KEARIFAN LOKAL MELALUI PEMBELAJARAN TARI TOPENG MALANG UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 5 MALANG JAWA TIMUR

Wahyu Dewayani

Abstract


Penelitian ini  bertolak pada kondisi perkembangan teknologi yang semakin maju, dampaknya terhadap pendidikan berakibat pada perubahan disegala aspek kehidupan. Dampak itu tampak pada  gaya hidup sebagai pola tingkah laku masyarakat sehari-hari. Pada sisi yang lain juga berakibat buruk pada sifat pribadi generasi muda. Nilai-nilai dalam kehidupan masyarakat, misalnya kerukunan atau gotong royong, di dalamnya terkandung karifan lokal. Mengingat sifat mulia berangsur-angsur ditinggalkan. Pengaruh tersebut diperlukan metode pendidikan karakter melalui kearifan lokal. Penelitian ini menggunakan pendekatan diskripsi kualitatif yang diterapkan melalui pembelajaran seni tari. Hasil penelitian bertujuan untuk mengembangkan model pendidikan karakter peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Anggadewi, M. dkk .2004. Pendidikan Karakter dan Pekerti Bangsa Deputi Bidang Pelestarian dan Pengembangan Kebudayaan dan Pariwisata RIAnggadewi Moesono dkk. Pendidikan Karakter dan Pekerti Bangsa Deputi Bidang Pelestarian dan Pengembangan Kebudayaan dan Pariwisata RI.

Artikel Pendidikan Seni. 2012. Optimalisasi Peran Pendidikan dan Peserta didik dalam Pembelajaran Seni. Akses Internet, 12 september 2016.

Endang M,2010. Analisis Model-Model Pendidikan Karakter Untuk Anak –Anak, Remaja dan Dewasa .FT UNY. Karang malang, Yogyakarta.

Ikhfa, M. 2012. Konsep Pendidikan seni .( online),(http://seniikip.blogspot.co.id/2012/07/konsep-pendidikan-seni.html), diakses 2016.

Indra, Y. 2009. Pendidikan seni. .(online), (https://bobyrara.wordpress.com/2009/11/27/artikel-pendidikan-seni/) diakses 12 September 2016.

Metode Pendidikan Karakter. 2010.(online), (http://inspireblog-1.blogspot.co.id/ 2010/06/metode-pendidikan-karakter.html), diakses 12 September 2016

Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Pedoman Sekolah. 2010. Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. Jakarta.

The Character Education, Guidance, Lifeskills.(online), (www.livewiremedia .com), diakses 12 September 2016




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um037v2i12017p26-35

Refbacks

  • There are currently no refbacks.