PENGELOLAAN KOLEKSI DISABILITAS DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN ARSIP DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Mega Adjie Wikhda, Maydani Nur Majidah, Ajrun 'Azhim Al As'hal, Firullah Quthbi Habibin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dari tahapan pengolaan koleksi disabilitas yang ada di Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Daerah Istmewah Yogyakarta (DIY) itu sendiri. Pada penelitian ini menggunakan sebuah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Serta dengan subjek penelitian ini ialah pustakawan Ahli Madya serta pustakawan yang memiliki tanggung jawan pada layanan braille , Untuk objek dari penelitian sendiri ialah DPAD DIY. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari observasi, wawancara dan dokumentasi terdapat tiga temuan dalam pengolaan koleksi disabilitas di DPAD DIY yaitu pembelian, hibah, dan resource sharing.

This research is based on the author's curiosity about how the stages of developing a disability collection in the Regional Library and Archives Service (DPAD) of the Istmewa Yogyakarta Region (DIY) itself. This research uses descriptive methods with a qualitative approach. As well as with the subject of this research is the Associate Expert librarian and librarian who has responsibility for the braille service, for the object of the research itself is the Regional Library and Archives Service (DPAD) of the Yogyakarta Istmewah Region (DIY). The data collection techniques use interviews, observation, and documentation. The results of observations, interviews and documentation are three things in developing disability collections at DPAD DIY, namely purchases, grants, and resource sharing.

Keywords


Koleksi buku, Disabilitas, Pengelolaan

Full Text:

PDF

References


Achmad, Q. N. (2021). Kebijakan Pengembangan Koleksi Perpustakaan: Formulasi, Implementasi Hingga Evaluasi. Shaut Al-Maktabah : Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi, 13(2), 101–113. https://doi.org/10.37108/shaut.v13i2.492

Ardyawin, I. (2020). Urgensi Pengembangan Koleksi Sebagai Upaya Menyediakan Koleksi yang Berkualitas di Perpustakaan. Jurnal Adabiya, 20(1), 86. https://doi.org/10.22373/adabiya.v20i1.6779

Dila, B. A. (2019). Problematika Kebijakan Dalam Mengembangkan Koleksi Di Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jurnal Pustaka Ilmiah, 5(1), 833. https://doi.org/10.20961/jpi.v5i1.33996

Dzunurain, M. K., & Wasisto, J. (2022). Pemanfaatan Koleksi Buku Braille Sebagai Sumber Informasi Siswa Penyandang Tunanetra di Sekolah Luar Biasa Bagian A Negeri Semarang. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 6(1), 57–68. https://doi.org/10.14710/anuva.6.1.57-68

Mafar, F. (2020). Best Practice Penyediaan Akses Koleksi E-Book Di Perpustakaan Iain Jember. Jurnal Pustaka Budaya, 7(1), 41–46. https://doi.org/10.31849/pb.v7i1.3434

Grataridarga, N. (2018). Proses Akuisisi Koleksi Buku Di Perpustakaan Bank Indonesia. Jurnal Administrasi Bisnis Terapan, 1(1). https://doi.org/10.7454/jabt.v1i1.24

Hartono, A., Sriyono, A., Suprihadi, A., & Ip, S. (2019). Diterbitkan Oleh UPT Perpustakaan UNS Redaksi Jurnal Pustaka Ilmiah Alamat: Jl. Ir. Sutami 36A Kentingan, Surakarta 57126. 5.

Husna, J. (2020). Kontribusi Perpustakaan dalam Mendorong Ratifikasi Traktat Marrakesh Penyandang Disabilitas Netra di Indonesia. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 4(1), 71–79. https://doi.org/10.14710/anuva.4.1.71-79

Masriyatun, Perwitosari, H., & Demartoto, A. (2021). Kebijakan Pengelolaan Sumber Daya Informasi Perpustakaan. Jurnal Gema Pustakawan, 9(2), 149–155.

Khairunnisa, T. (2024). Ruang Braille Sebagai Penyedia Koleksi Bagi Pemustaka Tunanetra dalam Mencari Infromasi di Perpustakaan Grhatama Pustaka Yogyakarta. JIMR: Journal of International Multidisciplinary Research, 3(01), 1–9.

