KONSTRUKSI SOSIAL ATAS PERILAKU POLITIK MASYARAKAT PADA PEMILIHAN KEPALA DAERAH: ANALISIS TEKS DAN FOTO TOKOH DI MEDIA MASSA

Farhan Adityasmara, Moh. Ishom, Sopingi Sopingi

Abstract


Kecenderungan perilaku calon pemilih pada pemilihan kepala daerah antara lain dipengaruhi oleh konstruksi sosial atas calon yang dibangun oleh masing-masing tim sukses dengan memberikan pesan berulang yang diberitakan di media massa. Penelitian ini bertujuan untuk mendedah upaya-upaya pembentukan citra positif atas calon kepala daerah yang salah satunya melalui publikasi pada media massa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan desain studi kasus. Data diperoleh dari data publikasi (teks dan foto) tentang calon yang dimuat di media massa selama sekitar 3 bulan (September – Desember) menjelang pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Malang Tahun 2020. Data yang berhasil dihimpun selanjutnya dianalisis melalui analisis wacara (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi proses konstruksi realitas sosial atas calon kepala daerah memberikan kontribusi pada kecenderungan perilaku pemilih yang dapat meningkatkan partisipasi politik masyarakat.


Full Text:

PDF

References


Adheista, M., Nabilah, I., & Iqbal, M. (2020). Kepentingan Ekonomi dan Politik Media dalam Ruang Publik Indonesia. Akrab Juara: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 5(2), 1–17.

Azoulay-Zohar, H., Israelson, A., Abu-Hamad, S., & Shoshan-Barmatz, V. (2004). In self-defence: Hexokinase promotes voltage-dependent anion channel closure and prevents mitochondria-mediated apoptotic cell death. Biochemical Journal, 377(2), 347–355.

Baihaqi, M. I. (2016). Konstruksi Realitas Sosial Citra Polisi Pada Reality Show Net 86 di Net. Tv.

Bungin, B., Syarif, N., Teguh, M., & Rossafine, T. D. (2019). Citra Aktor Politik Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Maluku Utara Tahun 2018. LUGAS Jurnal Komunikasi, 3(1), 1–13.

Castells, M. (2007). Communication, power and counter-power in the network society. International Journal of Communication, 1(1), 29.

Crozier, M. (2006). Rethinking political communication as recursive governance. Fukuoka Japan: 20th International Political Science Association World Congress.

Döbler, T. (2022). The social Construction of Reality: A treatise in the sociology of knowledge: Von Peter L. Berger & Thomas Luckmann (1966). In Schlüsselwerke: Theorien (in) der Kommunikationswissenschaft (pp. 171–186). Springer.

Fathurin, Z. (2004). NU Politik: Analisis Wacana Media. Yogyakarta: LKiS.

Gyori, G. (2016). The political communication of the refugee crisis in Central and Eastern Europe. Belgium: Policy Solutions and Budapest Responsible Publisher.

Habibie, D. K. (2018). Dwi fungsi media massa. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 79.

Harun, R., & Sumarno, A. (2006). Komunikasi politik sebagai suatu pengantar. Bandung: Mandar Maju.

Hettlage, R. (2020). Berger, Peter L./Luckmann, Thomas: The Social Construction of Reality. In Kindlers Literatur Lexikon (KLL) (pp. 1–2). Springer.

Holtz-Bacha, C., & Norris, P. (2000). “ To Entertain, Inform and Educate”: Still the Role of Public Television in the 1990s? Joan Shorenstein Center on the Press, Politics and Public Policy.

Karman, K. (2012). Media dan Konstruksi Realitas. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 16(1), 27–46.

Keswani, S., Kattu, K., Wani, A., & Balamurugan, J. (2018). Effect of mass media on objectifying of humans. Journal of Advanced Research in Journalism & Mass Communication, 5(3), 14–18.

