KAMPANYE BAHAYA RASIS DAN KEKERASAN DALAM PERTANDINGAN SEPAK BOLA INDONESIA

Fariza Wahyu Arizal

Abstract


Adanya, dan kekerasan dalam pertandingan sepak bola Indonesia seringkali menjadi hal yang mengganggu dan sulit dikendalikan keberadaannya. Selain dapat mengganggu jalannya pertandingan, juga dapat menjadi pemicu perseteruan antar suporter sepak bola. Sementara edukasi mengenai bahaya rasisme dan kekerasan dalam pertandingan sepak bola masih minim. Regulasi atau regulasi yang membatasi hal tersebut dirasa masih kurang jelas, sehingga dalam permasalahan ini keilmuan desain komunikasi visual dapat memberikan adanya solusi melalui media kreatif untuk membantu menyelesaikan permasalahan gejolak rasisme dan kekerasan di industri sepak bola Indonesia. Informasi dengan bahasa yang tepat akan lebih efektif karena suporter lebih kreatif terpikat dalam menyalurkan dukungan dan lebih peduli serta tidak merugikan tim yang didukung.

Full Text:

PDF PDF

References


Dameria, Anne, 2007, Color Basic, Panduan Dasar Warna untuk Desainer & Industri Grafika, Jakarta : Link & Match Graphic.

Kasilo, Djito, 2008, Komunikasi Cinta Menembus G-Spot Konsumen Indonesia, Jakarta : Kepustakaan Populer Gramedia

Rustan, Surianto, 2008, Layout Dasar dan Penerapannya, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rustan, Surianto, 2010, Huruf Font Tipografi, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rustan, Surianto, 2009, Mendesain Logo, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Santosa, Sigit, 2009, Creative Advertising, Petunjuk Teknis Mempersiapkan Iklan Cetak Dan Elektronik Dengan Efisien, Jakarta : PT. Elex Media Computindo.

Santoso, B, Satmoko, 2009, Menu Celana Dalam, Yogyakarta : Diva Press

Sanyoto, E, Sadjiman, 2006, Metode Perancangan Komunikasi Visual Periklanan, Yogyakarta : Dimensi Press

Sihombing, Danton, 2001, Tipografi dalam desain grafis, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Suhandang, Kustadi, 2010, Periklanan Manajemen, Kita dan Strategi, Bandung : Penerbit Nuansa.

Suyanto, M, 2004, Aplikasi Desain Grafis Untuk Periklanan, Yogyakarta : Penerbit Andi.

Suyanto, M, 2006, Strategi Perancangan Iklan Outdoor Kelas Dunia, Yogyakarta : Penerbit Andi.

Wiryawan, B Mandiola, 2008, Kamus Brand, Jakarta : Red & White Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um037v8i22023p177-197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.