MENGEMBANGKAN KERJASAMA DI PERPUSTAKAAN MELALUI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

Zeni Istiqomah

Abstract


Perpustakaan sebagai salah satu lembaga penyedia informasi, harus mampu menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh pemustakanya. Jika kebutuhan informasi yang dicari tidak tersedia di perpustakaan, maka pemustaka akan beralih ke sumber lain yang menyediakan. Dalam rangka memenuhi kebutuhan informasi pemustaka yang semakin banyak, perpustakaan perlu mengembangkan kerjasama dengan lembaga lain. Salah satu bentuk kerjasama perpustakaan dengan lembaga lain adalah Corporate Social Responsibility (CSR). Bentuk Kerjasama ini banyak membantu pihak perpustakaan, terutama perpustakaan-perpustakaan yang masih berkembang. Program CSR yang dilakukan di perpustakaan bisa dalam penyediaan fasilitas, penyediaan koleksi, pembinaan pustakawan, dan lain-lain. Program ini tentunya dapat memberikan keuntungan bagi perpustakaan dan lembaga.

Kata kunci: kebutuhan informasi, kerjasama perpustakaan, Corporate Social Responsibility


Full Text:

PDF

References


Apisi. 2016. Program Bi Corner Di Wilayah Jabodetabek “Indonesia Cerdas”: Dedikasi Untuk Negeri, dari http://apisi.org/bi-corner/, diakses 20 Desember 2018.

Dunia Perpustakaan. 2016 . E-Library Energy Corner Kini Resmi Milik Soeman HS, dari https://duniaperpustakaan.com/336-2/, diakses 20 Desember 2018.

Dwi Triyanto. 2013. Pelaksanaan Corporate Social Responsibility (Csr) Di Bidang Pendidikan Pt. Hino Motors Sales Indonesia (Pt. HMSI). Skripsi tidak diditerbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta .

Hadi, Nor. 2014. Coorporate Social Responsibility. Yogyakarta: Graha Ilmu

Haryanti, Trini. 2016. Bank Indonesia Corner. dari http://www.Triniharyanti.Id/2016/02/Bank-Indonesia-Corner.Html, diakses 20 Desember 2018.

Hayatullah Kurniadi. 2014. Corporate Social Responsibility (CSR) Industri Ekstraktif di Indonesia (Studi Kasus CSR PT. Chevron Pacific Indonesia pada Masyarakat Minas di Provinsi Riau). Thesis tidak diterbitkan. Yogyakarta: UGM dari http://etd.repository.ugm.ac.id.

Herning Banirestu. 2015. CSR ADM Menitikberatkan Empat Pilar. dari https://swa.co.id/swa/csr-corner/csr-adm-menitikberatkan-empat-pilar, diakses 20 Desember 2018.

Ishak. 2008. Kerjasama Antar Jaringan Perpustakaan. USU: Fakultas Sastra, Prodi Ilmu Perpustakaan.

Jeihan Kahfi Barlian. 2015. Coca Cola Foundation Transformasi Perpustakaan Berbasis TI. dari https://swa.co.id/swa/csr-corner/coca-cola-foundation-transformasi-perpustakaan-berbasis-ti, diakses 20 Desember 2018.

Kuntadi. 2012. Pelaksanaan Konsep Corporate Social Responsibility (CSR) Dalam Undang-Undang Perseroaan Terbatas Pada PT Djarum. Yogyakarta: UGM. (Tesis)

Nanda, Ertika.2010. Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Citra Perusahaan di Bidang Pendidikan. Skripsi tidak diditerbitkan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret. Dari https://digilib.uns.ac.id

Purwono. 2011. Kerjasama dan Jaringan Perpustakaan. Jakarta: Universitas Terbuka

Putra, Dedi Kurnia Syah. 2015. Komunikasi CSR Politik. Jakarta: Pernadamedia group

Undang-Undang No. 40 tahun 2007. Tentang Perseroan Terbatas (online), dari peraturan.go.id/uu/nomor-40-tahun-200.html , diakses 5 Januari 2019.

Safira, Fidan dkk. 2015. Mplementasi Program Perpuseru dalam Upaya Meningkatkan Pelayanan Perpustakaan (Studi Kasus pada Corporated Social Responsibility Coca Cola Foundation Indonesia di Perpustakaan Kabupaten Sidoarjo). Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 3, No. 5, Hal. 770-774.

Solihin, Ismail. 2011. Corporate Social Responsibility: From Charity to Sustainability. Jakarta: Salemba.

Suharto, Edi. 2009. Pekerjaan Sosial di Dunia Industri, Memperkuat CSR (Corporate Social Responsibility). Bandung: Alfabeta

Sulistyo-Basuki. 1996. Materi Pokok Kerjasama dan Jaringan Perpustakaan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sulistyo-Basuki.2013. Membangun Jejaring Kerja Perpustakaan Kementerian Agama. Dari https://sulistyobasuki.wordpress.com/2013/04/29/membangun-jejaring-kerja-perpustakaan-kementerian-agama/

PT Astra Daihatsu. CSR PT Astra Daihatsu Motor Bedah Perpustakaan di 10 Sekolah.2012 dari https://daihatsu.co.id/news/detail/73/csr-pt-astra-daihatsu-motor-bedah-perpustakaan-di-10-sekolah

Sinyaleman. 2007. Kurang dari 50 Persen Perusahaan Laksanakan CSR. (Onine) dari https://goodcsr.wordpress.com/page/2/




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um008v3i12019p032

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






BIBLIOTIKA indexed by:

                                       


BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi
Prodi Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

Lisensi Creative Commons

BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
| Visitor Statistic