LIBMODO: PLATFROM PENGEMBANGANKOMPETENSI BAGIPENGELOLA PERPUSTAKAAN

Hada Hidayat Margana, Dini Suhardini, Lisna Nurhalisma, Isma Anggini Saktiani

Abstract


Kegiatan pelatihan untuk pengelola perpustakaan merupakan hal yang dibutuhkan untuk dapat meningkatkan kompetensi dan menjadi seorang profesional. Di era yang semakin modern ini, program pelatihan dapat dilaksanakan dengan memanfaatkan teknologi informasi. Perpustakaan UPI mengembangkan sebuah platform pelatihan berbasis LMS moodle yang diberi nama LibModo. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui analisis sistem platform LibModo berdasarkan Desain Antar Muka, Penggunaan Sistem Informasi, Interaksi Manusia - Komputer, serta Kolaborasi dan Komunitas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif dengan analisis data persentase. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan platform LibModo sudah memenuhi aspek dalam analisis sistem sebagai platform pelatihan pengembangan kompetensi pengelola perpustakaan dengan analisis sistem yang menunjukan hasil yang sangat baik.

Keywords


Librarian Competency; Librarianship Training; LMS Moodle

Full Text:

PDF

References


Aldiab, A., Chowdhury, H., Kootsookos, A., Alam, F., & Allhibi, H. (2019). Utilization of Learning Management Systems (LMSs) in higher education system: A case review for Saudi Arabia. Energy Procedia, 160(2018), 731–737. https://doi.org/10.1016/j.egypro.2019.02.186

Hall, J.A. (2001). Sistem Informasi Akuntansi. Edisi 3. Salemba Empat.

Hermawan, K. (2008). Arti komunitas. Gramedia Pustaka Utama.

Imran, M. C., N, J., Sulviana, S., Indahyanti, R., Mursidin, M., & Nurjannah, S. (2022). Penguatan Pembelajaran Mahasiswa Melalui Pelatihan Learning Management System. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1508–1511. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.8030

Kurniawan, A. W., & Puspitaningtyas, Z. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif (1st ed.). Pandiva Buku.

Lai, E. R. (2011). Critical thinking: A literature review. Pearson's Research Reports, 6(1), 40-41.

Nidhom, A.M. (2019). Interaksi Manusia & Komputer. Ahlimedia Book

Noe, Raymond A. (2010). Manajemen sumber daya manusia : mencapai keunggulan bersaing. Ed. 6. Salemba Empat.

Nugroho, M. A. E. (2021). Peningkatan Kompetensi Peserta Pelatihan Jarak Jauh Teknis Keprotokolan Melalui Learning Management System (LMS) Balai Diklat Keagaman Surabaya Tahun 2020. DIALEKTIKA : Jurnal Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 6(1), 1–8. https://doi.org/10.36636/dialektika.v6i1.490

Rahadian, D., Rahayu, G., & Oktavia, R. R. (2019). Teknologi Pendidikan: Kajian Aplikasi Ruangguru Berdasarkan Prinsip dan Paradigma Interaksi Manusia dan Komputer. PETIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(1), 11-24.

Rizki, Muhammad Ditya. (2019, Mei). Apa itu UI dan UX.

Saehana, S., Ali, M., Darsikin, D., Nurgan, N., & Ratnaningtyas, D. I. (2021). Pelatihan Penggunaan Learning Management System (LMS) bagi Guru Sebagai Mitra Asistensi Mengajar Program MBKM Prodi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Tadulako. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4), 441. https://doi.org/10.20527/btjpm.v3i4.4333

Samsu. (2017). METODE PENELITIAN: (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development). PUSAKA.

Santosa S. (2009). Dinamika Kelompok. Bumi Aksara.

Saputra, A., & Kurniadi, D. (2019). Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi E-Campus Di Iain Bukittinggi Menggunakan Metode Eucs. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika dan Informatika), 7(3), 58-66.

Sari, D. P., Sukmawati, R. A., Harja, W., Purba, S., Rosyadi, I., & Merina, D. (2021). Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pelatihan Penggunaan Learning Management System (LMS) untuk Peningkatan Kompetensi Pengajar dalam Pengelolaan Kelas Online saat Pandemi Covid-19. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 205–210. http://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/btj/index

Supriyanto dan Muhsin. (2008). Teknologi informasi perpustakaan: strategi perancangan perpustakaan digital. Kanisius.

Utama, B. S. (2020). Perancangan Ulang User Interface Dan User Experience Pada Website Cosmic Clothes (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).

Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um008v8i12024p171-185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BIBLIOTIKA indexed by:

                                       


BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi
Prodi Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

Lisensi Creative Commons

BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
| Visitor Statistic