PERANCANGAN KOMIK DIGITAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI CANDI TIKUS DI MOJOKERTO

Citra Annisa Maharani, Joko Samodra, Arif Sutrisno

Abstract


Indonesia memiliki berbagai peninggalan sejarah kerajaan di masa lampau, salah satunya bernama Kerajaan Majapahit. Kerajaan Majapahit merupakan salah satu kerajaan terbesar di Indonesia yang berpusat di daerah Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Kerajaan ini memiliki berbagai situs peninggalan. Mulai dari candi, kolam pemandian, dan berbagai benda peninggalan lain. Salah satu Candi peninggalan Majapahit di Trowulan adalah Candi Tikus. Candi ini ditemukan di bawah permukaan tanah pada tahun 1914 oleh warga sekitar. Namun, saat ini banyak remaja atau bahkan orang dewasa yang kurang mengetahui berbagai situs peninggalan sejarah di daerahnya. Dalam perancangan media promosi tersebut, perancang menggunakan metode Design Thinking yang dimiliki Tim Brown dengan tahapan yang dimulai dari empathy, define (penentuan), idea (gagasan), prototype, dan test (uji coba) dengan hasil yang diupload dalam web komik Webtoon. Dari hasil data yang diperoleh melalui survei, perancangan komik digital ini dikatakan memiliki kategori baik dengan menunjukkan indeks skor 87, 58%. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa perancangan komik digital sebagai media promosi Candi Tikus di Mojokerto dapat menjadi alternatif media promosi untuk remaja dan masyarakat umum.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, Hafidz Aziz. (2012). The Impacts of Visual of Manga on Indonesian Readers’ Psycological and Behavioral Reaction. Thesis. Chiba University. Published.

Anugrah, S. P. (2018). Perancangan komik digital legenda Singo Ulung sebagai media pelestarian cerita rakyat Kabupaten Bondowoso (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember). Dari https://repository.its.ac.id/51240/1/3412100065-Undergraduate_Theses.pdf

Anwar, K. (2009). Potensi wisata budaya situs sejarah peninggalan Kerajaan Majapahit di Trowulan Mojokerto. Dari https://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/16138/MzEyMzk=/Potensi-wisata-budaya-situs-sejarah-peninggalan-Kerajaan-Majapahit-di-Trowulan-Mojokerto-abstrak.pdf

Bonnef, M. (1998). Komik Indonesia. Jakarta: Perpustakaan Populer Gramedia.

Buku Bappeda 6. (2013). Potensi dan Produk Unggulan Jawa Timur. http://bappeda.jatimprov.go.id/bappeda/wp-content/uploads/potensi-kab-kota-2013/kab-mojokerto-2013.pdf . Diakses pada tanggal 07 maret 2022

Burhan, M. B. A., Pujiyanto, P., & Hermanto, Y. A. L. (2022). Perancangan Komik Berjudul Painting Picture Inside My Head sebagai Media Pengembangan Diri bagi Kalangan Emerging Adulthood. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(1), 91-112. Dari http://journal3.um.ac.id/index.php/fs/article/view/1180/1268

Denny, D. (2013). Promosi Dan Kualitas Layanan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Konsumen Menggunakan Jasa Pembiayaan Pada Pt. Bess Finance Manado. Issn, 1(4), 51–59.

Dhanti, N. S., Pramono, A., & Novica, D. R. (2020). WEBCOMIC DESIGN “THE IMPORTANCE OF ENVIRONMENTAL AWARENESS” FOR TEENAGER. In International Conference on Art, Design, Education and Cultural Studies (ICADECS). Dari http://conference.um.ac.id/index.php/icadecs/article/view/514

Erliana, S. B. (2021). PENERAPAN MEDIA PROMOSI TERHADAP MINAT ANGGOTA KOPERASI KUD BERKAH DAMANDIRI PESANTUNAN (Doctoral dissertation, Politeknik Harapan Bersama Tegal).

