FAKTOR PENDORONG MINAT KUNJUNGAN MAHASISWA TERHADAP PERPUSTAKAAN NASIONAL

Alfina Maharani

Abstract


Penelitian terhadap faktor yang mendorong mahasiswa untuk mengunjungi perpustakaan nasional ini bertujuan untuk mengetahui lebih jauh tentang apa saja yang menarik minat mahasiswa untuk berkunjung ke perpustakaan nasional sehingga perpustakaan dapat mempertahankan faktor tersebut selama penyelenggaraannya. Penelitian ini menggunakan studi literatur dari penelitian yang berkaitan dengan minat kunjung pemustaka terhadap suatu perpustakaan. Hasil dari penelitian ini menyebutkan bahwa terdapat dua faktor yang mendorong minat mahasiswa, yakni faktor internal dan ekternal. Faktor internal yang mempengaruhi minat kunjung mahasiswa ialah rasa penasaran, pengalaman dari kunjungan sebelumnya, serta keinginan untuk menambah wawasan. Sementara itu, faktor eksternal yang mendorong minat mahasiswa yakni ialah kelengkapan koleksi bahan pustaka dari perpustakaan, kebutuhan terhadap informasi, kualitas dari pelayanan yang diberikan perpustakaan, tersedianya akses internet gratis, serta fasilitas layanan ruangan yang memberikan kenyamanan.

Full Text:

PDF

References


Anindyaputri, R., Rusmana, A., & Komariah, N. (2020). Hubungan customer engagement melalui Instagram @perpustakaandikbud dengan minat kunjungan perpustakaan di kalangan follower aktif. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 8(2), 221. https://doi.org/10.24198/jkip.v8i2.25919

Fauzan, & Ati, S. (2018). ANALISIS PEMANFAATAN APLIKASI iPUSNAS BERBASIS ANDROID DI PERPUSTAKAAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7(4), 11–20. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/22944

Fitriyani, E., & Pramusinto, H. (2018). Pengaruh fasilitas perpustakaan, kualitas pelayanan, dan kinerja pustakawan terhadap minat berkunjung masyarakat. Economic Education Analysis Journal, 7(2), 585-595.

Muhtadien, S., & Krismayani, I. (2019). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Kunjung Siswa ke Perpustakaan SMAN 2 Mranggen. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(4), 341-350.

Noviani, R., Rusmana, A., & Rodiah, S. (2014). Peranan Desain Interior Perpustakaan Dalam Menumbuhkan Minat Pada Ruang Perpustakaan. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 2(1), 37. https://doi.org/10.24198/jkip.v2i1.11626.

Sari, A. D. (2018). FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA MINAT SISWA MENGUNJUNGI PERPUSTAKAAN (Studi di SMP N 2 Trimurjo). (Skripsi). Institut Agama Islam Negeri Metro. Lampung.

Tara, S. B. (2019). Analisis minat kunjung di perpustakaan kantor perwakilan bank indonesia kalimantan barat. FKIP Untan Pontianak, 2(3), 11.

Taufiq, A. A. M. M., Ati, N. U., & Sekarsari, R. W. (2020). PERAN PELAYANAN PERPUSTAKAAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA ( Studi Pada Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Di Jakarta )” Pendahuluan Rumusan Masalah Tinjauan Pustaka. 14(2), 55–63.

Sukaesih & Winoto, Y. (2019). DASAR-DASAR PELAYANAN PERPUSTAKAAN. Kebumen: CV. Intishar Publishing.

Valentine, S. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Kunjung Mahasiswa Pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanah Datar. (Skripsi). Institut Agama Islam Negeri Batusangkar. Batusangkar.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um008v6i22022p179-190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BIBLIOTIKA indexed by:

                                       


BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi
Prodi Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

Lisensi Creative Commons

BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
| Visitor Statistic