KEMAS ULANG INFORMASI BUKU “21 Lesson” DAN ZODIAK MAHASISWA S1 GEOGRAFI UM

Andhyra Nur Azizah, Sinta Surya Ningrum, Farhatul Maulida Azizah, Abd Latif Abdul Rahman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengemas ulang informasi dari buku "21 Lessons for the 21st Century" karya Yuval Noah Harari dan informasi zodiak guna mendukung terciptanya pembelajar sepanjang hayat bagi mahasiswa S1 Geografi Universitas Negeri Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan R&D (Research and Development). Data dikumpulkan melalui wawancara dengan mahasiswa sebagai informan dan dianalisis menggunakan teori Information Analysis Consolidation Repackaging (IACR). Tujuannya untuk memberikan informasi yang dibutuhkan dengan menggunakan bentuk informasi yang berbeda serta membantu mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa repackaging informasi meningkatkan pemahaman dan keterlibatan mahasiswa terhadap konten yang disajikan. Peneliti melakukan perubahan pada produk berdasarkan saran dan kritik dari informan, seperti menyusun informasi lebih runtut dan menambahkan informasi tambahan agar produk dapat dimanfaatkan secara optimal. Penelitian ini signifikan dalam menyediakan sumber informasi yang mudah dipahami dan relevan bagi mahasiswa, mendukung kebutuhan informasi yang esensial dalam era teknologi informasi, Perubahan dan evaluasi yang dilakukan berdasarkan masukan dari informan membantu menciptakan produk informasi yang lebih menarik dan efektif, sehingga dapat dimanfaatkan dengan lebih baik oleh mahasiswa.

This research aims to repackage information from the book "21 Lessons for the 21st Century" by Yuval Noah Harari and zodiac information to support the creation of lifelong learners for undergraduate Geography students at the State University of Malang. The research method used is the R&D (Research and Development) approach. Data was collected through interviews with students as informants and analyzed using the Information Analysis Consolidation Repackaging (IACR) theory. The aim is to provide the information needed using different forms of information and help students solve the problems they face. The research results show that repackaging information increases students' understanding and involvement in the content presented. Researchers made changes to the product based on suggestions and criticism from informants, such as compiling more coherent information and adding additional information so that the product could be utilized optimally. This research is significant in providing information sources that are easy to understand and relevant for students, supports essential information needs in the information technology era. Changes and evaluations made based on input from informants help create more interesting and effective information products, so that they can be utilized better by students.

Keywords


Information Repackaging, Students, Books, Zodiac

Full Text:

PDF

References


Afandi. (2020). Pentingnya keterampilan argumentasi di era ledakan informasi digital. August.

Annur, C. M. (2023a). Pengguna TikTok di Indonesia Terbanyak Kedua di Dunia. April, 9–10.

Annur, C. M. (2023b). Persentase Pengguna Platform Media Sosial di Indonesia (2020-2022). 2021–2022.

Aypa, D., Zega, B., & Safii, M. (2022). Perilaku informasi content creator jejaring sosial berbasis video. 43(2), 125–137. https://doi.org/10.14203/j.baca.v43i2.886

Bahrudin, M. (2016). Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan.

Bakar, R. M., Usmar, A. P. M., & Makassar, U. N. (2022). Growth Mindset dalam Meningkatkan Mental Health bagi Generasi Zoomer. 2(2), 122–128.

Center, A. R. (2020). Indonesia Gen Z And Millenial Report.

Chatterjee, A. (2017). Information Consolidation. 217–242. https://doi.org/10.1016/B978-0-08- 102025-8.00015-6

Christiani, L. (2021). Penelusuran, Identifikasi, Dan Evaluasi Sumber Informasi Digital Bagi Siswa Sekolah Menengah Atas. 5, 95–100.

Dewi, A. N., & Istiqomah, Z. (2019). Perilaku Informasi Remaja dalam Memanfaatkan Facebook. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan Dan Informasi, 3(1), 15–31. https://doi.org/10.17977/um008v3i12019p015

Dian Novita Fitriani, M. H. (2020). Kemas Ulang Informasi.

Hamdan, H. (2018). Industri 4.0: Pengaruh Revolusi Industri Pada Kewirausahaan Demi Kemandirian Ekonomi. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 3(2), 1. https://doi.org/10.29407/nusamba.v3i2.12142

Hidayati, S. (2021). Pengaruh Penguasaan Microsoft 365 melalui Diseminasi dan Pelatihan Bahan Ajar terhadap Kompetensi Profesional Guru Sekolah Dasar di Gugus Pamuji Korwilcam Dindik Karanglewas. 9–47.

Isyawati, R., & Ganggi, P. (2017). Pendidikan pemakai di perpustakaan sebagai upaya pembentukan pemustaka yang literasi informasi.

