PRODUCT PLACEMENT PADA VIDEO KLIP “ LEAVE ME ALONE” SEBAGAI MEDIA PROMOSI SEBUAH BRAND

novian wahyu firmansyah

Abstract


Berangkat dari meninjau kekurangan tingkat kecintaan mahasiswa terhadap almamater kampus di Universitas Negeri Malang, diciptakan produk yang dapat dikenakan sehari hari oleh mahasiswa namun tetap terlihat kasual serta tidak memberikan kesan formal. Karena target yang dituju sebagian besar adalah mahasiswa, maka diperlukan sebuah media komunikasi dengan pendekatan secara lebih kasual agar dapat menjangkau hal tersebut. Yaitu sebuah video klip musik dengan product placement didalamnya. Video klip dipilih karena melalui data yang diperoleh menunjukan bahwa sebagian besar target audience merasa terganggu dengan iklan yang muncul secara terang-terangan. Menurut (Belch, 2004) product placement adalah sebuah cara untuk meningkatkan promosi sebuah produk atau jasa dengan menampilkan produknya dengan kesan bahwa keberadaan produk tersebut seolah-olah menjadi bagian dari cerita film dan acara televisi. Penelitian ini membahas mengenai bagaimana persepsi mahasiswa terhadap brand placement visori pada video klip “Leave Me Alone”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis persepsi mahasiswa tentang brand placement visori pada video klip “Leave Me Alone”. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah melalui obsevasi, wawancara dan angket yang diperkuat dengan studi data video klip Leave Me Alone. Hasil penelitian ini adalah brand placement visori melalui video klip “Leave Me Alone” sudah memenuhi dimensi brand placement dengan baik.

 


Full Text:

PDF PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um037v8i22023p198-211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.