DINAMIKA TARI REMO BOLET SANGGAR RAFF DANCE COMPANY INDONESIA : SEBUAH KAJIAN STRUKTUR GERAK TARI
Abstract
Abstract:
The Remo Bolet dance is a traditional dance performance that tells the story of a brave soldier who fights on the battlefield and is followed by many of his subordinates who have the same courage and are equally brave. The Remo Bolet dance has a dynamic variety of movements so it has appeal. This research aims to find out and describe how to study the dynamics of the Remo Bolet Dance movements using qualitative research methods with a structural approach as well as an ethical and emic approach. Data collection through observation, interviews, and documentation. The data analysis technique uses dance analysis based on Adshead theory description and interpretation The data validity techniques used is source triangulation and theory triangulation. The research results show that the dynamics of the Remo Bolet Dance movements arise because they use basic aspects of dance movements and varied movement structures so they are dynamic. The diversity of each type of movement gives a dynamic impression so it doesn't look monotonous. The conclusion is that the dynamics of the Remo Bolet Dance are variations found in a variety of dance movements that have an attraction that produces an impression that is varied and, dynamic
Abstrak: Tari Remo Bolet merupakan pertunjukan tari tradisional yang bercerita tentang seorang prajurit gagah berani yang bertempur di medan perang dan diikuti oleh banyak anak buahnya yang memiliki keberanian yang sama dan sama – sama gagah perkasa. Tari Remo Bolet mempunyai dinamika ragam gerak sehingga mempunyai daya tarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana kajian dinamika gerak Tari Remo Bolet dengan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan struktural serta pendekatan etik dan emik. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis tari berdasarkan teori Adshead yaitu teori deskripsi dan interpretasi. Teknik keabsahan data yang digunakan triangulasi sumber dan triangulasi teori. Hasil penelitian menunjukan bahwa dinamika gerak Tari Remo Bolet muncul karena menggunakan aspek dasar gerak tari dan struktur gerak yang bervariasi sehingga dinamis. Adanya keragaman dari setiap ragam gerak memberikan kesan yang dinamis sehingga tidak terlihat monoton. Kesimpulannya yakni dinamika Tari Remo Bolet merupakan variasi yang terdapat pada ragam gerak tari memiliki daya tarik sehingga menghasilkan kesan yang variatif dam dinamis
Full Text:
PDFReferences
Azali, K. (2016). Ludruk: Masihkah Ritus Modernisasi? Lakon : Jurnal Kajian Sastra Dan Budaya, 1(1), 48–60. https://doi.org/10.20473/lakon.v1i1.1916
Hadi, Y. S. (2003). Koreografi: Bentuk - Teknik - Isi. Cipta Media.
J. Moleong, L. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi revisi). PT Remaja Rosdakarya.
Jazuli, M. (2016). Peta Dunia Seni Tari (C. Suryanto (ed.); 1st ed.). CV. Farishma Indonesia.
Karoso, S. (2020). Tari Remo di Sanggar Tari Raff Dance Company Surabaya. Elementa: Jurnal Pgsd Stkip Pgri Banjarmasin, 2(2), 353–359. https://doi.org/10.33654/pgsd
Kurniawan, A. (2021). Pengertian Wawancara. Guru Pendidikan. https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-wawancara/
Mania, S. (2008). Observasi Sebagai Alat Evaluasi Dalam Dunia Pendidikan Dan Pengajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 11(2), 220–233. https://doi.org/10.24252/lp.2008v11n2a7
Martiara, R., & Astuti, B. (2018). Analisis Struktural Sebuah Metode Penelitian Tari (1st ed.). Badan Penerbit ISI Yogyakarta. http://digilib.isi.ac.id/4576/1/Pages from GABUNG AKHIR FINAL full.pdf
Murgiyanto, S. (1983). Koreografi Pengetahuan Dasar Komposisi Tari (1st ed.). Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Nugraha, J. (2020, June). Pengertian Data Beserta Fungsi, Jenis, dan Contohnya yang Perlu Diketahui. Merdeka.Com, 4. https://www.merdeka.com/jateng/pengertian-data-beserta-jenis-fungsi-dan-contohnya-yang-perlu-diketahui-kln.html
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif (Vol. 1, Issue 1). Cakra Books. http://e-journal.usd.ac.id/index.php/LLT%0Ahttp://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view File/11345/10753%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.758%0Awww.iosrjournals.org
Peterson Royce, A., & Widaryanto, F. X. (2007). Antropologi Tari (Terjemahan). Sunan Ambu PRESS STSI Bandung.
Sarifah, A., & Indriyanto. (2018). Kajian Dinamika Pertunjukan Tari Rumeksa di Kota Purwokerto. Jurnal Seni Tari, 7(1), 12. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jst%0AKAJIAN
Suharto, Ben. 1987. “Pengamatan Tari Gambyong Melalui Pendekatan Berlapis Ganda”. Kertas Kerja dalam Temu Wicara Etnomusikologi III Medan.
Suryanti, A. A. (2019). Penerapan Konsep 3N (Niteni, Nirokke, Nambahi) Untuk Motivasi Belajar Remo di LRS (Laboratorium Remo Surabaya). Seminar Nasional Seni Pertunjukan 3: Pendidikan Seni Pertunjukan Pada Era Revolusi Industri 4.0, 1(1), 301–312.
Zaman, L., Sumpeno, S., & Hariadi, M. (2019). Analisis Kinerja LSTM dan GRU sebagai Model Generatif untuk Tari Remo. Jurnal Nasional Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi (JNTETI), 8(2), 142–150. https://doi.org/10.22146/jnteti.v8i2.503
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um037v9i22024p111-122
Refbacks
- There are currently no refbacks.
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.