KONTEN AKUN MEDIA SOSIAL TWITTER PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS PERGURUAN TINGGI DI INDONESIA

M. Taufikurahman Akbar, Martutik Martutik, Moh. Safii

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan konten akun media sosial Twitter Perpustakaan Universitas Indonesia @UI_Library dan Perpustakaan Universitas Airlangga @Unairlibrary yang termasuk dalam katagori sifat konten, layanan perpustakaan, dan bentuk berita. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian analisis isi kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukan konten informasi, event, bimbingan pemakai, humas dan tulisan bergambar adalah konten dari masingmasing unit analisis yang jumlah komentar, retweet dan like lebih dominan diminati oleh pemustaka daripada konten ajakan, layanan referensi, sirkulasi, dan tulisan.

Full Text:

PDF

References


Almas, H. (2017). Manajemen Sistem Informasi Di Perpustakaan Smk Negeri 3 Malang. Bibliotika : Jurnal

Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 1(1), 91–100.

Damayanti, Eka Tyas. “Pemanfaatan Twitter Sebagai Media Information Sharing di Perpustakaan”.(Online)

journal.unair.ac.id. di Akses 11 Agustus 2017 pukul 11:32.

Nicholas David. (2009). Assessing Information needs in the age of the digital customer.

Pawit dan Yusup. (2009). Ilmu Informasi Komunikasi, dan Kepustakaan. Jakarta: Bumi Aksara.

Rakhmat, Jalaludin. (1993). Psikologi Komunikasi. Edisi Revisi. Bandung:Remadja Rosdakarya.

Wulandari, D. (2011). Mengembangkan Perpustakaan Sejalan dengan Kebutuhan Net Generation. Visi

Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um008v2i12018p041

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






BIBLIOTIKA indexed by:

                                       


BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi
Prodi Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

Lisensi Creative Commons

BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
| Visitor Statistic