Penggunaan Aplikasi Turnitin Sebagai Sarana Cek Plagiarisme dalam Layanan Perpustakaan Universitas Ukrida
Abstract
Dengan banyaknya kasus plagiarisme yang terjadi dalam kalangan akademis, terutama kalangan mahasiswa, membuat perpustakaan UKRIDA ingin memberikan layanan untuk membantu mahasiswa mengidentifikasi kesalahan apa saja yang terjadi dalam penulisan karya tulis masing-masing dengan menerapkan aplikasi Turnitin sebagai media pemeriksaan plagiarisme. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan bagaimana UKRIDA memberikan layanan cek plagiarisme via turnitin terhadap karya tulis mahasiswa lingkungan kampus tersebut. Dalam hasil penelitian dapat disampaikan bahwa penggunaan aplikasi Turnitin dalam layanan perpustakaan UKRIDA dapat membantu dalam mengetahui indikasi plagiarisme dalam karya tulis mahasiswa yang disubmit, walau masih adanya ketidakpahaman dalam menganalisis indikasi hasil akhir plagiarisme dalam karya tulis masing-masing.
Keyword: Plagiarisme, Turnitin, Karya Tulis
Full Text:
PDFReferences
Bensal, E. R., Miraflores, E. S., & Tan, N. C. C. (2013). Plagiarism: Shall We Turn to Turnitin ? Call-Ej, 14(2), 2–22.
Brabazon, T. (2015). Turnitin? Turnitoff: The deskilling of information literacy. Turkish Online Journal of Distance Education, 16(3), 13–32. https://doi.org/10.17718/tojde.55005
Dahl, S. (2007). The student perspective on using plagiarism detection software. Active Learning in Higher Education, 8(2), 173–191. https://doi.org/10.1177/1469787407074110
Harris, Robert A. (2017). Using Source Effectively. New York, NY: Routledge.
Halgamuge, M. N. (2017). The use and analysis of anti-plagiarism software: Turnitin tool for formative assessment and feedback. Computer Applications in Engineering Education, 25(6), 895–909. https://doi.org/10.1002/cae.21842
Han, L., & Goulding, A. (2003). Information and reference services in the digital library. Information Services and Use, 23(4), 251–262. https://doi.org/10.3233/ISU-2003-23406
Herqunanto. (2013). Plagiarisme , Runtuhnya Tembok Kejujuran Akademik. EJKI, 1(1), 1–3.
Ledwith, A., & Rísquez, A. (2008). Using anti-plagiarism software to promote academic honesty in the context of peer reviewed assignments. Studies in Higher Education, 33(4), 371–384. https://doi.org/10.1080/03075070802211562
Li, J., & Li, M. (2018). Turnitin and peer review in ESL academic writing classrooms. Language Learning & Technology, 22(1), 27.
Orlando, J., Hanham, J., & Ullman, J. (2018). Exploring intentional use of a technological proxy, Turnitin, to enhance student academic literacy practices. Australasian Journal of Educational Technology, 34(4), 44–56. https://doi.org/10.14742/ajet.3575
Prihantini, F. N., & Indudewi, D. (2016). Kesadaran dan perilaku plagiarisme dikalangan mahasiswa: Studi pada mahasiswa fakultas Ekonomi jurusan Akuntansi Universitas Semarang. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 18, 68–75.
Service, P. D. (n.d.). A Very Quick Guide to Turnitin What is Turnitin ? Creating a Turnitin assignment.
Suryana, E. (2016). Self Efficacy Dan Plagiarisme Di Perguruan Tinggi. | Tadrib, II(02), 1–24.
Walchuk, K. (2016). An examination of the efficacy of the plagiarism detection software program Turnitin.
Wibowo, A. (2011). Mencegah dan Menanggulangi Plagiarisme di Dunia Pendidikan. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, 6(5), 195–200.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um008v2i22018p123
Refbacks
- There are currently no refbacks.
BIBLIOTIKA indexed by:
BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi
Prodi Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)
BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
| Visitor Statistic