ANALISIS KONTEN KEPUSTAKAWANAN PADA MEDIA TIKTOK

Wily Sartika, Abdi Mubarak Syam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konten kepustakawanan yang dibuat dan dibagikan oleh para kreator TikTok yang terpilih dari tagar #ilmuperpustakaan, apakah terdapat pola atau tren dalam konten-konten yang dibuat oleh para kreator dalam konten kepustakawanan dan konten seperti apa yang menarik, paling disukai oleh pengguna TikTok dalam mencari referensi ilmu perpustakaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis isi (Content Analysis) dengan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian, peneliti menemukan empat konten kreator  yang sering  membuat konten terkait ilmu perpustakaan. Terdapat dua  Jenis tema konten yang sering dibuat dan diunggah yaitu prospek kerja lulusan ilmu perpustakaan dan pengolahan koleksi perpustakaan

Keywords


Librarianship; TikTok; Content Analysis

Full Text:

PDF

References


Andrianti, T., Batubara, A. K., & Syam, A. M. (2024). STRATEGI KEMAS ULANG INFORMASI MELALUI MEDIA TIKTOK PADA AKUN@ gabriellagata_. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 3(3), 21-30.

Devi, A. A. (2022). Jurnal EPISTEMA. 3(1), 10–17.

Febriana, A. (2021). Pemanfaatan Tik-Tok Sebagai Media Dakwah; Studi Kasus Ustad Syam, Di Akun @syam_elmarusy. Komunida: Media Komunikasi Dan Dakwah, 11(02), 180–194. https://doi.org/10.35905/komunida.v7i2.http

Feroza, C. S., & Misnawati, D. (2021). Penggunaan Media Sosial Instagram Pada Akun @Yhoophii_Official Sebagai Media Komunikasi Dengan Pelanggan. Jurnal Inovasi, 15(1), 54–61. https://doi.org/10.33557/ji.v15i1.2204

Hartinah, S. (2007). Metode Penelitian Perpustakaan. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 49(Maret 2007), 12–16.

Indrawan, J., Efriza, & Ilmar, A. (2020). Kehadiran Media Baru (New Media) Dalam Proses Komunikasi Politik. Medium, 8(1), 1–17. https://doi.org/10.25299/medium.2020.vol8(1).4820

Priantiwi, T. N., & Abdurrahman, M. (2023). Analisis Konten Pembelajaran Bahasa Arab Pada Media Tiktok. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1365–1371. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i3.1502

Putri, R., & Sulistyanto, A. (2020). Analisis Isi Konten Edukasi Funfact Pada Akun Tiktok @Buiramira. Jurnal Ilmu Komunikasi Media Sosial, 4(1), 48–64.

Rizaty, M. A. (2023). PENGGUNA INTERNET DI INDONESIA SENTUH 212 JUTA PADFA 2023.

Sumarno. (2020). Content Analysis, Language Learning and Literature Research. Jurnal Elsa, 18(2), 38.

Suhendar, A., Syam, A. M., & Ritonga, A. R. (2023). Efektivitas Instagram Sebagai Ruang Motivasi Hijrah Mahasiswa IAIN Lhokseumawe. KomunikA, 19(02), 12-20.

Perpustakaan, U. (2007). UNDANG UNDANG RI NOMOR 43 TAHUN 2007 TENTANG PERPUSTAKAAN. Journal of Experimental Psychology: General, 136(1), 23–42.

Ardiansyah, 2023. Optimalisasi Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi UPT Perpustakaan Istitut Agama Islam Negeri Madura. Tibandaru: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi , Vol. 7, No 1, hlmn 15-23

Fadila annisa dewanti. 2021. Kajian variasi konten tiktok brentwoodn public libraray (@Brenlibrary) sebagai media promosi perpustakaan. Jurnal ilmu perpustakaan, vol. 10. Nio. 1 , hlmn 52-66

Agisna, M., & Mahadian, A. B. (2022). Analisis Humor Dalam Konten Tiktok@ fadlanholao. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 19-30.

Asri, R. (2020). Membaca film sebagai sebuah teks: analisis isi film “nanti kita cerita tentang hari ini (nkcthi).” Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 1(2), 74–86.

Mulyani and Sartika, D. 2019. Analysis of Students’ Proficiency on English Pronunciation Using Youtube-Based Video Media. Getsempena English Education Journal (GEEJ). Vol. 6 No.2 November 2019.

Nofrika, Inda. 2019. EFL Students’ Voices: The Role of Youtube in Developing English Competencies. Journal of Foreign Teaching & Learning. Vol. 4, No. 1, 2019. journal.umy.ac.id/index.php/FTL/issue/view/57

Muasbin, F,. (2020). Persepsi Mahasiswan Tentang Daya Tarik Jurusan Ilmu Perpustakaan : Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan Fah Uin Alaudin Makassar. Jurnal JUPITER, Vol XVII, No. 1, hlmn 61-72.

Annur, C. M. (2024). Ini Media Sosial Paling Banyak Digunakan di Indonesia Awal 2024. Retrieved from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/03/01/ini-media-sosial-paling-banyak-digunakan-di-indonesia-awal-2024#:~:text=Secara%20keseluruhan%2C%20We%20Are%20Social,9%25%20dari%20total%20populasi%20nasional.

Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65-71.

Firamadhina, F. I. R., & Krisnani, H. (2020). Perilaku generasi Z terhadap penggunaan media sosial TikTok: TikTok sebagai media edukasi dan aktivisme. Share: Social Work Journal, 10(2), 199-208.

Bulele, Y. N. (2020, November). Analisis fenomena sosial media dan kaum milenial: studi kasus tiktok. In Conference on Business, Social Sciences and InnovationTechnology (Vol. 1, No. 1, pp. 565-572).

Siahaan, C., Laia, A. P., & Adrian, D. (2022). Studi Literatur: Media Sosial “Tiktok” Dan Pembentukan Karakter Remaja. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(4), 4939- 4950.

Mulyani, Y. S., Wibisono, T., & Hikmah, A. B. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Untuk Pemasaran Bisnis Digital Sebagai Media Promosi. Jurnal Ilmiah Hospitality, 11(1), 291-296.

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140–157.

Dewi, M. I., & Hasanudin, C. (2022, July). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Untuk Meningkatkan Minat Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa SMA. InProsiding Seminar Nasional Daring: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), pp. 55-63.

Yang, Y. (2023). Reasons for Teenagers’ Habitual Use of Social Media: A Case Study of TikTok. SHS Web of Conferences, 155, 02006.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um008v8i12024p203-219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BIBLIOTIKA indexed by:

                                       


BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi
Prodi Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

Lisensi Creative Commons

BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
| Visitor Statistic