Utara, Medan.

Tri Mulyani, A. (2021). Efektivitas Penggunaan Ensiklopedia Berbasis Teknologi Sebagai Sumber Belajar di Sekolah Mengengah Atas (SMA): Literature Reviw. 4(2), 293-305. Retrieved from http://ejournal.upn.ac.id/students/index.php/pek/article.download/11164/4661

Ubaidillah, M. (2017). Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Mengembangkan Ensiklopedia Berbasis Bioedupreneurship. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 5(1).

Utari, F. S. (2016). Pengembangan Ensiklopedia Keanekaragaman Capung Sungai Oyo Sebagai Sumber Belajar Biologi Untuk Siswa Kelas X SMA/MA. Skripsi, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Wening Cahyawulan, D. R. (2018). Pengembangan Ensiklopedia Pekerjaan Bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Untuk Peserta Didik Kelas X di SMA Suluh Jakarta. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(2), 140-146.

Yeni Erawati, R. U. (2020). Pengembangan Media Ensiklopedia Bentuk dan Fungsi Tumbuhan Melatihkan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 4(2), 195-205. Retrieved from https://doi.org/10/21067/jbpd.v4i2.4389




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um008v6i22022p169-178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BIBLIOTIKA indexed by:

                                       


BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi
Prodi Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

Lisensi Creative Commons

BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
| Visitor Statistic