Malik, A. (2018). Ruang Publik sebagai Representasi Kebijakan dan Medium Komunikasi Publik. Sawala : Jurnal Administrasi Negara, 6(2), 82–88. https://doi.org/10.30656/sawala.v6i2.914

McCombs, M. (2005). A look at agenda-setting: Past, present and future. Journalism Studies, 6(4), 543–557.

Mulyana, D. D. (2002). Analisis Framing Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Lkis Pelangi Aksara.

Mustofa, A. (2013). Peran media massa sebagai sarana iklan politik parpol (kajian terhadap kasus surya paloh dan partai nasdem). Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 62–69.

Ngangi, C. R. (2011). Konstruksi sosial dalam realitas sosial. Agri-Sosioekonomi, 7(2), 1–4.

Nurhadi, Z. F. (2017). Teori komunikasi kontemporer. Prenada Media.

Paskarina, C. (2005). Dilema Ruang Publik Dalam Demokratisasi. Institute Of Governance Studies.

Poti, J. (2020). Ekonomi Politik, Media Dan Ruang Publik. SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi, 13(2).

Rahmayadi, G. E., Firman, R. R., & Danniswara, R. B. (2022). Persepsi Pemilih Pemula di Kota Bandung Terhadap Desain Eposter Kampanye Pilpres Indonesia 2019 dan Pengaruhnya Terhadap Minat Partisipasi Pemilu. JADECS (Journal of Art, Design, Art Education & Culture Studies), 7(2), 162–181.

Riauan, M. A. I. (2020). Konstruksi Realitas Pada Pesan Politik Calon Walikota Pekanbaru di Riau Pos. ETTISAL, 5(1).

Santosa, B. A. (2017). Peran media massa dalam mencegah konflik. Jurnal Aspikom, 3(2), 199–214.

Santoso, P. (2016). Konstruksi sosial media massa. AL-BALAGH: Jurnal Komunikasi Islam, 1(1).

Sica, A. (2016). Social construction as fantasy: Reconsidering Peter Berger and Thomas Luckmann’s the social construction of reality after 50 years. Cultural Sociology, 10(1), 37–52.

Simon, A., & Xenos, M. (2000). Media framing and effective public deliberation. Political Communication, 17(4), 363–376.

Sulaiman, A. (2016). Memahami teori konstruksi sosial Peter L. Berger. Society, 4(1), 15–22.

Suryadi, I. (2011). Peran media massa dalam membentuk realitas sosial. Jurnal Academica Fisip Untad, 3(2), 634–646.

Susanto, E. H. (2017). Media sosial sebagai pendukung jaringan komunikasi politik. Jurnal Aspikom, 3(3), 379–398.

Tampubolon, R. S., Tampubolon, R. S. B., Hermaya, A. P., & Herwin, H. (2022). Peran Media Massa Dalam Komunikasi Politik. JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen, 2(1), 1795–1803.

Utami, I. G. L. P. (2016). Teori Konstruktivisme Dan Teori Sosiokultural: Aplikasi Dalam Pengajaranbahasa Inggris. Prasi: Jurnal Bahasa, Seni, Dan Pengajarannya, 11(01).

Vargo, C. J., Guo, L., McCombs, M., & Shaw, D. L. (2014). Network issue agendas on Twitter during the 2012 US presidential election. Journal of Communication, 64(2), 296–316.

Wu, H. D., & Coleman, R. (2009). Advancing agenda-setting theory: The comparative strength and new contingent conditions of the two levels of agenda-setting effects. Journalism & Mass Communication Quarterly, 86(4), 775–789.

Yin, R. K. (2008). Studi kasus: Desain dan metode.

Yuriantika, R., Yulius, Y., & Halim, B. (2022). Perancangan Komunikasi Visual Permainan Papan Holografik Pengenalan Hewan Laut Yang Terancam Punah Pada Anak-Anak di Kota Palembang. JADECS (Journal of Art, Design, Art Education & Culture Studies), 7(2). https://journal2.um.ac.id/index.php/dart/article/view/30239/10755




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um037v9i12024p66-76

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.