PEMANFAATAN QUORA SEBAGAI ALAT KNOWLEDGE SHARING DALAM RUANG “KISAH-KISAH YANG TERLUPAKAN”

Inggar Dwi Octafiani, Putut Suharso

Abstract


Dalam upaya mencapai misi platform Quora yaitu memberdayakan orang untuk berbagi dan mengembangkan pengetahuan dunia, Quora memfasilitasi pengguna untuk membuat sebuah ruang dengan konten khusus. Sebanyak 100 ribu lebih pengguna telah bergabung dan mengikuti ruang “Kisah-Kisah yang Terlupakan” dalam meraih tujuan membagikan pengetahuan mengenai penggalian sejarah umat manusia melalui pemanfaatannya oleh knowledge contributor (kc) dan knowledge seeker (ks). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan platform Quora sebagai alat berbagi pengetahuan utamanya dalam ruang “Kisah-Kisah yang Terlupakan”. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi untuk mengeksplorasi dan menggali secara lebih dalam terkait pengalaman yang dimiliki oleh kc dan ks. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu observasi, wawancara dan studi dokumen. Informan penelitian terbagi menjadi dua kategori yaitu knowledge contributor (kc) dan knowledge seeker (ks) dengan menggunakan metode purposive sampling, yang menentukan informan berdasarkan kriteria tertentu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kc dan ks menggunakan pengalaman pengguna informasi, motivasi berbagi dan mencari pengetahuan, seleksi kualitas informasi dan melihat potensi untuk dapat memaksimalkan pemanfaatan ruang sebagai media berbagi pengetahuan. Secara keseluruhan ruang “Kisah-Kisah yang Terlupakan” telah melakukan mengelolaan terorganisir dengan melakukan seleksi terhadap kontributor dan penambahan jumlah kontributor bertahap seiring bertambahnya pengikut, sedangkan ks mendapatkan kepuasan dari pengetahuan yang telah dibagikan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi pengetahuan dan informasi mengenai pemanfaatan media online sebagai alat yang berguna bagi berbagi pengetahuan.

Keywords


Quora Platform, Knowledge Sharing, Space of “Kisah-Kisah yang Terlupakan”

Full Text:

PDF

References


Anggito, & Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak.

Ayuk Nur Lita Indriani, Fuad Fahmiy, Muhammad Muadhom, Ahmad Saefudin. (2024). Pentingnya Perpustakaan Digital Sebagai Sumber Belajar Di Era Society 5.0. Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan dan Informasi

Chatterjee, S., Rana, N. P., & Dwivedi, Y. K. (2020). Social Media as a Tool of Knowledge Sharing in Academia: An Empirical Study using Valance, Instrumentality and Expectancy (VIE) Approach. http://hdl.handle.net/10454/18027

Cummings, J. (2003). Knowledge Sharing: A Review of the Literature. The World Bank.

Gagné, M. (2009). A model of knowledge‐sharing motivation. Human Resource Management: Published in Cooperation with the School of Business Administration, The University of Michigan and in alliance with the Society of Human Resources Management, 48(4), 571-589.

Huysman, M. H., & De Wit, D. H. (2013). Knowledge sharing in practice (Vol. 4). Springer Science & Business Media.

Lewaherilla, N. C. (2021). Knowledge Management. Zahir Publishing.

Liliana, D. Y. (2021). Buku Literasi Informasi: Woman Against Disruptive Information on Covid-19 Pandemic in Indonesia. Cempluk Aksara.

Lin, W. B. (2008). The effect of knowledge sharing model. Expert systems with applications, 34(2), 1508-1521.

Maity, S., Sahni, J. S. S., & Mukherjee, A. (2015). Analysis and prediction of question topic popularity in community Q&A sites: a case study of Quora. In Proceedings of the International AAAI Conference on Web and Social Media (Vol. 9, No. 1, pp. 238-247).

Maya, L. (2020). Easy Quora Marketing for Entrepreneurs. Publisher s21598.

Ovadia, S. (2011). Quora. com: another place for users to ask questions. Behavioral & Social Sciences Librarian, 30(3), 176-180.

Pang, S., Bao, P., Hao, W., Kim, J., & Gu, W. (2020). Knowledge sharing platforms: An empirical study of the factors affecting continued use intention. Sustainability (Switzerland), 12(6). https://doi.org/10.3390/su12062341

Quora. (2022). About this App. Id.Quora.Com.

Saragih, M. G., Manulang, S. O., & Hutahaean, J. (2020). Marketing Era Digital. Andalan.

Sharma, L., Graesser, L., Nangia, N., & Evci, U. (2019). Natural Language Understanding with the Quora Question Pairs Dataset. https://www.kaggle.com/c/quora-question-pairs

Similarweb. (2023, May). Quora.com Traffic and Engagement Analysis.

Wang, S., & Noe, R. A. (2010). Knowledge sharing: A review and directions for future research. Human resource management review, 20(2), 115-131.

Xu, L., Xiang, J., Wang, Y., & Ni, F. (2019). Driven Approach for Quality Evaluation on Knowledge Sharing Platform. 2019 International Conference on Machine Learning and Cybernetics (ICMLC), 1–6.

Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan. Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um008v8i22024p259-277

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BIBLIOTIKA indexed by:

                                       


BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi
Prodi Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

Lisensi Creative Commons

BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
| Visitor Statistic