DESAIN KAMPANYE VISUAL PENCEGAHAN KECELAKAAN SEPEDA MOTOR

Yon Ade Lose Hermanto

Abstract


Tujuan dari penciptaan ini adalah: Membantu pihak-pihak terkait, terutama Kepolisian dan Dinas Perhubungan Republik Indonesia untuk mengurangi angka kecelakaan di jalan raya, terutama kendaraan bermotor roda dua, mengingatkan masyarakat terutama pengguna jalan raya akan pentingnya keselamatan berkendara, Membantu pemerintah mengkampanyekan program keselamatan berkendara bagi pengguna sepeda motor dengan cara yang unik dan dengan pemecahan strategi kreatif, Menanamkan kesadaran hukum di jalan raya sejak dini, terutama pada target audiens yang spesifik. Dalam perancangan kampanye Pencegahan Kecelakaan Sepeda Motor, penulis menggunakan tahapan perancangan sebagai berikut: Tahap observasi, Tahap consumers journey dan penentuan point of contact, Tahap pengumpulan dan analisa data, Tahap brainstorming untuk menentukan gagasan/ide, Tahap eksplorasi visual kedalam bentuk seketsa kasar, Tahap perwujudan desain. Hasil akhir dari perancangan desain berdasar consumers journey, diperoleh point of contact, antara lain: Keset kaki,komunikasi visual pada toilet, desain campaign pada tempat parkir dan Traffic light, Gantungan kunci, Mug, Internet,desain iklan Majalah, desain pad speedometer sepeda motor.

Full Text:

PDF

References


Altstiel, T., Grow, J. M., & Jennings, M. (2019). Advertising Creative: Strategy, Copy, and Design 5th Edition (5th Edition). SAGE Publications, Inc.

BUSCHE, L. (2020). Beginners Guide to Branding 2020 (1st ed.). Creativemarket. https://d3ui957tjb5bqd.cloudfront.net/ebooks/BeginnersGuidetoBranding_2020.pdf

Calori, C., & Vanden‐Eynden, D. (2015). Signage and Wayfinding Design: A Complete Guide to Creating Environmental Graphic Design Systems. John Wiley and Sons.

Cholil, A. M. (2019). 101 Branding Ideas: Strategi Jitu Memenangkan Hati Konsumen. Quadrant.

Cornish, K., Goodman-Deane, J., Ruggeri, K., & Clarkson, P. J. (2015). Visual accessibility in graphic design: A client–designer communication failure. Design Studies, 40, 176–195. https://doi.org/10.1016/j.destud.2015.07.003

Departemen Perhubungan Republik Indonesia. (2019). Data Kecelakaan di Indonesia 2019. Departemen Perhubungan Republik Indonesia.

Hermanto, Y. A. L. (2021, December 14). Creative Process in Creating Letters Design. International Seminar on Language, Education, and Culture (ISoLEC 2021), Malang, Indonesia. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211212.060

Hermanto, Y. A. L., Pahlevi, A. S., & Sutrisno, A. A. (2019). IDENTIFIKASI ILUSTRASI-TIPOGRAFI GRAPHIC VERNACULAR SEBAGAI SISTEM TANDA & IDENTITAS WARUNG TENDA DI KOTA MALANG. JADECS, 3(2), 78–87.

Kasilo, D. (2008). Komunikasi Cinta—Menembus G-Spot Konsumen Indonesia. Gramedia Pustaka Utama.

Rustan, S. (2008). Layout, Dasar & Penerapannya. Gramedia Pustaka Utama. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=335475

Santosa, S. (2009). Creative Advertising, Petunjuk Teknis Mempersiapkan Iklan Cetak Dan Elektronik Dengan Efisien. Elex Media Komputindo.

Santoso, S. (2009). Menu Celana Dalam. Diva Press.

Sanyoto, S. E. (2006). Metode Perancangan Komunikasi Visual Periklanan. Dimensi Press.

Wiryawan, M. B. (2008). Kamus Brand. Red & White Publishing.

Yon Ade Lose Hermanto . (2020). Online Marketplace Characteristics for Freelance Designers. KnE Social Sciences, 4(4), 345–356. https://doi.org/10.18502/kss.v4i4.6499




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um037v8i12023p97-114

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.