Identifikasi Aspek Positif Mural Pada Film Dokumenter “Jogja Berhati Mural”

Helmi Zuhdi, Lilik Indrawati, Agnisa Maulani Wisesa

Abstract


Zuhdi, Helmi. 2020. Identidikasi Aspek Positif Mural Pada Film Dokumenter “Jogja Berhati Mural”. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Universitas Negeri Malang: (I) Dra. Lilik Indrawati, M.Pd (II) Agnisa Maulani Wisesa S, Sn, M.A

Kata Kunci: Identifikasi, Aspek Positif, Mural

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aspek positif mural dalam film dokumenter “Jogja Berhati Mural”, dengan didasari latar belakang dan berlandaskan pada asumsi peneliti bahwa dimana masih banyak masyarakat luas yang menganggap mural adalah sebuah tindakan yang negatif. Padahal film “Jojga Berhati Mural” mampu memberikan gambaran tentang mural yang dapat diterima oleh masyarkat luas.

Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif-kualitatif, karena penelitian ini berusaha untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan scene-scene dalam film dokumenter “Jogja Berhati Mural” yang dipilih secara purposive karena dianggap mampu merepresentasikan aspek positif mural, dengan mengidentifikasi dan mendeskripsikan scene 2, scene 5, dan scene 11 melalui indikator (Image, Writing, Audio Effect, dan Speech), sehingga diharapkan mampu menunjukan representasi positif mural yang terkandung dalam film dokumenter tersebut. Dalam penelitian ini peneliti menjadi instrumen kunci, kehadiran peneliti sebagai pengamat dan apresiator yang menganati dari tiap scene dalam film dokumenter tersebut untuk menemukan aspek positif mural yang tersaji pada 3 scene lewat adegan di dalam film dokumenter “Jogja Berhati Mural”.

Setelah bagian-bagian dari scene 2, scene 5, dan scene 11 diidentifikasi dan dideskripsikan berdasarkan indikator (Image, Writing, Audio Effect, dan Speech), maka dapat disimpulkan bahwa dalam scene 3 terpilih tersebut bahwa ada aspek positif mural yang direpresentasikan oleh ke-3 scene terpilih dalam film dokumenter “Jogja Berhati Mural”. Dari 3 scene tersebut mampu menjawab pertanyaan pada penelitian ini, bahwa unsur teks audio-visual yang diberikan dalam film dokumenter tersebut mampu memberikan dan menggambarkan aspek positif mural di tengah masyarakat pada saat film itu dibuat. Sesuai dengan tujuan penelitian ini bahwa mural tidak selamanya memberikan stigma negatif seperti yang digambarkan dalam 3 scene film dokumenter mampu memberikan gambaran tentang kedekatan mural di tengah kota, kegunaan mural dalam kontribusi kegiatan kota, manfaat mural sebagai penghias tatanan kota, dan mural sebagai kegiatan berlanjut yang mampu membentuk karakter personal dan membentuk kebiasaan-kebiasan baru di masyarakat.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um037v6i22021p115-127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.