PENGEMBANGAN SERIUS GAME PADA PENGENALAN FAUNA DI TAMAN NASIONAL BALI BARAT

Saiful Yahya, Afiyah Alifah, Adita Ayu Kusumasari

Abstract


Taman Nasional Bali Barat, sebagai kawasan pelestarian alam, menjadi habitat bagi flora dan fauna yang dilindungi. Data IUCN tahun 2002-2022 menunjukkan peningkatan tingkat kepunahan flora dan fauna langka setiap tahunnya, dengan merinci keberadaan beberapa spesies langka yang terdaftar dalam red list IUCN di Taman Nasional Bali Barat, antara lain Jalak Bali (Leucopsar rothschildi), Rusa Timor (Rusa Timorensis), Gajahan Timur (Numenius arquata), Tokek (Cyrtodactylus Jatnai), Kima Raksasa (Tridacna Gigas), Penyu Hijau (Chelonia mydas), dan Cendana (Santalum album).

Pengembangan boardgame berjenis serious game digunakan untuk salah satu solusi inovatif untuk meningkatkan pemahaman anak-anak mengenai flora dan fauna di Taman Nasional Bali Barat yang bertujuan menyadarkan pentingnya flora fauna dan kolaborasi konservasi alam. Pengembangan permainan ini menggunakan metode design thinking, yang terdiri dari tahapan Emphatize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Proses Pengembangan permainan serious game menghasilkan boardgame kolaborasi yang dapat dimainkan oleh anak-anak berusia 8-13 tahun yang terdiri dari papan permainan, bidak dan kartu permainan.

Pengujian boardgame dilakukan melalui model beta testing terhadap target audience, yakni anak-anak berusia 8-12 tahun di Kota Malang. Hasil pengujian menunjukkan bahwa permainan boardgame bergenre serius game ini berhasil memperoleh rekomendasi positif dari target audience, menyatakan kesenangan bermain, kegunaan, dan merekomendasikan kepada teman-teman mereka. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan boardgame bergenre serius game mampu memberikan kontribusi efektif dalam mengatasi permasalahan pengenalan flora dan fauna di Taman Nasional Bali Barat pada kalangan anak-anak.


Full Text:

PDF

References


Abadi, J., Arianti, B., & Wirasasmita, R. (2018). Pengembangan media lembar kerja siswa (lks) berbasis web pada mata pelajaran jaringan dasar. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 2(1).

Adams, E. (2014). Fundamentals of Game Design (Third). Pearson Education, Inc.

Adisusilo, A. K., Wahyuningtyas, E., Saurina, N., & Radi, R. (2022). Multiplayer mechanism design for soil tillage serious game. ILKOM Jurnal Ilmiah, 14(3), 303–313. https://doi.org/10.33096/ilkom.v14i3.1432.303-313

Anggraeni, Z. (2017). Perancangan modul seni lukis aquarel untuk peserta didik kelas ix smp negeri 1 borobudur, kecamatan borobudur, kabupaten magelang tahun pelajaran 2016/2017.

Balai Taman Nasional Bali Barat, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. (2022). Taman nasional Bali Barat. Retrieved December 5, 2023, from Https://tnbalibarat.menlhk.go.id/umum website: https://tnbalibarat.menlhk.go.id/umum

Beltrami, D. (2020, December 22). A board game design process: A game is a system. UX Collective. Retrieved from https://uxdesign.cc/a-board-game-design-process-a-game-is-a-system-5469dfa4536

Bohony, B. (2017). Marbushka játék manufaktúra :: Marbushka toy manufactory. Retrieved January 31, 2024, from Www.marbushka.com website: https://www.marbushka.com/toys/board_games/gu

Dirgantara, A., & Wijaksana, D. (2018). Perancangan Boardgame dengan Sumber Gagas Cerita Rakyat Timun Mas. Journal of Animation and Games Studies, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24821/jags.v4i1.1786

Dubbelman, T. (2016). Narrative game mechanics (pp. 39–50). Cham: Springer International Publishing. Retrieved from http://dx.doi.org/10.1007/978-3-319-48279-8_4

Fikrie, M. (2017, November 18). Industri Board Game di Indonesia Punya Masa Depan Cerah. Kumparan. Retrieved from https://kumparan.com/kumparantech/industri-board-game-di-indonesia-punya-masa-depan-cerah/full

Hasanah, H. (2016). Teknik-teknik observasi. Jurnal At-Taqaddum, 8(1), 21–46.

Hunicke, R., LeBlanc, M., & Zubek, R. (2004). MDA: A Formal Approach to Game Design and Game Research. AAAI Workshop on Challenges in Game AI, 4(1).

Industri board game terus tumbuh di Indonesia. (2019). Retrieved February 1, 2024, from IndoTelko website: https://www.indotelko.com/read/1571611496/board-game

Kartina, S. (2020). Pesona Wisata Taman Nasional Bali Barat. Retrieved December 5, 2023, from Https://www.kemenkeu.go.id website: https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kanwil-balinusra/baca-artikel/13438/Pesona-Wisata-Taman-Nasional-Bali-Barat.html

Monica, A. (2017). Brainstorming: Thinking - Problem Solving Strategy. Int. Journal of Engineering Research and Application, 7(3). https://doi.org/DOI: 10.9790/9622- 0703033337

Povis, B. (2020). Cryptic cardboard. Retrieved January 31, 2024, from Ccbgames.in website: https://ccbgames.in/fungi

Rasi, P., Vuojärvi, H., & Ruokamo, H. (2019). Media literacy for all ages. Journal of Media Literacy Education, 11(2), 1–19. https://doi.org/10.23860/jmle-2019-11-2-1

Robinson, G. M., Hardman, M., & Matley, R. J. (2021). Using games in geographical and planning-related teaching: Serious games, edutainment, board games and role-play. Social Sciences & Humanities Open, 4(1), 100208. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2021.100208

Sari, R. M., Nugroho, I. M., & T, M. H. (2022). Perancangan UI / UX Aplikasi Pembelajaran Bahasa Inggris Usia Sekolah Dasar Dengan Metode Design Thinking. INFORMATION MANAGEMENT FOR EDUCATORS AND PROFESSIONALS : Journal of Information Management, 6(2), 121. https://doi.org/10.51211/imbi.v6i2.1844

Satria, D., Indraswari, C. R., Aurellia, P. J., & Sukriyah, S. (2023). Boardgame Business Craft dan Lego Serious Play dengan Pendekatan Design Thinking sebagai Media Mengajar bagi Guru Ekonomi SMA Se-Malang Raya. Jurnal Inovasi Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 553–548. https://doi.org/10.54082/jippm.187

Tan, J. W., Ng, K. B., & Mogali, S. R. (2022). An exploratory digital board game approach to the review and reinforcement of complex medical subjects like anatomical education: Cross-sectional and mixed methods study. JMIR Serious Games, 10(1), e33282. https://doi.org/10.2196/33282

Yusuf, I., & Mansoor, A. (2017). Indonesia Boardgame’s Ecosystem Mapping. International COnference on Art, Craft, Culture and Design (ICON-ARCCADE). FSRD ITB.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um037v9i12024p54-65

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.