PERAN PERPUSTAKAAN DAN PUSTAKAWAN DALAM MENGHADAPI GENERASI DIGITAL NATIVE

Silvi Oktavia

Abstract


Lingkungan dan teknologi akan terus-menerus berubah. Satu-satunya kepastian tentang masa de-pan adalah bahwa secara signifikan berbeda dengan hari ini. Pustakwan harus cerdas membaca tanda zaman agar profesi mereka tidak menuju ke liang kubur sehingga tidak bisa bangkit sela-manya. Apa yang harus dilakukan oleh Pustakawan masa kini sehingga mereka menjadi idaman bagi pemustaka sekarang, sebagai jembatan harapan pustakawan masa depan dalam menghadapi pemustaka yang hadir pada masa mereka. Perpustakaan adalah salah satu unit di lembaga pendidikan yang memiliki peran untuk mendukung pembelajaran sepanjang hayat dengan menyediakan berbagai macam informasi sesuai dengan kebutuhan pengguna. Seiring dengan perkembangan pesat teknologi informasi dan komunikasi, pengguna saat ini telah berubah secara radikal. Mulai dari perilaku mereka dalam mencari informasi dengan memanfaatkan internet, cara mereka belajar sambil bermain game atau mendengarkan musik serta kesenangan mereka dalam berkolaborasi dan berbagi informasi melalui jaringan. Mereka disebut sebagai generasi digital native. Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan dan mengetahui peran, usaha, kemampuan, dan peluang perpustakaan dan pustakawan dalam menghadapi generasi digital native pada era masyarakat informasi.  Jenis data kajian ini adalah kualitatif dengan sumber data literature review. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa pustakawan sebaiknya meningkatkan kompetensi diri dan melakukan transformasi perpustakaan untuk persiapan menghadapi keberagaman karakteristik generasi digital native.

Full Text:

PDF

References


Fourie, Denise K., and Nancy E. Loe. Libraries in the Information Age: An Introduction and Career Exploration: An Introduction and Career Exploration. Santa Barbara: ABC-CLIO, 2016).h.9

Ghaith, G. (2010). An exploratory study of the achievement of the twenty-first century skills in higher education. Education & Training, 52 (6/7), 489-498. Diakses melalui https://www.researchgate.net/publication/235255028_An_exploratory_study_of_the_achievement_of_the_twenty-first_century_skills_in_higher_education. Diakses tanggal 13 Mei 2019 Pukul 22.05

Hasugian J. 2011. Perpustakaan Digital dan Digital Natives Disampaikan pada seminar dan workshop nasional Pemberdayaan Repository... di U.H. Nommensen Medan, 1-12- 2011. Diakses pada http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/64595/Digital_Natives.pdf?sequence=1&isAllowed=y. Diakses tanggal 13 Mei 2019 pukul 21.41

Helsper, E., & Enyon, R. 2009. Digital natives: Where is the evidence? British Educational Research Journal, 1-18. http://eprints.lse.ac.uk/27739/1/Digital_natives_%28LSERO%29.pdf

https://datareportal.com/reports/digital-2019-indonesia. Data Statistik Pengguna Internet di Indonesia tahun 2019.

Indriyani, Kholifah. 2017. Digital Native sebagai Tantangan dan Peluang pada Pengembangan Layanan Perpustakaan. ( Jurnal Online). https://www.academia.edu/33882862/DIGITAL_NATIVES_SEBAGAI_TANTANGAN_DAN_PELUANG_PADA_PENGEMBANGAN_LAYANAN_PERPUSTAKAAN. Diakses tanggal 12 Mei 2019 pukul 29.05

Jamridafrizal. 2017. Siapkah Pustakawan Menghadapi Era Digital ? Al-Maktabah Vol. 16, Desember 2017. Diakses pada http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/al-maktabah/article/download/8087/4397.

Ku, D.T., & Soulier, J.S. (2009). Effects of learning goals on learning performance of field-dependent and field-independent late adolescent in a hypertext environment. Adolescence, 651-664.

Suwarno, Wiji. 2016. Ilmu Perpustakaan & Kode Etik Pustakawan. Ar-Ruzz Media, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um008v3i12019p081

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






BIBLIOTIKA indexed by:

                                       


BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi
Prodi Ilmu Perpustakaan, Jurusan Sastra Indonesia, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang (UM)

Lisensi Creative Commons

BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi is licensed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License
| Visitor Statistic