PERBANDINGAN ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOGUE (OPAC) PADA PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI DI SURABAYA

Zakkiya Farah Nadiya Santoso

Abstract


Latar Belakang: setiap perpustakaan perguruan tinggi memiliki katalog online (OPAC), namun terdapat perbedaan pada fitur dan performa. Tujuan: untuk menyajikan perbandingan fitur dan performa OPAC sebagai bahan evaluasi. Metode: wawancara, observasi, dan analisis komparatif pada 8 perpustakaan universitas yang ada di Surabaya berdasarkan standar IFLA (International Federation of Library Associations) dan uji performa menggunakan GTmetrix. Hasil: OPAC Perpustakaan UBAYA memiliki fitur yang paling lengkap dan OPAC Perpustakaan UPN Jawa Timur memiliki performa yang paling baik diantara yang lainnya. Rekomendasi: Diperlukan upaya peningkatan fitur dan performa pada OPAC.

Kata Kunci: OPAC, Perpustakaan Perguruan Tinggi, Perbandingan Sistem Informasi Perpustakaan


Keywords


OPAC; Perpustakaan Perguruan Tinggi; Perbandingan Sistem Informasi Perpustakaan

Full Text:

PDF

References


Aggasy, K. I., Maita, I. & Muttakin, F. (2023). Analysis Of User Satisfaction Level Towards Opac Service Quality Using E-Servqual Method. 10(1), 985–998.

Bidayasari, R. (2020). Ketersediaan OPAC sebagai Temu Kembali Informasi pada Taman Baca FISIP Universitas Syiah Kuala. Jurnal Adabiya, 20(2), 46. https://doi.org/10.22373/adabiya.v20i2.7473

Clarita, N. A. (2023). ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOG ( OPAC ) BERBASIS SLIMS AKASIA SEBAGAI SARANA TEMU KEMBALI INFORMASI DI UPT PERPUSTAKAAN UIN PALEMBANG Nadya Arianty Clarita. 02, 172–182.

Dalimunthe, N., Purwanti, D. & Adawiyah, A. (2020). Analisa Kualitas Layanan Sistem Informasi OPAC Terhadap Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Metode Libqual ( Studi Kasus : Perpustakaan UIN SUSKA Riau ). 6(2), 117–123.

Islam, U., Mahmud, N., Batusangkar, Y., Islam, U., Mahmud, N., Batusangkar, Y. & Informasi, T. B. (n.d.). ANALISIS PEMANFAATAN ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOG ( OPAC ) SEBAGAI ALAT TEMU BALIK INFORMASI BAGI PEMUSTAKA DI PERPUSTAKAAN UMUM KOTA BUKITTINGGI ANALYSIS OF THE UTILIZATION OF THE ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOG ( OPAC ) AS A TOOL FOR INFORMATION RETRIEVAL . 1(2), 63–84.

Monisa, M. (n.d.). PERSEPSI KEMUDAHAN DAN KEGUNAAN OPAC PERPUSTAKAAN UNAIR (Study Deskriptif Menilai Persepsi Kemudahan dan Persepsi Kegunaan OPAC Oleh Pengguna di Perpustakaan Universitas Airlangga) MARTINA MONISA 1.

Nafisah, S. (2022). Analisis Kinerja Logika Boolean untuk Pencarian Informasi pada Online Public Access Catalog ( OPAC ) Perpustakaan. 19(1), 48–66.

Nugroho, A. A. & Isnainy, N. A. (2022). Penggunaan Aplikasi OPAC untuk Meningkatkan Kualitas Manajemen Pelayanan Perpustakaan. JoIEM (Journal of Islamic Education Management), 1(1), 33–53. https://doi.org/10.30762/joiem.v1i1.92

Perpustakaan, D. I. & Metro, I. (2021). DALAM PENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN DI PERPUSTAKAAN IAIN METRO Dessy Puspitha *. XII, 248–264.

Prabowo, T. T. (2017). Perbandingan OPAC Perpustakaan Universitas Indonesia dan National Perbandingan OPAC Perpustakaan Universitas Indonesia dan National University of Singapore Library. October.

Prayoga, W. D., Bakri, M. & Rahmanto, Y. (2020). APLIKASI PERPUSTAKAAN BERBASIS OPAC ( ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOG ) DI SMK N 1 TALANGPADANG. 1(2), 183–191.

Putri, R. T. & Huda, N. (2021). Analisis Kepuasan Pengguna Online Public Access Catalog ( OPAC ) di Perpustakaan Universitas Ida Bajumi Wahab ( IBA ) Palembang Dengan Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction ( EUCS ). 2(2), 92–95.

Putu, N., Widyani, K., Oka, A. A. K. & Piarsa, I. N. (2021). Pengujian Performa Sistem Informasi Perpustakaan Online pada Universitas Hindu Indonesia ( Astakali UNHI ) Menggunakan Tools GTmetrix. 2(3), 1–7.

Ridlo, M. R., Gunawan, A., Nasution, L. H. & Ritonga, A. R. (2023). DALAM PENGGUNAAN OPAC. 17(April), 580–601.

Sa’diyah, L. & Adli, M. F. (2019). Perpustakaan Di Era Teknologi Informasi. Al Maktabah : Jurnal Kajian Ilmu Dan Perpustakaan, 4(2), 1–8. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/almaktabah/article/view/2520

Saufa, A. F. (2017). Evaluasi Sistem Temu Kembali Informasi OPAC Perpustakaan Universitas Muhamadiyyah Surakarta (UMS). Jurnal Perpustakaan. Informasi , Dan Kearsipan, 5(2), 140–151.

Studi, P., Informasi, S., Sains, F. & Riau, U. I. N. S. (2018). ANALISIS KUALITAS LAYANAN OPAC TERHADAP KEPUASAN. 4(1), 67–72.

Studi, P., Perpustakaan, I., Islam, U., Raden, N. & Palembang, F. (2019). SISTEM SIMPAN TEMU KEMBALI INFORMASI DI PERPUSTAKAAN MUHAMMADIAH DAN GRAMEDIA ATMO PALEMBANG Nabila Ainun Nazifah. 1(2).

Tech, J. I. (2020). PENGEMBANGAN APLIKASI ONLINE PUBLIC ACCESS CATALOG ( OPAC ) PERPUSTAKAAN BERBASIS MOBILE PADA. 4(2), 11–25.

Technology, I. & Science, C. (2020). No Title. 3, 346–353.

Trivedi, D. (2020). Assessment of e-service quality performance of university libraries. https://doi.org/10.1108/DLP-07-2020-0072

Unugha, G. & Menggunakan, C. (n.d.). Analisis kualitas layanan online public access catalog (opac) terhadap kepuasan pengguna di universitas nahdlatul ulama al ghazali (unugha) cilacap menggunakan metode e-servqual. 1(1), 1–7.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um008v8i12024p117-151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BIBLIOTIKA indexed by:

                                       


BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi
Prodi Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

Lisensi Creative Commons

BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
| Visitor Statistic