Fadhilasari, I. (2019). Legenda Kolam Petirtaan di Kabupaten Mojokerto: Kajian Sosiologi Sastra Lisan. SULUK: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Budaya, 1(1), 19-30. Dari http://jurnalfahum.uinsby.ac.id/index.php/Suluk/article/download/264/150

Ishak, R. M. (2021). TA: Perancangan Media Pembelajaran Candi Tikus dengan Teknik Augmented Reality untuk Anak SMA Kelas 10 (Doctoral dissertation, Universitas Dinamika). Dari https://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/5895/13/17420100038-2021-UNIVERSITASDINAMIKA.pdf

Kustianingsari, N., & Dewi, U. (2015). Pengembangan media komik digital pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tema lingkungan sahabat kita materi teks cerita manusia dan lingkungan untuk siswa kelas V SDN Putat Jaya III/379 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 6(2), 1-9. Dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmtp/article/view/13072/12029

Line Today. (2020). Line Webtoon Miliki Dua Juta Pengguna Aktif di Indonesia. https://today.line.me/id/v2/article/azY3OP. Diakses pada tanggal 16 maret 2022.

Muktiono, J. D. (2003). Aku Cinta Buku, Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Nazir, M. (1988). MetodePenelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Pramesti, A. N. Memecahkan Masalah Menggunakan DESIGN THINKING. Dari https://www.academia.edu/download/64521606/Tugas_Petemuan_Ke_4_Artikel_Memecahkan_M.pdf

Pranata, M. (2002). Perspektif Penalaran Fungsional Desain Visual Ikon. Nirmana, 4(2). Dari http://203.189.121.7/~puslit2_ejournal/ejournal/index.php/dkv/article/viewFile/16084/16076

Primandita, H. (2016). Perancangan Komik Digital Interaktif Tentang Srikandi: Sandika (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya). Dari https://repository.its.ac.id/76399/1/3412100165-Undergraduate_Thesis.pdf

Rabbani, A. R. (2021). Penerapan Design Thinking Terhadap Usaha Baju Di Toko Setal Pangkalpinang Dengan Menggunakan Website Sebagai Salah Satu Solusi. Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi, 3(3), 167-175. Dari https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jtst/article/download/6046/3219

Rahayu, P. D. Desain Perancangan Buku Pop-up Perancangan Buku Pop-up Mengenal Candi Bajang Ratu Trowulan (Doctoral dissertation, State University of Surabaya). Dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/va/article/view/13857/12665

Samodra, J., Pahlevi, A. S., & Hermanto, Y. A. L. (2019). Pasar Desa Digital Berbasis Web Sebagai Media Promosi Bagi Umkm. J. KARINOV, 2(3), 177. Dari https://www.researchgate.net/profile/Andreas-Syah-Pahlevi/publication/339144147_PASAR_DESA_DIGITAL_BERBASIS_WEB_SEBAGAI_MEDIA_PROMOSI_BAGI_UMKM/links/5e554484a6fdccbeba01755d/PASAR-DESA-DIGITAL-BERBASIS-WEB-SEBAGAI-MEDIA-PROMOSI-BAGI-UMKM.pdf

Sarwono, J., & Lubis, H. (2007). Metode riset untuk desain komunikasi visual. Yogyakarta: Andi.

Soedarso, N. (2015). Komik: Karya Sastra Bergambar. Humaniora, 6(4), 496-506. Dari https://journal.binus.ac.id/index.php/Humaniora/article/download/3378/2757

Wahyudi, D. Y. (2015). Kerajaan Majapahit: dinamika dalam sejarah Nusantara. Jurnal Sejarah dan Budaya, 7(1), 88-95. Dari http://journal.um.ac.id/index.php/sejarah-dan-budaya/article/view/4739/2270

Widyantoro, A. (2018). Perancangan Komik Digital tentang Cerita Panji sebagai Upaya Pelestarian Budaya Panji (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember). Dari https://repository.its.ac.id/59374/1/3413100108-Undergraduate_Theses.pdf

Zaki, A., & Sukoco, I. (2018). Use Of Design Thinking At Digital Technology Consultant Company Indie Labtek Bandung. AdBispreneur, 3(2), 123–129. doi: https://doi.org/10.24198/adbispreneur.v3i2.1846




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um037v8i12023p28-42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.