PENGEMBANGAN PERANGKAT MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PROJECT LEARNING PADA MATA KULIAH TATA TEKNIK PENTAS

Yurina gusanti

Abstract


Mata kuliah Tata Tekhnik Pentas merupakan matakuliah Project Based Learning  yang membutuhkan banyak eksplorasi pada praktek penataan panggung dan tidak hanya sekedar teori Karena berorientasi menjadikan mahasiswa mampu mendesign penataan pentas. Kendala yang membahas dalam matakuliah ini yakni praktik langsung di panggung dapat diatasi melalui pembuatan video pembelajaran yang bisa membawa siswa pada pengembangan panggung secara virtual. Penelitian ini bertujuan melakukan pengembangan pembelajaran mata kuliah tata teknik pentas melalui penggunaan perangkat media interaktif salah satunya video. Penelitian ini menggunakan teori media pembelajaran interaktif konsep dan pengembangannya karya Prof. Herman Dwi surjono, M.Sc., Mt, Ph,D yang membahas mengenai multimedia pembelajaran interaktif serta perkembangannya.. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian ini yaitu ADDIE yang meliputi (1 ) Analisis (2) Desain (3) Pengembangan (4) Implementasi (5) Evaluasi. Metode ADDIE merupakan proses instruksional yang menggunakan sistem pendekatan. Hasil penelitian ini berupa data kualitatif yang berisi pengembangan pembelajaran mata kuliah tata teknik pentas melalui penggunaan perangkat media interaktif salah satunya video yang menjadi luaran yang lebih sppesisfik dalam penelitian ini. Selain Video Pembelajaran Luaran dari penelitian ini Jurnal yaitu.


Full Text:

PDF

References


Abdul majid (2017). Startegi Pembelajaran. Bandung : Pt Remaja Rodakarya)

Ani Cahyadi M.P (2019). Pengembangan Media dan Sumber Belajar. Serang laksita Indonesia

Asrul huda (2021) analitik prediktif pada data departemen sumber daya manusia berdasarkan klasifikasi fitur numerik yang tidak pasti. Padang : Universitas negeri padang

Ega Rima Wati. (2016). Ragam Media Pembelajaran (Adi Jarot (ed.)). Kata Pena.

Endang Mulyatingsih. (2011) Pengembangan Model Pembelajaran. Yogyakarta : UNY Press

Firdha, N., & Zulyusri, Z. (2022). Penggunaan iSpring Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 101–106.

Herman dwi surjono. (2013) membangun course e- learning berbasis moodle. Yogyakarta : UNY Press

H, H. &.-K. (2016). Pengembangan Buku Ajar Geografi Desa-Kota Menggunakan Model Addie. Jakarta : Bumi Aksara.

Sa’adah, r. n. (2021). METODE PENELITIAN R&D (Research and Development) Kajian Teoretis dan Aplikatif ( aminol rosyud Abdullah (ed.) . CV Literasi Nusantara Abadi.

yuniani, a. i. (2019). Era Revolusi Industri 4.0: Peran Media Sosial dalam Proses pembelajaran Fisika di SMA. Gravitasi : Jurnal Pendidikan Fisika dan sains, 18-24.

Yudi, Irwan. 2019. “Perkembangan Era Digital yang sangat Pesat”. Artikel Kompasiana. Diakses dalamihttps://www.kompasiana.com/irwanyudi7423/5e00d829097f36145138b505/perkembang an-era-digital-yang-sangat-pesa




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um037v9i22024p139-149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.