Murnahayati. (2018). Pengadaan Bahan Pustaka pada Perpustakaan Fakultas Syariah UIN Imam Bonjol Padang. Jurnal Imam Bonjol : Kajian Ilmu Informasi Dan Perpustakaan, 2(1), 56–65.

Nurfadlilawati, I., Fauzan, M. R., Azizah, A. N., & Fatihah, T. (2020). Fasilitas Bagi Pemustaka Disabilitas Di Perpustakaan Universitas Pendidikan Indonesia. Researchgate.Net, May. https://www.researchgate.net/profile/Muhammad_Fauzan49/publication/341679389_FASILITAS_BAGI_PEMUSTAKA_DISABILITAS_DI_PERPUSTAKAAN_UNIVERSITAS_PENDIDIKAN_INDONESIA/links/5ed37728299bf1c67d2cc43b/FASILITAS-BAGI-PEMUSTAKA-DISABILITAS-DI-PERPUSTAKAAN-UNIVERSI

Rahmawati, I., & Prabowo, T. T. (2019). Evaluasi Layanan Difabel Tunanetra di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman. Media Pustakawan, 26(4), 321–328.

Prasetyawan, A., Inawati, I., & Setiawan, S. (2022). Peran Pustakawan Dalam Implementasi Layanan Berbasis Inklusi Sosial. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 6(2), 248. https://doi.org/10.17977/um008v6i22022p248-258

Putri, I. M. (2018). Universitas Brawijaya Fakultas Ilmu Administrasi Jurusan Administrasi Publik Prodi Ilmu Perpustakaan Malang 2018.

Rosyid, M. (2020). Urgensi Pembentukan Komisi Nasional Disabilitas Dalam Pengawasan Fasilitas Perpustakaan Bagi Difabel. Pustakaloka, 12(1), 50–71. https://doi.org/10.21154/pustakaloka.v12i1.1979

Sari, K. P., Zulaikha, S. R., & Mubarokah, A. (2023). Alur tahapan pengembangan koleksi di Perpustakaan SMAN 1 Bengkulu Tengah. JIPER :Jiurnal Ilmu Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Mataram, 5(2), 187–202. https://journal.ummat.ac.id/index.php/JIPER/article/view/16904

Sari, R. Y., & Masruri, A. (2020). Tahapan Pengembangan Koleksi Disabilitas Di Perpustakaan Perguruan Tinggi (Studi Kasus Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Jurnal Pustaka Ilmiah, 6(2), 1045. https://doi.org/10.20961/jpi.v6i2.44674

Setianingsih, P. R., & Labibah. (2023). Metode Akuisisi dalam Pengembangan Bahan Pustaka di Perpustakaan. Al-Kuttab: Jurnal Kajian Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 5(1), 1–10.

Sinaga, N. S., Nurhayani, & Yasmin, N. (2024). Upaya Pustakawan Dalam Meningkatkan Keterpakaian Koleksi Braille Di Dinas Perpustakaan Dan Arsip Provinsi Sumatera Utara. JPBB: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Budaya, 3(2). https://doi.org/10.55606/jpbb.v3i2.3090

Subrata, G. (2015). Pengadaan Bahan Pustaka Untuk Perpustakaan Sekolah

Indriyani, M., Safri,T. M., & Fajrani, S. (2024). Kajian Kompetensi Pustakawan Terhadap Aksesibilitas Penyandang Disabilitas di Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jurnal Adabiya, 26(1), 42. https://doi.org/10.22373/adabiya.v26i1.19655

Wahyuni, W. (2020). Transformasi Layanan Disabilitas pada Perpustakaan Perguruan Tinggi di Era 4.0. JPUA: Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga: Media Informasi Dan Komunikasi Kepustakawanan, 9(2), 87. https://doi.org/10.20473/jpua.v9i2.2019.87-91

Yuniar, S. R., Margana, H. H., & Hadiapurwa, A. (2021). Pengembangan Koleksi Perpustakaan di Telkom University Open Library. Jurnal Pustaka Ilmiah, 7(1), 36. https://doi.org/10.20961/jpi.v7i1.47651

Zevira, M. (2024). Problematika Mewujudkan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Di Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Sungai Penuh. JCS: Journal Comprehensive Science, 3(3).




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um008v8i22024p437-450

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BIBLIOTIKA indexed by:

                                       


BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi
Prodi Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

Lisensi Creative Commons

BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
| Visitor Statistic