EVALUASI PERILAKU LAYANAN REFERENSI DAN INFORMASI DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM MALANG DENGAN MENGGUNAKAN PEDOMAN RUSA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi perilaku penyedia layanan referensi dan informasi degan menggunakan RUSA di perpustakaan Universitas Islam Malang. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, dengan cara melakukan observasi dan wawancara kepada dua pustakawan di layanan referensi dan dua pemustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pustakawan di perpustakaan Universitas Islam Malang telah mengimplentasikan pedoman kinerja perilaku penyedia layanan referensi dan informasi oleh RUSA.
The aim of this research is to evaluate the behavior of reference and information service providers using RUSA in the Universitas Islam Malang library. The research method in this study is a qualitative by conducting observations and interviews with two librarians in reference services and two users. The results of the research show that librarians at the Universitas Islam Malang library have implemented RUSA's behavioral performance guidelines for reference and information service providers.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A`yunin, N. A. Q. (2017). Biblioterapi : Alternatif Layanan Referensi Di Perpustakaan Rumah Sakit. Al-Kuttab: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 4, 33–48.
Ameen, K. (2020). Graduate researchers’ perceptions and expectations: An exploratory study about reference and information services. Reference Services Review, 48(2), 227–242. https://doi.org/10.1108/RSR-02-2019-0009
Ardyawin, I. (2017). Kompetensi Arsiparis. Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 2(1), 33–45.
Creswell, J. W. (2017). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Pustaka Belajar.
Fadjria, A. N., & Nelisa, M. (2017). Evaluasi Layanan Referensi di Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 6(1), 8–18.
Halimah, M. N., & Arfa, M. (2019). Preservasi Pengetahuan Pustakawan Naskah di Reksa Pustaka Mangkunegaran Surakarta. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 8(4), 127–139. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/26865
Irawati, I. (2020). Praktik signifikasi atas transformasi pelayanan referensi di Perpustakaan Universitas Indonesia. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 8(2), 207. https://doi.org/10.24198/jkip.v8i2.26723
Kurniawan, T., Suyitno, I., & Fawzi, A. (2020). Peningkatan Layanan Perpustakaan Sekolah Menengah Atas Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 4(2), 238–245. http://journal2.um.ac.id/index.php/bibliotika
Leksono, S. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. Radjawali Grafindo.
Manaf, S. (2020). Peran Pustakawan dalam Perkembangan Perguruan Tinggi. Ri’ayah, 5(1), 42–51.
Meilita, W. (2020). Pemanfaatan Website Dan Media Sosial Perpustakaan. Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, Dan Kearsipan Universitas Indonesia, 22(1), 37–47. http://jipk.ui.ac.id/index.php/jipk/article/view/165/41
Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. (Revisis). PT. Remaja Rosdakarya.
Nazar, M. A. (2022). Peran Pustakawan Sman 1 Cianjur Sebagai Pengelola Layanan Informasi Dalam Meningkatkan Minat Membaca (Literasi) Pada Siswa Sman 1 Cianjur Di Masa Pandemi. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 6(2), 191. https://doi.org/10.17977/um008v6i22022p191-203
Nurazizah. (2008). Usaha Pustakawan Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Pengguna Di Perpustakaan FIB UI. Universitas Indonesia.
Nurislaminingsih, R., Rachmawati, T. S., & Winoto, Y. (2020). Pustakawan Referensi Sebagai Knowledge Worker. Anuva, 4(2), 169–182. https://doi.org/10.14710/anuva.4.2.169-182
Nwokike, O. A., & Unegbu, V. E. (2019). Evaluating The Job Performance of Librarians in Universities in South-East, Nigeria. Library Philosophy and Practice, 2019(May).
Oktavia, A. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Meningkatkan Layanan Referensi Di Perpustakaan Perguruan Tinggi. Shaut Al-Maktabah : Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi, 11(2), 111–123. https://doi.org/10.37108/shaut.v11i2.223
Prasetyawan, Y. Y. (2018). Menyoal Pentingnya Layanan Informasi dan Referensi di Perguruan Tinggi Indonesia. Anuva, 2(4), 393–398.
Putra, I. P., & Irawati, I. (2018). Layanan referensi sebagai representasi perpustakaan perguruan tinggi. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 6(1), 77. https://doi.org/10.24198/jkip.v6i1.13464
Rafi, M., Bana, A., & Safii, M. (2023). Al-M a ’ mun : Jurnal Kajian Kepustakawanan dan Informasi Behavioral Performance of Reference and Information Service Providers pada Live Chat Perpustakaan Universitas Negeri Malang. 4(2), 109–128.
Rahardjo, A. I. (2015). Layanan Referensi Di Perpustakaan. Al-Kuttab : Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 2(1), 139–153.
Rahmawati, N. A., Amri, N. A., & Suparni, E. (2019). Peran Pustakawan dalam Menciptakan Atmosfer Riset Akademik di Perguruan Tinggi. Strategi Kolaboratif Untuk SDM Unggul Di Era Industri 4.0, 94–97.
Rodin, R. (2018). Kinerja pustakawan perpustakaan perguruan tinggi islam di Provinsi Bengkulu. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan, 6(2), 151–168. https://doi.org/10.24198/jkip.v6i2.18429
Satriani, Iskandar, Ahmad, L. O. I., & Haruddin. (2021). Peran Pustakawan UPT Perpustakaan dalam Mendukung Iklim Riset di Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Literatify: Trends in Library Developments, 2(2), 97–106.
Shachaf, P., & Horowitz, S. M. (2008). Virtual reference service evaluation: Adherence to RUSA behavioral guidelines and IFLA digital reference guidelines. Library and Information Science Research, 30(2), 122–137. https://doi.org/10.1016/j.lisr.2007.12.002
Sugiyono. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Erlangga.
Utami, N. P. P. (2019). Perilaku Knowledge Sharing Antar Staf Pustakawan : Suatu Kajian melalui Pendekatan Learning Audit Model Pada Perpustakaan Universitas Pendidikan Ganesha. Media Pustakawan, Vol 26(No 3), 184–198.
Veronica, A. (2019). Social Control di Perpustakaan Perguruan Tinggi. Bibliotika : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 3(2), 153–160. http://journal2.um.ac.id/index.php/bibliotika/article/view/11598
Wahyuni, S., & Safri, T. M. (2022). Analisis Kinerja Pustakawan dalam Memberikan Jasa Layanan Informasi di Perpustakaan UIN Mahmud Yunus Batusangkar. Pustabiblia: Journal of Library and Information Science, 6(2), 221–231. https://doi.org/10.18326/pustabiblia.v6i2.221-231
Wahyuningsih, P. (2019). Hubungan Kinerja Pustakawan dengan Kepuasan Pengguna Studi Kasus pada Perpustakaan SMK Negeri 1 Ngablak. UNILIB : Jurnal Perpustakaan, 10(2), 105–109. https://doi.org/10.20885/unilib.vol10.iss2.art7
Wong, M. A., & Saunders, L. (2020). Reference and Information Services: an introduction (L. C. Smith (ed.)). Libraries Unlimited.
Wulandari, E. R., & Muchtarom, A. (2022). Inovasi Layanan Administrasi Perpustakaan Dan Layanan Referensi Online Di Masa Pandemi Covid-19. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 9(1), 79–102. https://doi.org/10.21043/libraria.v9i1.10393
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um008v8i12024p186-202
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
BIBLIOTIKA indexed by:














BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi
Prodi Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
| Visitor Statistic