Kristyanto, D., Wijaya, U., & Surabaya, K. (2020). Mengembangkan strategi promosi produk informasi perpustakaan berbasis visual content. November.

Lexmana, M. N. I., Dewi, A. N., & Andajani, K. (2022). Perilaku Informasi Penyandang Disabilitas Tuna Netra di UPT Rehabilitasi Sosial Bina Netra (RSBN) Malang. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 8(1), 37–50. https://doi.org/10.14710/lenpust.v8i1.42232

Naufal, H. A. (2021). Literasi digital. 195–202.

Pratama, A. D. A. (2021). Perilaku Pencarian Informasi Model Ellis Malang.

(1), 1–15.

Ratna Hidayah. (2017). Critical Thinking Skill: Konsep Dan Inidikator Penilaian. 01(02).

Santoso, J. (2021). Kemas Ulang Informasi Koleksi Perpustakaan sebagai Upaya Pemenuhan Kebutuhan Informasi para Pemustaka. 1(2), 67–72.

Sari, E. N., Hermayanti, A., & Rachman, N. D. (2021). Peran Literasi Digital Dalam Menangkal Hoax Di Masa Pandemi ( Literature Review ). 13(3), 225–241.

Sri Sumarmi. (2019). Model Penelitian Dan Pengembangan (R&D) Lima Tahap (Mantap) Universitas Islam Negeri. 1–33.

Sumartono, K. (2015). Pola Perilaku Penemuan Informasi (Information Seeking Behaviour) Mengenai Politik Kampus Di Kalangan Anggota Organisasi Mahasiswa Ekstra Kampus Di Universitas Airlangga. 1–17.

Wardhana, A. (2024). Perilaku Konsumen di Era Digital (P. Mahir Pradana (ed.); Pertama). EUREKA MEDIA AKSARA.

Wulan. P. J Kaunang. (2023). Melakukan Diseminasi Informasi Kesehatan Masyarakat.

Yunus Winoto. (2016). The Application of Source Credibility Theory in Studies about Library Services. 5(2), 1–14.

Jazimah, H. (2015). Implementasi Manajemen Diri Mahasiswa dalam Pendidikan Islam. MUDARRISA: Journal of Islamic Education, 6(2), 221. https://doi.org/10.18326/mdr.v6i2.765

Kusprayogi, Y., & Fuad, N. (2016). Kerendahan Hatia Dan Pemafaan Pada Mahasiswa.

Psikohumaniora:Jurnal Penelitian Psikologi, 1(1), 12–29.

Marsela, R. D., & Supriatna, M. (2019). Kontrol Diri : Definisi dan Faktor. 3, 65–69.

Nabila, A. (2020). Self Compassion: Regulasi Diri untuk Bangkit dari Kegagalan dalam Menghadapi Fase Quarter Life Crisis Self Compassion: Self Regulation to Deal with Quarter-Life Crisis. Jurnal Psikologi Islam, 7(1), 2549–9297. https://doi.org/10.47399/jpi.v7i1.96

Nelwan, V., Kasingku, J. D., & Warouw, W. N. (2024). Pengaruh Insecure terhadap Kesadaran Akan Kualitas Diri dalam Memimpin : Pengaruh Insecure terhadap Kesadaran Akan Kualitas Diri dalam Memimpin : Persepektif Pendidikan. June 2023.

Tupan, T., & Nashihuddin, W. (2016). Kemas Ulang Informasi Untuk Pemenuhan Kebutuhan Informasi Usaha Kecil Menengah: Tinjauan Analisis Di Pdii-Lipi. Baca: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 36(2), 109. https://doi.org/10.14203/j.baca.v36i2.206

Hanifa, S., & Lestari, T. (2021). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perkembangan Emosional Anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 1429–1433.

Pattah Husaebah, S. (2014). Literasi Informasi: Peningkatan Kompetensi Informasi Dalam Proses Pembelajaran. Khizanah Al-Hikmah, 2(1), 117–128. https://doi.org/10.1210/endo-104-1-101

Restianty, A. (2018). Literasi Digital, Sebuah Tantangan Baru Dalam Literasi Media. Gunahumas, 1(1), 72–87. https://doi.org/10.17509/ghm.v1i1.28380

Sihombing, S., Nahaban, R., Togattorop, B., & Pasaribu, A. (2023). Peranan Pendampingan Konseling Kristen Dalam Meningkatkan Percaya Diri Siswa Kelas X Smk Nahason Sipoholon. Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 11957–11970.

Sohibun, S., & Ade, F. Y. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Class Berbantuan Google Drive. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 121. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.2177




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um008v8i22024p295-333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

BIBLIOTIKA indexed by:

                                       


BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi
Prodi Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

Lisensi Creative Commons

BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
| Visitor Statistic